24.6 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

UKM Pramuka Unand Gelar Festival Swarnadwipa Tahunan
U

Kategori -
- Advertisement -

Dalam rangka Hut XXVIII Gudep Padang 06.067-06.068 Univesitas Andalas, Unit Kegiatan Pramuka (UKM) Pramuka Universitas Andalas yang tergabung dalam RacanaPutera-PuteriSwarnadwipa menggelar agenda tahunan yang disebut sebagai Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA ) Ke-28.

rektor unand selaku Ka. mabigusUniversitas Andalas yang dijadikan sebagai pusat pelatihan dan usaha bagi perkembangan Pramuka di wilayah ini menyelenggarakan upacara pembukaan Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA) XXVIII Tahun 2014 yang dilaksanakan di lapangan upacara Universitas Andalas pada hari Kamis, 23 Oktober 2014 .

Upacara pembukaan ini dihadiri oleh Kwarda Pramuka Sumbar, Rektor Universitas Andalas, Wakil Rektor III, Wakil Ketua Kwarnas bidang BUMGP, Andalan Nasional Bidang BUMGP, Dirut PT. Madu Pramuka, Staf PT.Madu Pramuka, SespimWakaKwarnas Bidang BUMGP, Kepala Biro Umum dan Sumber Daya, dan tenaga kependidikandilingkungan Universitas Andalas.

Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA) tahun 2014 ini diikuti oleh berbagai utusan Gugus Depan yang datang dari berbagai daerah di Sumatera. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 23-28 Oktober ini melakukan berbagai kegiatan dan perlombaan seperti penjelajahan, asah terampil, pioneering, PPB tanpa tongkat, cross country, scoutinginovation pentas seni, bengkel budaya, karya ilmiah, giat pembina, pengabdian masyarakat, dan api unggun.

sambutan oleh wagub sumbarUpacara pembukaan ini dibuka oleh Kwarda Pramuka Sumbar Drs. H. Muslim Kasim, Akt. MM yang juga bertindak sebagai Pembina Upacara dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan Pramuka sangat penting bagi generasi muda karena menanamkan nilai-nilai kekompakan, semangat dan kebersamaan antar sesama.

Dan juga gerakan Pramuka ini menciptakan pemuda-pemudi yang berkarakter, kreatif, inovasi dan bermartabat sebagai salah satu tujuan mewujudkan calon pemimpin masa depan. Karena saat ini banyak kelangkaan tokoh-tokoh generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan. Gerakan Pramuka yang dalam kegiatan FIESTA 2014 ini mempunyai makna penting dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa, dan perguruan tinggi harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini seperti yang telah dilakukan oleh Universitas Andalas dan bisa juga diikuti oleh perguruan tinggi lainnya.

Rektor Unand Prof. Dr. H. WerryDartaTaifur, SE, MA selaku Ka. Mabigus dalam sambutannya juga mengatakan bahwa tujuan dari gerakan Pramuka tercantum dalam adat yang membentuk generasi muda yang berkepribadian, berwatak, berbudi luhur, beriman, bertakwa, cerdas, dan terampil.

Pendidikan non formal yang menjadi ciri utama gerakan pramuka, berperan sebagai suplemen terhadap pendidikan formal untuk melahirkan generasi yang bertanggung jawab pada masa depan. Rektor juga mengatakan kepramukaan ini sebagai proses pendidikan yang menyenangkan bagi kaum muda, karena dilaksanakan diluar lingkungan sekolah dan keluarga dengan menggunakan metode kepramukaan di alam terbuka .

waka kwarnas bidang bumgpGerakan Pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia yang untuk memantapkan eksistensi gerakan Pramuka serta meningkatkan fungsi gerakan Pramuka yang dapat diterima dan diminati oleh kaum muda.

wagub sumbar dan rektor unandSelain itu, Wakil Ketua Kwartir Nasional bidang BUMGP H. Rizal Efendi juga mengatakan bahwa Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang membantu pemerintah dalam membentuk watak, mental generasi muda, serta dapat menjauhkan diri dari narkoba, pergaulan bebas serta budaya malas yang sering dialami oleh generasi muda. H. Rizal Efendi juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa Universitas Andalas yang telah melaksanakan kegiatan FIESTA 2014 ini. Dan untuk membanggakan gugus Depan masing-masing, peserta harus mengikuti seluruh kegiatan dan perlombaan yang telah dirancang oleh Gugus depan perguruan tinggi .

Rombongan Kwartir Daerah Sumbar beserta Rektor Unand pun mengunjungi perkemahan para peserta Festival Swarnadwipa Tahunan tahun 2014 . (Humas dan Protokol Unand)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img