29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

KONI 50 Kota Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum, Berikut Kriterianya
K

Kategori -

LIMAPULUH KOTA – Setelah memastikan jadwal serta persiapan teknis terkait penyelenggaraan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat mulai membuka pendaftaran bagi calon ketua umum. Sesuai jadwal Musorkab organisasi induk cabang olahraga ini bakal digelar, Rabu 17 Maret 2021 mendatang.

Ketua Organizing Commitee (OC) Musorkab KONI Limapuluh Kota, Budi Febriandi memastikan segala persiapan untuk pelaksanaan musyawarah olahraga telah rampung. “Berdasarkan hasil keputusan rapat OC, Musorkab akan kita laksanakan di Aula Kantor Bupati di Sarilamak,” kata Budi kepada wartawan, Kamis (11/3).

Terkait pendaftaran calon ketua umum KONI, Budi menjelaskan, sesuai jadwal tahapannya sudah mulai dibuka hari ini, 11 Maret – 15 Maret 2021. Penerimaan berkas pendaftaran bagi calon ketua umum dibuka sepanjang jam kerja pukul 08.00 – 17.00 WIB, bertempat di kantor Sekretariat KONI Limapuluh Kota.

Panitia, lanjut Budi, juga telah menyebar surat pemberitahuan ke seluruh cabang olahraga termasuk menyampaikan undangan ke pengurus KONI Provinsi Sumatera Barat. Dalam Musorkab KONI 2021 ini, Ketua OC menyebut, pihaknya akan menyampaikan pemberitahuan kepada stakeholder olahraga.

“Tentunya dalam penyelenggaraan Musorkab ini, kita juga minta dukungan dan support dari pemerintah daerah, DPRD, unsur Forkopimda para tokoh serta seluruh unsur masyarakat. Tekad kita bagaimana proses Musorkab KONI 2021 ini bisa berjalan sukses dan lancar,” sebutnya.

Ketua Umum KONI 50 Kota yang juga Ketua Steering Commitee (SC) Musorkab, Davis Emha menjelaskan, pihaknya juga sudah menyusun metode pelaksanaan serta draft tata-tertib pemilihan. Dirinya meyakini, proses Musorkab pemilihan ketua umum KONI akan berjalan secara musyawarah dan demokratis.

Berdasarkan Tatib pemilihan Ketua Umum KONI, terdapat beberapa syarat dan kriteria bagi pendaftar calon ketua umum KONI Lima Puluh Kota. Diantaranya, sebagai berikut:

  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia Kepada Pancasila, UUD 1945 dan KNRI.
  4. Berusia serendah-rendahnya 30 tahun yang dibuktikan dengan identitas KTP.
  5. Pendidikan minimal SLTA atau sederajat.
  6. Berdomisili di Kabupaten Lima Puluh Kota atau Kota Payakumbuh.
  7. Tidak terkait dengan Jabatan Struktural dan Jabatan Publik TNI, Polri, ASN/PNS sesuai (UU RI Nomor 3 Tahun 2005) dan Pasal 56 Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007, ASN/PNS. Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: X.800/33/5/tanggal 14 Maret 2016, Surat Gubernur Sumatera Barat Nomor : 099/III/GSB-2016 tanggal 30 Maret 2016 dan Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat nomor : 426/VI/2368/2016 tanggal 6 Juni 2016.
  8. Tidak rangkap jabatan sesuai Anggaran Dasar KONI pasal 22
  9. Pernah menjadi pengurus KONI atau pengurus cabang olahraga.
  10. Mendapat dukungan tertulis dari Pengurus Kabupaten (Pengkab) Cabor minimal 10 Cabang Olahraga.
  11. Mempunyai kemampuan manajerial, pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi olahraga (agar melampirkan dokumen pendukung).
  12. Mampu menjadi pengayom dan menjadi pemersatu semua unsur masyarakat olahraga.
  13. Mempunyai visi yang luas dalam membina olahraga prestasi.
  14. Mampu menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha dan instansi usaha dan instansi terkait menunjang pembina olahraga.
  15. Mampu menggalang kerjasama dengan badan-badan keolahragaan tigkat regional dan dunia.
  16. Membuat Surat Pernyataan bermaterai Rp10.000 yang menegaskan hal-hal sebagai berikut: a. Surat pernyataan kesediaan untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KONI masa bakti 2021-2025.
    b. Surat pernyataan kesediaan menyampaikan Visi dan Misi sebagai calon Ketua Umum KONI Kabupaten Lima Puluh Kota masa bakti 2021-2025.
    c. Surat pernyataan tidak terikat jabatan publik, struktural, ASN.
    d. Surat pernyataan mematuhi, menaati, dan menjalankan AD-ART KONI.
    e. Surat pernyataan siap mundur dari Jabatan rangkap.
    f. Surat pernyataan kesediaan dan kesiapan waktu sebagai Ketua Umum KONI.

