25 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Pentingnya Metoda Edukasi Dalam Upaya Pencegahan covid-19 Ditengah Masyarakat Pada Masa New Normal
P

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Memasuki era new normal, sebagian masyarakat beranggapan bahwa ancaman Covid-19 sudah tidak ditakuti.  Masyarakat sudah mulai melakukan aktivitas ekonomi dan sosial seperti biasanya. Bahkan saat sekarang masyarakat sudah tidak takut berada ditempat keramaian tanpa menggunakan masker dan tidak mengikuti protokol kesehatan yang telah disosialisasikan oleh pemerintah. Diketahui bahwa angka kasus baru pasien terinfeksi Covid 19 setiap hari semakin meningkat dengan kasus terbanyak berada dikota padang. Per tanggal 10 Juli 2020 diketahui adanya 6 kasus baru di Provinsi Sumatera Barat dan 75.000 kasus di Indonesia.
Adanya peningkatan kasus Covid-19 tersebut di Sumatera Barat khususya di kota Padang yaitu di wilayah kerja Puskesmas Kuranji Padang yaitu di Kelurahan Korong Gadang Padang sampai saat ini masih salah satu kasus terbanyak selain kelurahan-kelurahan yang ada di kota padang. Peningkatan kasus tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat terhadap penularan covid-19 dan juga keterbatasan tenaga kesehatan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat  terhadap pengetahuan dalam upaya pencegahan Covid-19 juga menjadi kendala di tengah pandemi ini.
Oleh karena itu, sangat diperlukan sekali pemberian edukasi yang lebih mendalam kepada masyarakat. Untuk itu, kami tim dosen dari Fakultas Keperawatan Universitas Andalas yang terdiri dari Ns. Yuanita Ananda, M.Kep, Nelwati, S.Kp, MN, PhD, Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep dan Ns. Muthmainnah, M.Kep melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Cuci Tangan terkait Pandemi Covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Kuranji Padang.
Konsep edukasi dikemas secara berbeda dan menarik yaitu dengan menggunakan metode daring atau online kepada masyarakat. Hal ini dilakukan karena wilayah kerja Puskesmas Kuranji Padang merupakan zona merah, untuk menghindari kerumunan/ keramaian dan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan melakukan physical distancing.
Implementasi edukasi tersebut yaitu dengan cara memberikan link google form kepada masyarakat melalui WhatsApp Grup (WAG), kemudian masyarakat mengisi google form tersebut dengan metode pretest dan posttest. Metode pretest dan postes tersebut yaitu untuk mengukur pengetahuan masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19. Metode pretest adalah metode yang dilakukan saat awal untuk mengukur tingkat pengetahuan masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19. Selanjutnya, masyarakat diberikan edukasi melalui booklet yang dibuat semenarik mungkin dengan bahasa yang ringan yang mudah dipahami oleh masyarakat.
Materi edukasi ditekankan kepada pencegahan penularan yaitu dengan mencuci tangan lebih sering dengan sabun dan air setidaknya 20 detik atau menggunakan hand sanitizer. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci. Jangan berjabat tangan dan hindari interaksi fisik dekat dengan orang yang memiliki gejala sakit. Tutupi mulut saat batuk dan bersin dengan lengan atas dan ketiak atau dengan tisu lalu langsung buang tisu ke tempat sampah dan segera cuci tangan. Segera mengganti baju/mandi sesampainya di rumah setelah berpergian. Bersihkan dan berikan desinfektan secara berkala pada benda- benda yang sering disentuh dan pada permukaan rumah dan perabot (meja, kursi, dan lain-lain), gagang pintu, dan lain-lain.
Setelah itu masyarakat akan mengisi link google form yang sama pada saat posttest untuk dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan masyarakat setelah diberikan edukasi melalui media booklet. Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim dosen dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan dalam kegiatan ini sangat efektif karena dapat langsung mengetahui bagaimana peningkatan pengetahuan masyarakat yang dilihat dari nilai pre test dan post test.
Diakhir kegiatan edukasi, tim membagikan faceshildhand sanitizer dan booklet edukasi kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan Iptek Berbasis Dosen dan Masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Edukasi ini dilakukan kepada 40 orang  masyarakat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kuranji Padang khususnya di Kelurahan Korong Gadang Padang pada tanggal 17 dan 18 Juli 2020 mendatang. Diharapkan masyarakat yang mengikuti kegiatan ini dapat berbagi informasi (sharring) kepada masyarakat yang lain yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan ini sehingga tindakan pencegahan terhadap Covid-19 dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh: YUANITA ANANDA
Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).
- Advertisement -

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).
- Advertisement -

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...
- Advertisement -