25.7 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

UMKM Kota Pariaman Terima Bantuan
U

Kategori -

Kota Pariaman,BeritaSumbar.com,–Walikota Pariaman Genius Umar hari ini Senin (13/7) bertempat di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman menyerahkan secara simbolis bantuan sarana usaha perdagangan ke pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Pariaman.
“Hari ini sebagian pelaku UMKM menerima bantuan berupa sarana usaha perdagangan. Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Perdagangan yang memang ditujukan untuk pelaku usaha mikro kecil menengah. Namun diakui memang tidak keseluruhan yang mendapatkan bantuan tersebut hari ini, tapi kita Pemerintah Kota Pariaman akan berupaya agar semua pelaku UMKM di Kota Pariaman mendapatkannya meskipun harus bertahap, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.
Banyaknya UMKM di Kota Pariaman membuktikan bahwa peningkatan pertumbuhan UMKM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas UMKM tersebut. Hal ini tentunya menuntut peran aktif Pemerintah Kota Pariaman untuk selalu dinamis dan membuat terobosan baru agar UMKM di Kota Pariaman mampu bersaing dan merasa terayomi oleh Pemerintah Daerah.
“Banyak upaya dan usaha yang telah kita lakukan untuk memajukan UMKM di Kota pariaman, antaranya fasilitasi pembiayaan, pembentukan kawasan sentra, fasilitasi kemasan dan promosi produk UMKM dan banyak lainnya. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Pariaman sangat berkomitmen untuk memajukan UMKM dalam meningkatkan perekonomiannya, “ tambahnya.
Bantuan ini diberikan untuk memudahkan masyarakat yang kurang mampu yang memiliki usaha di Kota Pariaman. Dengan adanya bantuan ini diharapkan terciptanya suasana bersih yang membuat makanan lebih higienis sehingga konsumen merasa nyaman dalam berbelanja dan memberikan semangat dan motivasi kepada masyarakat kurang mampu yang memiliki usaha untuk siap bersaing pada zaman sekarang.
Ia berharap bantuan yang beruba geroba dan sejenisnya tetap dirawat dan dijaga. Untuk bantuan berupa kemasan produk, selalu gunakan seperti yang dibantu. Apabila sudah habis bantuan ini, usahakan tetap memesannya dan jangan sampai kembali ke produk awal yang tanpa kemasan karena akan merusak citra produk.
Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit dalam mengatakan bahwa saat ini jumlah UMKM di Kota Pariaman berjumlah 7.839 yang tersebuar di 4 (empat) Kecamatan di Kota Pariaman dengan jumlah terbesar ada di Kecamatab Pariaman Tengah dengan jumlah 3.084 UMKM.
“Adapun bantuan yang diberikan saat ini berupa gerobak dagang sebanyak 15 unit, gerobak souvenir sebanyak 10 unit, cool box sebanyak 50 unit, rombong motor 20 unit dan kemasan produk sebanyak 27 paket yang 1 (satu) paket terdiri dari 500 lembar kemasan, “ ungkapnya.
Bantuan yang diberikan tersebut berdasarkan data yang diterima dari hasil pembinaan kelapangan dan kemudian diseleksi oleh Disperindagko dan UKM Kota Pariaman. Kegiatan ini telah terlaksana pada Tahun 2019 dan penyerahan bantuan direncanakan pada Bulan februari 2020 lalu.
“Kita merencanakan penyerahan bantuan ini ada Bulan Februari lalu, namun karena adanya wabah covid-19, semua rencana dibatalkan dan hari ini baru bisa diberikan bantuan tersebut,” tambahnya.
Ia berharap semua pelaku UMKM di Kota Pariaman baik yang hari ini mendapatkan bantuan ataupun belum mendapatkan, tetap selalu berusaha dan hasilkan produk yang bagus dan ciptakan kemasan sekreatif mungkin dan membuat pembeli jadi tertarik sehingga UMKM di Kota Pariaman lebih maju dan perekonomian meningkat.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -