28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Unand Kirim 4 Mahasiswa ke Payakumbuh Bantu Wujudkan Swasembada
U

Kategori -

Payakumbuh – Upaya khusus untuk mewujudkan swasembada pangan padi, jagung dan kedele (pajale), Unand Padang mengirim 4 mahasiswa ke Payakumbuh. Keempat mahasiswa tersebut selain membimbing petani, tapi juga sebagai pelaku usaha tani, mengolah lahan, menanam bibit, memelihara sampai panen.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan Kota Payakumbuh Iqbal Bermawi. MSi, menginformasikan, Sabtu (23/5), keempat mahasiswa itu diantar langsung oleh dosen pembimbingnya, Ir. Zulfera, MP, ke Dinas Tanaman Pangan, Jum’at (22/5). Mereka akan berada di Payakumbuh selama satu kali panen. Artinya, mahasiswa bersangkutan akan melakukan upaya khusus terhadap pajale, lebih kurang 3 sampai 4 bulan.

Menurut dosen pembimbingnya, seluruh bibit dan pupuk menjadi tanggung jawab Unand. Petani hanya menyediakan lahan pertanian saja. Untuk selanjutnya, petani bersama mahasiswa akan memelihara tanaman pajale hingga panen nanti, ungkap Iqbal.

Dikatakan, keempat mahasiswa tersebut terdiri dari Rini Nofrita yang ditempatkan di kecamatan Payakumbuh Timur, Giska Oktabrina (Latina), Yudi Febrianto (Kecamatan Payakumbuh Utara) dan Fitriana (Kecamatan Payakumbuh Barat), sekaligus bertugas sebagai tenaga pendamping penyuluh dalam pengawalan terhadap pelaksanaan upaya khusus pajale.

Harapan dosen pembimbing, mahasiswa yang ditugaskan dalam pelaksanaan upsus tersebut dapat dibimbing agar pelaksanaan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dapat terlaksana dengan baik. Diakui, keempat mahasiswa tersebut baru dipenuhi dengan teoritis sementara aplikasi lapangan perlu jam terbang. Karena itu, diperlukan kolaborasi secara teknis antara penyuluh yang sudah punya pengalaman lapangan.

Menurut Iqbal, kehadiran empat mahasiswa Unand, sangat membantu dalam pelaksanaan upsus di kota ini. mereka sangat dibutuhkan sebagai tenaga lapangan yang mampu memberikan sentuhan teknologi dalam upaya peningkatan produksi pajale. Sebab tanpa penggunaan tekhnologi peningkatan produksi niscaya sulit dicapai. Disinilah kita harapkan peranan mahasiswa bagai mana bekerja sama di lapangan dengan penyuluh yang ada.

Diijelaskan kepala dinas, saat ini terdapat 18 penyuluh pegawai negeri, didukung 28 penyuluh tenaga harian lepas (THL). Dengan total 46 tanaga penyuluh lapangan tersebut, diharapkan mampu mengayomi 257 kelompok tani dengan luas lahan 2. 751 hektar. (rfk)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -