28 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Pemerintahan Erman Safar – Marfendi, Bertekad Ciptakan Bukittinggi Bebas Bajir
P

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi bertekad menciptakan kota Bukittinggi lebih maju lagi dan terbebas dari banjir.

“Di pemerintah Erman Safar – Marfendi punya target untuk itu,” kata Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi di Bukittinggi, kemarin.

Ia menyampaikan, pada acara Rapat Koordinasi bersama Gubernur dan Wakil Gubernur, beserta 50 SKPD (OPD, red) untuk mempresentasikan anggaran 2022 di Aula kantor Gubernur di Padang, Senin ( 9/9/2021).

Menurut Marfendi, dalam acara tersebut, diberikan waktu 1 jam per Kabupaten/kota untuk mempresentasikan apa saja kira-kira yang akan diajukan ke Gubernur dan Wakil Gubernur di anggaran 2022.

Waktu itu, kata Marfendi, ia menjelaskan ada 12 poin yang ditampilkan, diantaranya penyelesaian masalah banjir di kota Bukittinggi.

Kata dia, dipemerintahan Erma Safar – Marfendi punya target, Kota Bukittinggi bebas dari banjir.

Artinya, kata dia, bebas banjir tersebut yaitu, mengurangi debit air dari hulu.

“Ada drainase yang dari Jambu Air kemudian melintas ke Jln Bypass, dan kemudian juga perluasan melintas ke Tambuo. Drainase sepanjang Jln Bypass, insya Allah ke depannya akan akan dibuat drainase besar,” ujarnya.

Kata Marfendi, setiap drainase harus besar, sehingga di bawahnya bisa kabel telepon, PDAM dan kabel PLN.

“Dengan demikian tidak ada kabel yang bersimpng siur lagi. Semua bertujuan untuk pengendalian banjir sekaligus untuk keindahan kota,” paparnya.

Selanjutnya yang diajukan lagi, kata Marfendi, adalah penyelesaian masalah sampah Bukittinggi, yang kemungkinan TPA di Payakumbuh akan ditutup dua tahun lagi.

“Penutupan itu sudah direncanakan dari sekarang. Kita meminta ke pemerintah provinsi untuk meminta membantu penyediaan TPA regional lagi. Kita berharap TPA bisa diolah menjadi energi. Bisa didaur ulang untuk menjadi uang,” paparnya.

Selain itu, kata dia, juga diusulkan penguatan dinding jalan ke Ngarai Sianok, yang terjal dan kemungkinan bisa longsor dapat diatasi.

“Bukittinggi kan tidak memiliki sarana dan prasarana dan tempat olah raga. Jadi, bagaimana Lapangan Bukit Ambacang dijadikan stadion. Di sana ada pacu kudanya, ada lintasan atletik, dan lapangan bola kaki,” ucapnya.

Sementara itu, kata Marfendi, untuk rumah Bung Hatta agar dapat ada museumnya, sehingga ikon Bung Hatta yang sudah lekat di Bukittinggi, seperti sudah ada Istana Bung Hatta, Pustaka Bung Hatta dan Patung Bung Hatta.

“Sekarang akan ditambah Museum Bung Hatta. Untuk membangun museum itu, ada tanah yang cukup luas sekitar 4 ribu meter di belakang rumah Bung Hatta itu,” ungkapnya.

Selain membangun Museum Bung Hatta itu, papar Marfendi, direncanakan jalan dua jalur dari perempatan BMW sampai ke batas kota daerah Garegeh.

“Dari pemaparan yang disampaikan itu, nampaknya mendapat respon sangat baik dari wali kota dan Gubernur serta sejumlah SKPD. Gubernur menekankan agar direalisasikan ke pusat,” sebutnya.

Ia menyatakan, pada pemaparan terkait lahan PT KAI, akan diperjelas posisi bersama dengan dinas perhubungan.

“Harapanya, semoga bekas stasiun lama tersebut bisa dibangun tempat parkiran yang luas, ada Masjid Raya dan convention hall,” ucapnya.

Sementara itu, sebut Marfendi, wakil Gubernur mengatakan agar dapat membuatkan ikon wisata lain, yang memperlihatkan bahwa Bukittinggi adalah kota wisata.

“Insya Allah mulai tahun 2022, kita punya kalender event kita akan buat ekonomi kerakyatan,” ungkap wakil Gubenur waktu itu, ujar Marfendi. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kamasril CS Tolak Dedi Chandra Ketua DPD Golkar Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Musyawarah Daerah (Musda) X DPD Golkar Kota Bukittinggi pada Jumat (9/7/2021), bertempat di kantor DPD Golkar Provinsi Sumatera Barat, di Kota...

Yuen Karnova Bisa Jabat Sekdako Bukittinggi hingga 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Bukittinggi, Yuen Karnova yang saat ini sedang mengambil cuti besar, berpotensi menjadi sekdako di kota tersebut hingga...

Perselisihan Kabag Adum IPDN Bukittinggi dengan Rekanan, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com - Setiap orang tidak luput dari kesalahan. Namun demikian, terkadang kesalahan dialami seseorang, bukan akibat kelalaian dirinya, melainkan efek dari pekerjaan yang...

Pemko Bukittinggi Minta Hentikan Aktifitas Perdagangan Sembako di BTC

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Para pedagang sembako yang berjualan di seputaran Banto Trade Center (BTC), agar mengosongkan sendiri kawasan tersebut dari aktifitas perdagangan. Hal itu menyusul...

Rekanan Disuruh Kerja, IPDN Bukittinggi Tak Membayar…?

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Malang benar nasib dialami CV. Gres Bram Karya. Disuruh mengerjakan sejumlah kegiatan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Regional Bukittinggi, Sumatera...

Makmurkan Masjid Tawakkal, Deny Satriadi Datangkan Ustad Terkenal Ceramah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Patut dicontoh, apa yang dilakukan pengurus Masjid Tawakkal Surau Bacamin Magek, Kabupaten Agam. Ustad terkenal sengaja didatangkan berceramah guna memakmurkan Masjid...

Bersihkan Kawasan Potensi Banjir, Erman Safar: Ikhtiar Tanggulangi Banjir

Bukittinggi, beritsumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), membersihkan kawasan yang berpotensi menyebabkan genangan air maupun banjir...

Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Bukittinggi, Fiona: Sejalan dengan Kegiatan Pemerintah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, melaksanakan kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor di tiga kecamatan yang ada di kota itu pada Kamis, (24/06/2021). "Kegiatan...

Siswa Kelas X SMAN 3 Bukittinggi Belajar di Bawah Ancaman Maut

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak lima lokal siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Bukittinggi belajar di bawah ancaman maut, menyusul lokal merupakan aula yang...

TPS Bukittinggi akan Dipantau CCTV

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi akan memasang CCTV di tempat pembuangan sampah (TPS), guna memantau warga membuang sampah tidak pada jamnya. "Sebanyak 15...
- Advertisement -