24.9 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

UKM Pramuka Unand Gelar Festival Swarnadwipa Tahunan
U

Kategori -

Dalam rangka Hut XXVIII Gudep Padang 06.067-06.068 Univesitas Andalas, Unit Kegiatan Pramuka (UKM) Pramuka Universitas Andalas yang tergabung dalam RacanaPutera-PuteriSwarnadwipa menggelar agenda tahunan yang disebut sebagai Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA ) Ke-28.

rektor unand selaku Ka. mabigusUniversitas Andalas yang dijadikan sebagai pusat pelatihan dan usaha bagi perkembangan Pramuka di wilayah ini menyelenggarakan upacara pembukaan Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA) XXVIII Tahun 2014 yang dilaksanakan di lapangan upacara Universitas Andalas pada hari Kamis, 23 Oktober 2014 .

Upacara pembukaan ini dihadiri oleh Kwarda Pramuka Sumbar, Rektor Universitas Andalas, Wakil Rektor III, Wakil Ketua Kwarnas bidang BUMGP, Andalan Nasional Bidang BUMGP, Dirut PT. Madu Pramuka, Staf PT.Madu Pramuka, SespimWakaKwarnas Bidang BUMGP, Kepala Biro Umum dan Sumber Daya, dan tenaga kependidikandilingkungan Universitas Andalas.

Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA) tahun 2014 ini diikuti oleh berbagai utusan Gugus Depan yang datang dari berbagai daerah di Sumatera. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 23-28 Oktober ini melakukan berbagai kegiatan dan perlombaan seperti penjelajahan, asah terampil, pioneering, PPB tanpa tongkat, cross country, scoutinginovation pentas seni, bengkel budaya, karya ilmiah, giat pembina, pengabdian masyarakat, dan api unggun.

sambutan oleh wagub sumbarUpacara pembukaan ini dibuka oleh Kwarda Pramuka Sumbar Drs. H. Muslim Kasim, Akt. MM yang juga bertindak sebagai Pembina Upacara dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan Pramuka sangat penting bagi generasi muda karena menanamkan nilai-nilai kekompakan, semangat dan kebersamaan antar sesama.

Dan juga gerakan Pramuka ini menciptakan pemuda-pemudi yang berkarakter, kreatif, inovasi dan bermartabat sebagai salah satu tujuan mewujudkan calon pemimpin masa depan. Karena saat ini banyak kelangkaan tokoh-tokoh generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan. Gerakan Pramuka yang dalam kegiatan FIESTA 2014 ini mempunyai makna penting dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa, dan perguruan tinggi harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini seperti yang telah dilakukan oleh Universitas Andalas dan bisa juga diikuti oleh perguruan tinggi lainnya.

Rektor Unand Prof. Dr. H. WerryDartaTaifur, SE, MA selaku Ka. Mabigus dalam sambutannya juga mengatakan bahwa tujuan dari gerakan Pramuka tercantum dalam adat yang membentuk generasi muda yang berkepribadian, berwatak, berbudi luhur, beriman, bertakwa, cerdas, dan terampil.

Pendidikan non formal yang menjadi ciri utama gerakan pramuka, berperan sebagai suplemen terhadap pendidikan formal untuk melahirkan generasi yang bertanggung jawab pada masa depan. Rektor juga mengatakan kepramukaan ini sebagai proses pendidikan yang menyenangkan bagi kaum muda, karena dilaksanakan diluar lingkungan sekolah dan keluarga dengan menggunakan metode kepramukaan di alam terbuka .

waka kwarnas bidang bumgpGerakan Pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia yang untuk memantapkan eksistensi gerakan Pramuka serta meningkatkan fungsi gerakan Pramuka yang dapat diterima dan diminati oleh kaum muda.

wagub sumbar dan rektor unandSelain itu, Wakil Ketua Kwartir Nasional bidang BUMGP H. Rizal Efendi juga mengatakan bahwa Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang membantu pemerintah dalam membentuk watak, mental generasi muda, serta dapat menjauhkan diri dari narkoba, pergaulan bebas serta budaya malas yang sering dialami oleh generasi muda. H. Rizal Efendi juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa Universitas Andalas yang telah melaksanakan kegiatan FIESTA 2014 ini. Dan untuk membanggakan gugus Depan masing-masing, peserta harus mengikuti seluruh kegiatan dan perlombaan yang telah dirancang oleh Gugus depan perguruan tinggi .

Rombongan Kwartir Daerah Sumbar beserta Rektor Unand pun mengunjungi perkemahan para peserta Festival Swarnadwipa Tahunan tahun 2014 . (Humas dan Protokol Unand)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -