26.9 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

UKM Pramuka Unand Gelar Festival Swarnadwipa Tahunan
U

Kategori -

Dalam rangka Hut XXVIII Gudep Padang 06.067-06.068 Univesitas Andalas, Unit Kegiatan Pramuka (UKM) Pramuka Universitas Andalas yang tergabung dalam RacanaPutera-PuteriSwarnadwipa menggelar agenda tahunan yang disebut sebagai Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA ) Ke-28.

rektor unand selaku Ka. mabigusUniversitas Andalas yang dijadikan sebagai pusat pelatihan dan usaha bagi perkembangan Pramuka di wilayah ini menyelenggarakan upacara pembukaan Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA) XXVIII Tahun 2014 yang dilaksanakan di lapangan upacara Universitas Andalas pada hari Kamis, 23 Oktober 2014 .

Upacara pembukaan ini dihadiri oleh Kwarda Pramuka Sumbar, Rektor Universitas Andalas, Wakil Rektor III, Wakil Ketua Kwarnas bidang BUMGP, Andalan Nasional Bidang BUMGP, Dirut PT. Madu Pramuka, Staf PT.Madu Pramuka, SespimWakaKwarnas Bidang BUMGP, Kepala Biro Umum dan Sumber Daya, dan tenaga kependidikandilingkungan Universitas Andalas.

Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA) tahun 2014 ini diikuti oleh berbagai utusan Gugus Depan yang datang dari berbagai daerah di Sumatera. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 23-28 Oktober ini melakukan berbagai kegiatan dan perlombaan seperti penjelajahan, asah terampil, pioneering, PPB tanpa tongkat, cross country, scoutinginovation pentas seni, bengkel budaya, karya ilmiah, giat pembina, pengabdian masyarakat, dan api unggun.

sambutan oleh wagub sumbarUpacara pembukaan ini dibuka oleh Kwarda Pramuka Sumbar Drs. H. Muslim Kasim, Akt. MM yang juga bertindak sebagai Pembina Upacara dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan Pramuka sangat penting bagi generasi muda karena menanamkan nilai-nilai kekompakan, semangat dan kebersamaan antar sesama.

Dan juga gerakan Pramuka ini menciptakan pemuda-pemudi yang berkarakter, kreatif, inovasi dan bermartabat sebagai salah satu tujuan mewujudkan calon pemimpin masa depan. Karena saat ini banyak kelangkaan tokoh-tokoh generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan. Gerakan Pramuka yang dalam kegiatan FIESTA 2014 ini mempunyai makna penting dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa, dan perguruan tinggi harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini seperti yang telah dilakukan oleh Universitas Andalas dan bisa juga diikuti oleh perguruan tinggi lainnya.

Rektor Unand Prof. Dr. H. WerryDartaTaifur, SE, MA selaku Ka. Mabigus dalam sambutannya juga mengatakan bahwa tujuan dari gerakan Pramuka tercantum dalam adat yang membentuk generasi muda yang berkepribadian, berwatak, berbudi luhur, beriman, bertakwa, cerdas, dan terampil.

Pendidikan non formal yang menjadi ciri utama gerakan pramuka, berperan sebagai suplemen terhadap pendidikan formal untuk melahirkan generasi yang bertanggung jawab pada masa depan. Rektor juga mengatakan kepramukaan ini sebagai proses pendidikan yang menyenangkan bagi kaum muda, karena dilaksanakan diluar lingkungan sekolah dan keluarga dengan menggunakan metode kepramukaan di alam terbuka .

waka kwarnas bidang bumgpGerakan Pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia yang untuk memantapkan eksistensi gerakan Pramuka serta meningkatkan fungsi gerakan Pramuka yang dapat diterima dan diminati oleh kaum muda.

wagub sumbar dan rektor unandSelain itu, Wakil Ketua Kwartir Nasional bidang BUMGP H. Rizal Efendi juga mengatakan bahwa Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang membantu pemerintah dalam membentuk watak, mental generasi muda, serta dapat menjauhkan diri dari narkoba, pergaulan bebas serta budaya malas yang sering dialami oleh generasi muda. H. Rizal Efendi juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa Universitas Andalas yang telah melaksanakan kegiatan FIESTA 2014 ini. Dan untuk membanggakan gugus Depan masing-masing, peserta harus mengikuti seluruh kegiatan dan perlombaan yang telah dirancang oleh Gugus depan perguruan tinggi .

Rombongan Kwartir Daerah Sumbar beserta Rektor Unand pun mengunjungi perkemahan para peserta Festival Swarnadwipa Tahunan tahun 2014 . (Humas dan Protokol Unand)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.
- Advertisement -

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.
- Advertisement -

Musda Golkar Bukittinggi Berlansung Panas

Bukittinggi, BeritaSumbar.com,- Musda ke X Partai Golkar Kota Bukittinggi berlansung panas. proses pemilihan ketua DPD Partai Golkar Kota Bukittinggi yang dilansungkan di hotel Dymens Bukittinggi pada Kamis 8/4 berlansung penuh interupsi dan nyaris ricuh.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.

Rani Fitriana Jambak Lauching Karya Seni Suara Minangkabau

Mari hadiri, dukung, apresiasi dan sebarluaskan diskusi dan peluncuran karya dunsanak kita Rani Fitriana Jambak @Rani Fitriana Jambak (Seniman, musisi dan penggerak lingkungan) generasi keturunan ke 3 Minangkabau di Kota Medan beserta karya soundscape tentang kampung asal leluhurnya "SUARA MINANGKABAU" tentang darek, pasisia dan rantau (yang diterjemahkan pengkarya beliau sebagai anak rantau) serta minangkabau urban. Setelah sebelumnya telah juga menghasilkan karya "SOUND OF MEDAN" tentang suara urban kota Medan kerjasama bersama GOETHE Institut - Singapura
- Advertisement -