29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Pemerintahan Erman Safar – Marfendi, Bertekad Ciptakan Bukittinggi Bebas Bajir
P

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi bertekad menciptakan kota Bukittinggi lebih maju lagi dan terbebas dari banjir.

“Di pemerintah Erman Safar – Marfendi punya target untuk itu,” kata Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi di Bukittinggi, kemarin.

Ia menyampaikan, pada acara Rapat Koordinasi bersama Gubernur dan Wakil Gubernur, beserta 50 SKPD (OPD, red) untuk mempresentasikan anggaran 2022 di Aula kantor Gubernur di Padang, Senin ( 9/9/2021).

Menurut Marfendi, dalam acara tersebut, diberikan waktu 1 jam per Kabupaten/kota untuk mempresentasikan apa saja kira-kira yang akan diajukan ke Gubernur dan Wakil Gubernur di anggaran 2022.

Waktu itu, kata Marfendi, ia menjelaskan ada 12 poin yang ditampilkan, diantaranya penyelesaian masalah banjir di kota Bukittinggi.

Kata dia, dipemerintahan Erma Safar – Marfendi punya target, Kota Bukittinggi bebas dari banjir.

Artinya, kata dia, bebas banjir tersebut yaitu, mengurangi debit air dari hulu.

“Ada drainase yang dari Jambu Air kemudian melintas ke Jln Bypass, dan kemudian juga perluasan melintas ke Tambuo. Drainase sepanjang Jln Bypass, insya Allah ke depannya akan akan dibuat drainase besar,” ujarnya.

Kata Marfendi, setiap drainase harus besar, sehingga di bawahnya bisa kabel telepon, PDAM dan kabel PLN.

“Dengan demikian tidak ada kabel yang bersimpng siur lagi. Semua bertujuan untuk pengendalian banjir sekaligus untuk keindahan kota,” paparnya.

Selanjutnya yang diajukan lagi, kata Marfendi, adalah penyelesaian masalah sampah Bukittinggi, yang kemungkinan TPA di Payakumbuh akan ditutup dua tahun lagi.

“Penutupan itu sudah direncanakan dari sekarang. Kita meminta ke pemerintah provinsi untuk meminta membantu penyediaan TPA regional lagi. Kita berharap TPA bisa diolah menjadi energi. Bisa didaur ulang untuk menjadi uang,” paparnya.

Selain itu, kata dia, juga diusulkan penguatan dinding jalan ke Ngarai Sianok, yang terjal dan kemungkinan bisa longsor dapat diatasi.

“Bukittinggi kan tidak memiliki sarana dan prasarana dan tempat olah raga. Jadi, bagaimana Lapangan Bukit Ambacang dijadikan stadion. Di sana ada pacu kudanya, ada lintasan atletik, dan lapangan bola kaki,” ucapnya.

Sementara itu, kata Marfendi, untuk rumah Bung Hatta agar dapat ada museumnya, sehingga ikon Bung Hatta yang sudah lekat di Bukittinggi, seperti sudah ada Istana Bung Hatta, Pustaka Bung Hatta dan Patung Bung Hatta.

“Sekarang akan ditambah Museum Bung Hatta. Untuk membangun museum itu, ada tanah yang cukup luas sekitar 4 ribu meter di belakang rumah Bung Hatta itu,” ungkapnya.

Selain membangun Museum Bung Hatta itu, papar Marfendi, direncanakan jalan dua jalur dari perempatan BMW sampai ke batas kota daerah Garegeh.

“Dari pemaparan yang disampaikan itu, nampaknya mendapat respon sangat baik dari wali kota dan Gubernur serta sejumlah SKPD. Gubernur menekankan agar direalisasikan ke pusat,” sebutnya.

Ia menyatakan, pada pemaparan terkait lahan PT KAI, akan diperjelas posisi bersama dengan dinas perhubungan.

“Harapanya, semoga bekas stasiun lama tersebut bisa dibangun tempat parkiran yang luas, ada Masjid Raya dan convention hall,” ucapnya.

Sementara itu, sebut Marfendi, wakil Gubernur mengatakan agar dapat membuatkan ikon wisata lain, yang memperlihatkan bahwa Bukittinggi adalah kota wisata.

“Insya Allah mulai tahun 2022, kita punya kalender event kita akan buat ekonomi kerakyatan,” ungkap wakil Gubenur waktu itu, ujar Marfendi. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...
- Advertisement -

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 86 warga binaan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B kota Sawahlunto, 3 diantaranya perempuan, diperiksa satu persatu. Bahkan, usai diperika seluruh ruang tahanan pun digeledah oleh petugas Rutan di bawah komando Subhan Malik, Selasa 6/4).

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).
- Advertisement -

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Dipercaya Jadi Pengisi Soundtrack Film, Heniikun Bay Optimis Rilis Album Trilogy ke Dua

Eksistensi Heniikun Bay punya daya tarik tersendiri bagi para penikmat musik di Tanah Air pada saat ini. Kesuksesan grup musik asal Kota Yogyakarta tersebut merilis Extended Play (EP) album trilogy pertama Hexalogy Yakin Wae, membuat mereka optimis untuk meluncurkan album trilogy ke dua yang akan dirilis pada Senin 12 April 2021 di channel YouTube Prima Founder TV.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Musda X DPD Golkar Kota Bukittinggi Melanggar AD dan ART

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ketua Pimpinan Sidang Musda X DPD GOLKAR Kota Bukittinggi, Aguswanto mengatakan, Musyawarah Daerah ke X kota Bukittinggi pada 8 April 2021...

Pilih Bukittinggi Tempat Acara, Pemkot Apresiasi KPU Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat, karena telah memilih Bukittinggi sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Evaluasi...

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Andre Minta Kader Kerja Keras Untuk Hadapi Pemilu 2024

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Rabu 7/4 malam rakorda Gerindra Sumbar digelar. Rapat Konsolidasi dan Koordinasi Daerah ini lansung langsung dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Pasar Bawah Bukittinggi Bakal Direnovasi

Bukittinggi, BeritaSumbar.com, — Senin 5/4 Menteri Perdagaan RI Kunjungi pasar bawah Bukittinggi. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau harga sembako dan sekaligus pemetaan rencana renovasi pasar tradisional menjadi pasar modern.

Program Erman Safar dalam RKPD Bukittinggi di 2022, Berlandaskan ABS – SBK

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) akan memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural melalui pengembangan potensi lokal, yang disesuaikan dengan visi - misi...

Pertahankan Heritage di Bukittinggi, Marfendi: Banyak yang Bisa Dipatenkan di Unesco

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi perlu mempertahankan heritage, dengan membuat pola dan sejarah tertulis sehingga nantinya dapat diusulkan ke Unesco. Demikian disampaikan Wali Kota...

Bukittinggi Rawan Longsor, Wawako Marfendi: Masyarakat agar Selalu Waspada

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kota Bukittinggi rawan longsor terutama di daerah tepi ngarai. Masyarakat berada di zona merah agar selalu waspada. Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi,...

RSUD Bukittinggi Sudah Bisa Terima Peserta JKN-KIS

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bukittinggi per 1 April 2021, telah bekerja sama dengan BPJS cabang kota Bukittinggi. Dengan telah ditandatangani...
- Advertisement -