29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Komisi C DPRD Kota Payakumbuh Sentil Keramahan Dan Etika Pelayanan RSUD Adnan WD
K

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh yang membidangi kesejahteraan masyarakat turun lapangan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adnaan WD Kota Payakumbuh, Jumat (12/3).

Rombongan dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Armen Faindal yang sekaligus Koordinator Komisi C, serta diikuti Wakil Ketua Komisi C Mesrawati, Sekretaris Syafrizal, serta anggota Mustafa, Fahlevi Mazni Dt. Bandaro Nan Balidah, YB Dt. Parmato Alam, Ismet Harius, dan Mawi Etek Arianto disambut Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal atau Dokter Bek, Dirut RSUD dr. Yanti dan jajaran.

Kepada wakil rakyat itu, Dokter Bek menyampaikan dari sisi pelayanan publik, Payakumbuh termasuk yang terbaik. Hampir semua kebijakan kesehatan, daerah lain melihat dasarnya ke Payakumbuh.

“Ini tidak lepas dari dukungan DPRD, kami merasakan perhatian DPRD termasuk dalam penataan keuangannya, dinas selalu ditanya apakah anggaran sudah mencukupi atau belum untuk melayani warga Payakumbuh,” kata dokter Bek.

Dokter Bek juga menambahkan, saat ini kondisi sarana rumah sakit masih tertinggal, dengan kondisi itu seharusnya rumah sakit umum daerah ini harus dipindah tempat, karena dari sisi pencapaian wilayah banyak berbenturan lahan.

“Kalau bisa dibangun di tempat yang lapang, yang jalannya tidak macet, dan jauh dari keramaian. Desain plan pengembangan rumah sakit sudah ada, wacana ini sengaja kami lempar kepada DPRD, karena kota ini tak hanya akan belangsung sekarang saja, di masa yang akan datang akan berkembang,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirut dr. Yanti menyampaikan RSUD Adnaan WD adalah rumah sakit type C. Saat ini kondisi ruang tunggu sudah tidak memadai, dalam pandemi ini saja pihak rumah sakit terpaksa menambah tenda ke depan.

“Kondisi kita saat ini seperti memutar kain sarung. Padahal kita sudah melayani 17 jenis pelayanan kesehatan dan ketenagaan spesialisnya sudah memadai. Untuk memudahkan proses administrasi awal, pelayanan kita sudah memakai aplikasi Silakeh SMART yang bisa digunakan oleh warga yang akan dilayani di rumah sakit, sekarang sedang dalam tahap disosialisasikan,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Armen Faindal mengapresiasi adanya pemikiran baru pengembangan rumah sakit, para wakil rakyat sangat mengerti rumah sakit adalah instansi pelayanan terdepan dimana keberadaannya adalah hasil pembangunan yang langsung bisa dinikmati. Untuk itu, membangun pelayanan harus sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku.

“Kedatangan kami melakukan fungsi pengawasan dengan melihat langsung ke rumah sakit, bagaimana kebersihan dan pelayanannya, sektor kesehatan dari sisi manapun haruslah bagus,” kata Armen.

Para dewan juga meneruskan kritik dari kebanyakan masyarakat, dimana saat pelayanan di ruangan, petugasnya banyak yang seperti santai-santai saja, seharusnya tak hanya tindakan medis saja yang dilakukan dengan baik, keramahan dan etika petugas kepada warga diperlukan sekali.

“Bila warga bertanya sesuatu harus dijawab oleh petugas, jangan didikte saja masyarakat kita, wajar mereka rewel karena sedang sakit. Utamakan perlakuan baik kepada masyarakat, meski kelas 3 atau kelas 2, berikanlah perlakuan yang ramah seakan mereka adalah VVIP,” kata Armen Faindal.

Masalah pelayanan khusus ibu melahirkan dan anak juga tidak dilewatkan oleh Wakil Ketua Komisi C Mesrawati yang menyampaikan masukan dengan telah ditunjang fasilitas yang cukup baik saat ini, peningkatan kepada layanan pendampingan perawat kepada pasien harus optimal.

“Ibu yang melahirkan harus ditemani dan didampingi petugas mulai dari saat mereka merasakan sakit-sakit, melahirkan, hingga mereka keluar rumah sakit. Banyak aspirasi warga kepada kami yang menyampaikan kalau petugas sering sulit dipanggil untuk pendampingannya, kalau dari pihak keluarga saja sampai dimanalah mereka bisa tau kondisi pasien,” kata Mesrawati dari Partai PAN.

Semetara itu, YB Dt. Parmato Alam menyebut RSUD dari hari ke hari masih banyak keluhan masyarakat terhadap proses pelayanan, apalagi pendaftarannya. Perlu ada sistem terukur yang harus diselesaikan oleh rumah sakit, seperti bila jam 12 malam orang datang, tentu mereka butuh tempat istirahat.

“Jangan sampai pagi esoknya pula warga mendapat pelayanan, apalagi alasan over kapasitas dalam pelayanan, mana bisa yang sakit diundur dalam berobat. Maka perlu sistem pelayanan yang akuntabel, efektif, dan efisien,” ulasnya.

Politisikus Golkar itu juga menyentil masih lemahnya tatanan pelayanan dan diskusi petugas dengan pasien, etika tata krama dengan pasien sejatinya adalah obat, karena orang yang sedang sakit itu sensitif.

“Ini prinsip dasar, kalau perawat butuh di Bimtek, beri mereka itu, bagaimanapun etika melayani harus diperhatikan sekali,” kata Dt. Parmato Alam.

Dari sisi Ismet Harius, dirinya memberi masukan kepada pihak rumah sakit agar memberi edukasi kepada masyarakat bahwasanya tidak seluruh penyakit yang mereka idap akan berujung positif Covid-19.

“Ada stigma di masyarakat kalau saat ini yang membuat warga takut berobat ke rumah sakit karena apa-apa sedikit-sedikit diswab, nanti ujung-ujungnya positif Covid-19. Akhirnya mereka takut berobat, bukannya sembuh malah semakin parah karena tidak diobati,” ungkapnya.

Sementara itu, Fahlevi Mazni Dt. Bandaro Nan Balidah menyebut saat ini memang banyak aspirasi dari masyarakat dimana terjadinya perbedaan keramahan pelayanan bagi warga yang ditanggung BPJS pemerintah.

“Jangan mentang-mentang beda kelas BPJSnya, keramah-tamahan petugas beda pula. Meski pelayanannya berbeda, tapi yang sikap petugas harus sama ramahnya, tolong ini jadi catatan,” pungkasnya. (Relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 8 Rumah Warga di Jorong Sianggai-Anggai

Kabupaten Solok ,BeritaSumbar.com,- Angin puting beliung menerjang rumah warga di Jorong Sianggai-anggai, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada sore hari Jum'at (09 April 2021).
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.
- Advertisement -

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Santri Ponpes Al Jauhar IKHD Kota Duri Senang Ke Sentra IKM Randang Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini Kota Payakumbuh dengan brandingnya The City of Randang sudah menjadi bagian dari destinasi wisata bagi semua kalangan, baik berasal dari dalam maupun luar Sumatera Barat.
- Advertisement -