25 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

UMKM Kota Pariaman Terima Bantuan
U

Kategori -

Kota Pariaman,BeritaSumbar.com,–Walikota Pariaman Genius Umar hari ini Senin (13/7) bertempat di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman menyerahkan secara simbolis bantuan sarana usaha perdagangan ke pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Pariaman.
“Hari ini sebagian pelaku UMKM menerima bantuan berupa sarana usaha perdagangan. Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Perdagangan yang memang ditujukan untuk pelaku usaha mikro kecil menengah. Namun diakui memang tidak keseluruhan yang mendapatkan bantuan tersebut hari ini, tapi kita Pemerintah Kota Pariaman akan berupaya agar semua pelaku UMKM di Kota Pariaman mendapatkannya meskipun harus bertahap, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.
Banyaknya UMKM di Kota Pariaman membuktikan bahwa peningkatan pertumbuhan UMKM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas UMKM tersebut. Hal ini tentunya menuntut peran aktif Pemerintah Kota Pariaman untuk selalu dinamis dan membuat terobosan baru agar UMKM di Kota Pariaman mampu bersaing dan merasa terayomi oleh Pemerintah Daerah.
“Banyak upaya dan usaha yang telah kita lakukan untuk memajukan UMKM di Kota pariaman, antaranya fasilitasi pembiayaan, pembentukan kawasan sentra, fasilitasi kemasan dan promosi produk UMKM dan banyak lainnya. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Pariaman sangat berkomitmen untuk memajukan UMKM dalam meningkatkan perekonomiannya, “ tambahnya.
Bantuan ini diberikan untuk memudahkan masyarakat yang kurang mampu yang memiliki usaha di Kota Pariaman. Dengan adanya bantuan ini diharapkan terciptanya suasana bersih yang membuat makanan lebih higienis sehingga konsumen merasa nyaman dalam berbelanja dan memberikan semangat dan motivasi kepada masyarakat kurang mampu yang memiliki usaha untuk siap bersaing pada zaman sekarang.
Ia berharap bantuan yang beruba geroba dan sejenisnya tetap dirawat dan dijaga. Untuk bantuan berupa kemasan produk, selalu gunakan seperti yang dibantu. Apabila sudah habis bantuan ini, usahakan tetap memesannya dan jangan sampai kembali ke produk awal yang tanpa kemasan karena akan merusak citra produk.
Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit dalam mengatakan bahwa saat ini jumlah UMKM di Kota Pariaman berjumlah 7.839 yang tersebuar di 4 (empat) Kecamatan di Kota Pariaman dengan jumlah terbesar ada di Kecamatab Pariaman Tengah dengan jumlah 3.084 UMKM.
“Adapun bantuan yang diberikan saat ini berupa gerobak dagang sebanyak 15 unit, gerobak souvenir sebanyak 10 unit, cool box sebanyak 50 unit, rombong motor 20 unit dan kemasan produk sebanyak 27 paket yang 1 (satu) paket terdiri dari 500 lembar kemasan, “ ungkapnya.
Bantuan yang diberikan tersebut berdasarkan data yang diterima dari hasil pembinaan kelapangan dan kemudian diseleksi oleh Disperindagko dan UKM Kota Pariaman. Kegiatan ini telah terlaksana pada Tahun 2019 dan penyerahan bantuan direncanakan pada Bulan februari 2020 lalu.
“Kita merencanakan penyerahan bantuan ini ada Bulan Februari lalu, namun karena adanya wabah covid-19, semua rencana dibatalkan dan hari ini baru bisa diberikan bantuan tersebut,” tambahnya.
Ia berharap semua pelaku UMKM di Kota Pariaman baik yang hari ini mendapatkan bantuan ataupun belum mendapatkan, tetap selalu berusaha dan hasilkan produk yang bagus dan ciptakan kemasan sekreatif mungkin dan membuat pembeli jadi tertarik sehingga UMKM di Kota Pariaman lebih maju dan perekonomian meningkat.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Pembelajaran Tatap Muka di SDN 09 Lubuk Tareh pada Masa Pandemi

SDN 09 Lubuk tareh terletak di jorong Lubuk Tareh kenagarian Garabak Data kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok. Lokasi Sekolah ini sangat jauh dari pusat kota solok bahkan untuk sampai ke sekolah ini harus melewati Kabupaten Dharmasraya terlebih dahulu.

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.
- Advertisement -

Puncak Cemara Sawahlunto Pukau Decak Kagum Bundo Kanduang Sumbar Rezka Oktoberia

Anggota DPR-RI dari fraksi Demokrat dari daerah pemilihan Sumatera Barat Rezka Oktoberia didampingi Putri Yoan Clara Teken, kembali melanjutkan silaturrahmi ke kota tambang penuh sejarah Sawahlunto, Sumatera Barat, Sabtu (23/1).

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -