Padang – Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, segera menggelar debat terbuka untuk para bakal calon rektor baru periode 2015-2019 yang direncanakan pada 26 Juli 2015.

“Debat terbuka ini akan diselenggarakan satu kali menjelang pemilihan rektor baru yang menurut jadwal tiga hari setelahnya,” kata Sekretaris Panitia pemilihan rektor baru Unand, Harry Effendi di Padang, Sabtu.

Dia menyebutkan dalam debat terbuka nantinya para calon rektor yang saat ini berjumlah tujuh orang akan memaparkan visi dan misinya bila terpilih menjadi rektor nantinya.

Dalam debat terbuka tersebut katanya, akan ada beberapa orang panelis yang akan memberikan arahan pada masing-masing calon.

Panelis tersebut katanya, berasal dari dosen Unand yang telah berkiprah di dunia pengamat lokal maupun nasional.
“Debat terbuka ini dapat disaksikan oleh dosen, mahasiswa hingga masyarakat Umum,” katanya.

Adapun tujuan dari pelaksanaan debat terbuka ini kata Harry, untuk memperlihatkan kemampuan masing-masing kandidat dalam menguasai persoalan di Unand.

Bagi dosen tentunya ini sangat bermanfaat sebelum menentukan calon pada pemilihan mendatang.

Sementara bagi mahasiswa, pegawai meskipun tidak terlibat dalam pemilihan, debat tersebut bermanfaat untuk memprediksi bentuk karakter pimpinannya saat terpilih nantinya.

Sedangkan bagi masyarakat Umum debat ini bermanfaat sebagai edukasi miniatur perpolitikan tanah air dalam ranah pendidikan tinggi, ucapnya.

Sementara itu Pedagang di Unand yang juga masyarakat di sekitar kampus, Ni El berharap rektor yang terpilih nantinya tidak mempersulit pedagang untuk berjualan.

Selain rektor yang terpilih juga dapat bersahabat baik dengan masyarakat sekitar kampusnya, ujarnya.

(Ant/Oleh M R Denya Utama)
loading...