27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik
U

Kategori -

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAZNAS Kabupaten tentang Pengangkatan Pengurus UPZ Nagari. Pengurus UPZ pada 8 Nagari yang dilantik, dapat mulai bekerja sesuai wilayah kerja di nagari masing-masing. Sebagaimana tugas pokok dan fungsi yang tertuang dalam Surat Keputusan tersebut. Ketua BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman mengatakan, kepada pengurus UPZ yang dilantik, untuk segera bekerja. Diawali dengan silaturahim dan koordinasi dengan wali nagari, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat lainnya.

“Agar keberadaan UPZ itu dirasakan ada oleh masyarakat, maka UPZ harus bekerja menemui semua Muzakki dan mengajak mereka membayarkan zakatnya lewat UPZ Nagari.
UPZ itu adalah bagian Amil, maka Amil itu artinya adalah orang yang bekerja. Maka UPZ akan mendapatkan hak Amil kalau pengurusnya bekerja mengumpulkan zakat. Besaran hak Amil yang akan didapatkan oleh UPZ adalah, tergantung pada jumlah zakat yang terhimpun. Semakin besar dana zakat yang terhimpun oleh UPZ, maka semakin besar juga hak Amil yang akan didapat. Jika UPZnya tidak ada bekerja mengumpulkan zakat dalam artian kalau tidak terkumpul dana zakat oleh UPZ, maka UPZ tidak akan mendapatkan hak Amilnya. Hak itu bisa didapatkan, jika UPZnya aktif dan bisa mengumpulkan zakat di wilayahnya,” ujar Rahmat yang juga Ketua GP. Ansor Sumatera Barat itu.

Dia berharap agar semua pengurus UPZ bisa mengadopsi model marketing dari travel umrah. Mereka selalu proaktif dan gigih mengajak ikut umrah. UPZ juga harus proaktif menemui Muzaki, berkomunikasi, bersilaturahmi supaya terbangun kepercayaan dari masyarakat. UPZ juga bisa mempromosikan program BAZNAS kepada Mustahik, dalam pengentasan kemiskinan, pengobatan, beasiswa untuk siswa dan mahasiswa, serta penambahan modal usaha.
Pengurus UPZ juga harus berkarakter pengusaha atau entrepreneur. Pantang menyerah dan terus berusaha mengajak Muzaki untuk menyalurkan zakatnya ke BAZNAS. “Kita menargetkan, agar masing-masing UPZ Nagari bisa mengumpulkan dana zakat dan dana sosial keagamaan lainnya sebesar Rp. 100. 000.000 dalam setahun,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Syafrifuddin mengucapkan selamat kepada pengurus UPZ yang baru dilantik. Dalam pelaksanaan pengumpulan zakat dan pendataan Muzakki diperlukan disosialisasi serta dukungan dari semua pihak. Sehingga, tercipta suatu pemahaman yang sama terhadap kewajiban zakat bagi masyarakat di nagari.

“Kami sangat mendukung kehadiran UPZ di wilayah kecamatan Ulakan Tapakih. Saran saya, agar kehadiran UPZ diterima masyarakat. Terutama dalam bergerak mendata Muzaki dan Mustahik, perlu disosialisasikan didalam berbagai forum. Termasuk kepada para pengusaha yang ada di Nagari, seperti pemilik penggilingan padi (Huller), rumah makan, perusahaan tambak dan peternakan ayam dan lain sebagainya,” ulasnya. (bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

DPPKB Padang Pariaman Adakan Pertemuan Pokja di Kampung KB Kencana Saiyo Nagari Tapakih.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman bersama Kecamatan, Wali Nagari dan Penyuluh KB serta para Kader Pokja melakukan pertemuan, hal itu dilakukan dalam rangka kegiatan Integrasi Pembangunan Lintas Sektor dan Kelompok Kerja di Kampung KB Kencana Saiyo, di Surau Rimbo Karambia, Nagari Tapakih, Rabu (31/3).

PR Besar Bupati Baru Padang Pariaman Jelang Pilwana

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Pemilihan Wali Nagari atau yang biasa kita sebut Pilwana merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi masyarakat di tingkat Nagari yang diselenggarakan untuk memilih calon Wali Nagari terbaik versi masyarakat dan memenuhi harapan masyarakat.

Puskesmas Ulakan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 bagi ASN dan Wali Nagari di Wilayahnya

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Puskesmas Ulakan melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19, Kamis (25/3) di Aula Kantor Camat Ulakan Tapakih. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat Bupati Padang Pariaman tentang Pemberian vaksin covid-19 bagi ASN dan petugas pelayanan publik di kecamatan tersebut.

Jembatan Darurat Kelok Pinyaram Dalam Perbaikan, Polisi Minta Pengguna Jalan Lebih Hati-Hati

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Jembatan darurat Kelok Pinyaram yang menghubungkan jalan lintas Padang menuju Bukittinggi maupun sebaliknya diperbaiki sehingga diberlakukan buka tutup arus lalu...

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.

H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH Kunjungi Nagari Sikucua Tengah

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H.Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa SIP.MH mengunjungi Pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Pada Senin,8/2/2021.

Politeknik Negeri Padang (PNP) menggali Potensi Nagari di Kecamatan Sungai Limau

Politeknik Negeri Padang (PNP) melirik potensi nagari di Kecamatan Sungai Limau, hal ini di lakukan untuk menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Negeri Padang (PNP) sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...
- Advertisement -