Surat Pernyataan dilampirkan:
a. Riwayat Hidup
b. Fotokopy Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selaku Ketua Umum KONI Limapuluh Kota periode 2018-2021 yang sudah hampir habis masa jabatannya tahun ini, Davis berharap siapa pun calon ketua umum KONI yang terpilih nantinya dapat melanjutkan program kerja yang sudah dibuat oleh pengurus sebelumnya. Termasuk memperbaiki apa saja yang menjadi kekurangan selama ini.

“Terpenting mampu mengayomi serta menjalankan kendali organisasi untuk pembinaan prestasi seluruh cabang olahraga. Harapan kita, orang-orang yang menjadi ketua umum KONI selanjutnya, adalah orang yang sudah memiliki rekam jejak atau telah lama berkecimpung mengurus cabang olahraga,” harap Davis Emha. (*Rel Humas KONI )

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).
- Advertisement -

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...
- Advertisement -

Menjadi Ikon Basket Sumbar, Riza Falepi Berlaga Dengan Perbasi Kota Solok

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Payakumbuh dijamu Perbasi Kota Solok dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Sport Centre Hall Indoor Kota Solok, Sabtu (3/4).

49 Orang Petugas Lapas Sijunjung Di Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Sebanyak 49 ( Empat Puluh Sembilan ) orang petugas Lembaga Permasyarakatan ( Lapas) kelas ll B Muaro Sijunjung di vaksin covid-19, pada Senin (5/4). Kepala Lapas Muaro Sijunjung B.O.Situngkir mengatakan seharus ada 51 orang pegawai Lapas yang harus di vaksin, tapi yang 2 ( dua) orang lagi cuti. Pada pelaksanaan vaksin di lapas juga ada dari anggota Polres Sijunjung.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Masuk Bursa Capres 2024, Ridwan Kamil: Kalau Jalannya Terbuka Saya Bismillah

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan kesiapan dirinya untuk maju sebagai Calon Presiden RI 2024 apabila memang jalan untuk maju terbuka. Pria yang...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Pemkab Lima Puluh Kota Ajukan Dana Rehab Rekon Pasca Bencana 42 Miliar Ke BNPB

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com- Untuk penanganan pascabencana yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota sejak beberapa tahun terakhir, Bupati setempat mengajukan anggaran...

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo Buka Pelaksanaan Aksi Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo membuka kegiatan pelaksanaan aksi konvergensi percepatan pencegahan Stunting yang digelar secara virtual di Ruangan Rapat Bupati Lima Puluh Kota, Senin, (22/3/2021).

Wabup Lima Puluh Kota Sambangi PT Telkom Witel Sumbar

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri melakukan kunjungan kerja dalam rangka sinergisitas akselerasi dan optimalisasi pembangunan infrastruktur TIK Pemkab dan konektivitas jaringan TIK untuk masyarakat ke PT.TELKOM Witel Sumbar, Selasa, (23/03/2021).

Wabup Rizki Kurniawan Nakasri Lakukan Kunjungan Kerja Ke BPTUHPT Padang Mangateh

Lima Puluh kota, BeritaSumbar.com - Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri melakukan kunjungan kerja ke BPTUHPT Padang Mangateh, Senin, (22/03).
- Advertisement -