31 C
Padang
Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

UKM Seni Beladiri UIN Bukittinggi Gelar Kejurnas Silat I
U

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Sebanyak 850 perserta ambil bagian dalam Kejuaraan Pencak Silat Nasional I, yang diadakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Beladiri Universitas Islam Negeri (UIN) Syech Djamil Jambek.

“Para peserta yang ikut kejuaraan ini berasal dari berbagai daerah, seperti dari Sumatera Barat, Riau, dan Jambi,” ujar Ketua Panitia Pelaksana, Tengku Rafli di sela-sela pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Nasional 1, Jumat (13/10/2023).

Disampaikan, ke-850 peserta yang ikut kejuaraan dibagi dalam beberapa kelas, antara lain, kelas usia dini, kelas pra remaja, kelas remaja dan kelas dewasa.

“Kejuaraan tersebut dilaksanakan dari 13 – 15 Oktober 2023 di empat hall milik Kampus UIN Syech Djamil Jambek Bukittinggi,” paparnya.

Ketua Umum UKM Seni Beladiri UIN Syech Djamil Jambek Bukittinggi, Darmansyah mengatakan, total hadiah yang disediakan panitia sebesar Rp40 juta.

“Kami berharap melalui Kejuaraan Pencak Silat ini, menjadikan generasi muda menuju generasi prestasi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, antusias peserta yang ikut kejuaraan sangat tinggi dengan jumlah peserta mendaftar mencapai 1.500 orang.

“Jumlah mendaftar over kapasitas mencapai 1.500 orang itu, terpaksa panitia membatasi dengan hanya menerima 850 peserta dengan jumlah sebanyak 40 juri,” ucap Darmansyah.

Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Beladiri UIN Bukittinggi, Ali Rahman, S.H, M.H, mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja dengan maksimal, sehingga terlaksana acara semeriah ini.

“Kami sangat berterima kasih, semoga acara ini sukses, dan jika ada sedikit kekurangan, mohon dimaklumi,” tegasnya.

Rektor UIN Syech Djamil Jambek Bukittinggi, Ridha Ahida menyampaikan apresiasi kepada panitia, karena walaupun Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Beladiri baru berdiri tahun 2023, tapi sudah bisa mengangkat ivent nasional.

Ketua Harian IPSI Sumatera Barat, Ismunadi Sofian di kesempatannya juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa UIN Bukittinggi yang telah mengangkat kejuaraan pencak silat ini.

“Ini merupakan moment sangat baik untuk mempopulerkan seni beladiri Pencak silat. Saat ini pencak silat sudah mulai digandrungi masyarakat eropa,” tegasnya.

Gubernur Sumatera Barat diwakili Sekretaris Kadispora Provinsi Sumatera Barat Alviandri mengatakan, atas nama Gubernur Sumatera Barat mengucapkan selamat atas terlaksananya Kejuaraan Nasional I Pencak Silat dilaksanakan UIN Bukittinggi.

“Kejuaraan Pencak Silat ini sangat tepat dalam rangka mencari bibit-bibit unggul generasi muda beladiri pencak silat. Kami mengucapkan terima kasih dan semoga acara ini sukses dan lancar, ” harapannya. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img