29.5 C
Padang
Thursday, October 29, 2020

Pemkab Pessel Larang Pemilik Kafe Buka Siang Hari Saat Ramadhan

Painan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), melarang seluruh pemilik kafe atau pedagang minuman dan makanan di kabupaten itu membuka dagangannya pada siang hari selama Bulan Ramadhan 1436 Hijriyah.

“Tidak saja pedagang makanan dan minuman, tetapi kepada seluruh masyarakat di kabupaten ini agar tidak melakukan aktifitas yang mengganggu ketertiban umum dan kenyamanan umat Islam dalam melaksanakan ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan, baik siang maupun malam hari, ” kata Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit di Painan, Sabtu.

Secara tertulis imbauan tersebut telah dituangkan dalam surat edaran yang dikirim kepada seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau camat di kabupaten itu saat akan memasuki bulan Ramadhan 1436 Hijriyah.

Ada delapan poin imbaun pemerintah dalam surat tersebut untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Diantaranya pelarangan bagi pemilik rumah makan dan kedai minuman untuk tidak melaksanakan aktifitas jual beli pada siang hari.

Pelarangan penggunaan dan beredarnya mainan anak-anak seperti petasan, kembang api dan sebagainya karena dapat mengganggu kenyamanan umat muslim lainnya yang tengah melaksanakan ibadah puasa. Peredaran mainan itu juga membahayakan bagi warga lainnya karena dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.

Menurutnya, menjaga kenyamanan dan ketertiban tersebut bukan saja menjadi tanggungjawab pemkab semata melalui petugas pengamanan yang di turunkan, tetapi juga dapat dilakukan oleh semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pesisir Selatan Hazrial Amri mengatakan, untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan tersebut, mulai awal Ramadhan 1436 Hijriyah Satpol PP telah menggelar operasi dan patroli wilayah.

Pada operasi tersebut Satpol PP dibantu pihak terkait lainnya seperti Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan dan TNI yang tergabung dalam Tim SK5 menindak tegas bagi pelaku pelanggaran aturan tersebut, sesuai surat edaran yang telah diterbitkan.

Kegiatan itu bertujuan untuk menjaga ketertiban, ketentraman dan kenyamanan bagi umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa selama bulan Suci Ramadhan 1436 Hijriyah.

Sasaran kegiatan tidak saja terhadap warung minuman dan makanan yang beraktifitas pada siang hari, tetapi juga terhadap berbagai penyakit masyarakat (pekat) lainnya di wilayah kabupaten itu.

Khusus penyakit masyarakat, Satpol PP lebih mengintensifkan pengawasan dan penertiban di berbagai lokasi objek wisata dan tempat lainnya yang dianggap rawan praktek penyakit masyarakat.

(Ant/Oleh Junisman)
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Andre Rosiade Reses Ke Pelosok Nagari Sijunjung

Sijunjung, Berita Sumbar-- Anggota DPR-RI fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade melakukan reses ke pelosok nagari di Kabupaten Sijunjung, Sabtu (24/10).

Yola Oksandra Raih Juara 3 Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya

Sijunjung, Berita Sumbar-- Yola oksandra, meraih juara 3 ( tiga) Tingkat Nasional Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial dan Budaya, kata Kadis Parawisata...

Geger Penemuan Mayat Didasar Jurang kelok 9

Limapuluh Kota, Minggu Sore kelok Sembilan Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota digegerkan dengan ditemukan seseorang yang jatuh ke jurang. 

Terkejut Langsung Sidang,Tergugat Perdata Merasa Di Jebak Pengadilan Negeri Batusangkar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Tergugat dalam sengketa perkara perdata Nomor 20/Pdt.G/2020/PN Bsk Tanggal 09 Oktober 2020,terkejut langsung di sidangkan laporan Pelapor atas gugatan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Bawaslu Limapuluh Kota Telah Keluarkan Enam Peringatan Selama Masa Kampanye

Limapuluh Kota, BeritaSumbar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota telah mengeluarkan enam peringatan tertulis kepada calon yang maju dalam Pilkada...

Peringati Sumpah Pemuda, Kodim 0310/SSD Gelar Penegakan Protokol Kesehatan

Sijunjung, www.beritasumbar.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92 tahun 2020 jajaran Komando Distrik Militer (KODIM) 0310/SSD menggelar penegakan disiplin protokol kesehatan kepada...
- Advertisement -