27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Virus Impor-21 Melanda Negeri Agraris, Mengerikan!
V

Kategori -

Oleh : Arif Zulpriansyah Siregar

Indonesia kembali digemparkan oleh virus jenis terbaru, tak hanya Virus COVID-19 yang melanda indonesia sejak tahun 2020 dengan memakan banyak korban meninggal dunia,kini telah terkuak virus yang tidak kalah mengerikan yaitu virus dengan jenis Virus Impor-21 ( Virus Impor tahun 2021).

Virus ini telah dikabarkan masuk ke telinga rakyat Indonesia ketika menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Bapak Airlangga Hartarto mengatakan .“Salah satu yang penting adalah penyediaan beras dengan impor stok 1 Juta-1,5 Juta ton demi menjaga ketersediaan beras didalam negeri supaya harganya tetap terkendali.” Ujarnya dalam Rapat Kerja Kementrian Perdangangan 2021, Kamis (4/3).

Ini menjadi virus yang lebih kejam dibandingkan COVID-19 karena mematikan korban hanya dengan perkataan dan kebijakan bukan bersentuhan. Sehingga adanya Virus ini berpotensi memakan korban sebanyak kurang lebih 34,7 Juta orang. Yang lebih sadisnya korban itu adalah para Penyangga Tatanan Negara Indonesia, yaitu seluruh PETANI INDONESIA.

Mengapa tidak, Indonesia akan mengalami panen raya besar hampir diseluruh wilayah. Menurut BPS melaporkan potensi luas panen januari-april di tahun 2021 sekitar 4,86 juta ha, atau naik sekitar 1,02 juta ha ( 26,53%) dibandingkan tahun lalu yang sebesar 3,84 Juta ha. Jika dikonversi menjadi beras, potensi produksi pada periode januari–april 2021 diperkirakan mencapai 14,54 juta ton beras atau mengalami kenaikan sebesar 3,08 juta ton (26,84 persen) dibandingkan dengan produksi beras pada subround yang sama tahun lalu sebesar 11,46 juta ton.

Kondisi tersebut dapat menggambarkan ketersediaan beras nasional pada posisi aman, begitupun pengakuan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang mengatakan stok pangan dalam keadaan baik. Sehingga ini menjadi pertanyaan besar kepada pemerintah , ditengah akan terjadinya panen raya yang meningkat mengapa pemerintah mengeluarkan kebijakan impor dengan dalih penyediaan stok beras di masa pandemi dan kebutuhan negara yang menjadi latar belakang alasannya di adakan impor ini. Jika memang untuk stok, kenapa tidak mengambil stok langsung dari petani sehingga dapat memberdayakan produksi negeri sendiri bukan dari luar negeri.

Apabila pemerintah ingin impor, haruslah ketika cadangan kita tidak mencukupi dan tidak pada masa panen raya yang akan berlangsung karena dapat diterima secara logika dilapangan, sedangkan hari ini kita penyediaan beras lebih dari cukup. Jika tetap dilakukan, itu tidak bisa diterima dengan akal sehat dan sangat melukai monumental berharga bagi petani di masa panen raya ini.

Ditambah lagi menuju panen raya ini, penderitaan yang selanjutnya akan petani rasakan adalah menurunnya harga gabah petani yang terjadi sejak oktober 2020 hingga sekarang. Contohnya di daerah Bojonegoro, Harga gabah kering panen (GKP) milik petani hanya dibeli tengkulak Rp 3.400. petani di Lampung merasakan hal yang sama, harga gabah di tingkat petani kualitas GKP turun di bulan Februaru 2021turun 5,65 persen. Penurunan ini juga hampir dirasakan oleh seluruh wilayah di Indonesia menjelang panen raya. Hal ini perlu didampingi dan dipikirkan oleh pemerintah agar menyerap hasil panen dari petani dan menjaga kestabilan harga jangan sampai petani dirugikan dimasa panen raya.

Apalagi dengan dicanangkannya kebijakan impor ini, akan memberikan kesempatan kepada para tengkulak untuk memainkan harga dan menghantui rasa cemas petani. Ini lebih harus diperhatikan dan dilindungi. jangan sempat virus IMPOR-21 membunuh mereka secara perlahan layaknya COVID-19.

Tak kita lupakan juga, Janji dan keinginan yang kerap dikatakan Presiden Indonesia, Pak Joko widodo, beliau mengatakan jangan sampai melakukan impor, harus benci produk asing dan kita harus mencintai produk indonesia. Terakhir beliau mengatakan hal tersebut ketika pidato pembukaan raker Kementerian Perdagangan, Kamis (4/3/2021) lalu. Hal ini semestinya jadi warning bagi seluruh jajarannya agar tidak mudah melakukan impor.

Jangan sampai perkataan dari mulut para pemangku kekuasaan mengeluarkan kebijakan yang bisa membuat 2 jengkal tangan kebawah dari mulut (yaitu:perut) para petani tidak terisi, tetapi malah membuncitkan perut para mafia dan importir karena suapan besar kebijakan yang menguntungkan mereka, bukan untuk petani. Sehingga Kebijakan impor ini harus dikaji ulang dan dipertimbangkan oleh pemerintah juga didukung transparansi dari kebijakan ini mengapa dibuat, agar semua kalangan tau apa alasan pemerintah dalam melakukan kebijakan impor.

Cukuplah Virus COVID-19 memakan banyak korban jiwa, dan Virus IMPOR-21 ini harus cepat ditangani pemerintah dengan hati nurani agar kebahagiaan mereka yang bergerak di sektor pertanian dapat merasakan kebahagiaan seutuhnya di Negri Agraris.

JAYALAH PERTANIAN INDONESIA, BERANTAS VIRUS IMPOR!.

DAFRAR PUSTAKA
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-56336972
https://today.line.me/id/v2/article/WxqPYQ
https://industri.kontan.co.id/news/bps-catat-potensi-luas-panen-januari-april-2021-lebih-tinggi-2653-dari-tahun-lalu
https://joglosemarnews.com/2021/03/geregetan-lihat-harga-gabah-hancur-dan-petani-menjerit-anggota-dpr-ri-luluk-minta-kementerian-pertanian-dan-bulog-segera-turun-ke-sragen-kalau-ada-yang-sengaja-mempermainkan-harga-sikat-aja/
https://lampung.inews.id/berita/februari-2021-harga-gabah-tingkat-petani-di-lampung-turun
https://radarbojonegoro.jawapos.com/read/2021/02/23/243194/menjelang-musim-panen-raya-petani-keluhkan-harga-gabah
https://baaca.id/jokowi-serukan-cintai-produk-dalam-negeri-eh-pemerintah-malah-akan-impor-beras/

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -