24.8 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

UKM Pramuka Unand Gelar Festival Swarnadwipa Tahunan
U

Kategori -

Dalam rangka Hut XXVIII Gudep Padang 06.067-06.068 Univesitas Andalas, Unit Kegiatan Pramuka (UKM) Pramuka Universitas Andalas yang tergabung dalam RacanaPutera-PuteriSwarnadwipa menggelar agenda tahunan yang disebut sebagai Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA ) Ke-28.

rektor unand selaku Ka. mabigusUniversitas Andalas yang dijadikan sebagai pusat pelatihan dan usaha bagi perkembangan Pramuka di wilayah ini menyelenggarakan upacara pembukaan Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA) XXVIII Tahun 2014 yang dilaksanakan di lapangan upacara Universitas Andalas pada hari Kamis, 23 Oktober 2014 .

Upacara pembukaan ini dihadiri oleh Kwarda Pramuka Sumbar, Rektor Universitas Andalas, Wakil Rektor III, Wakil Ketua Kwarnas bidang BUMGP, Andalan Nasional Bidang BUMGP, Dirut PT. Madu Pramuka, Staf PT.Madu Pramuka, SespimWakaKwarnas Bidang BUMGP, Kepala Biro Umum dan Sumber Daya, dan tenaga kependidikandilingkungan Universitas Andalas.

Festival Swarnadwipa Tahunan (FIESTA) tahun 2014 ini diikuti oleh berbagai utusan Gugus Depan yang datang dari berbagai daerah di Sumatera. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 23-28 Oktober ini melakukan berbagai kegiatan dan perlombaan seperti penjelajahan, asah terampil, pioneering, PPB tanpa tongkat, cross country, scoutinginovation pentas seni, bengkel budaya, karya ilmiah, giat pembina, pengabdian masyarakat, dan api unggun.

sambutan oleh wagub sumbarUpacara pembukaan ini dibuka oleh Kwarda Pramuka Sumbar Drs. H. Muslim Kasim, Akt. MM yang juga bertindak sebagai Pembina Upacara dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan Pramuka sangat penting bagi generasi muda karena menanamkan nilai-nilai kekompakan, semangat dan kebersamaan antar sesama.

Dan juga gerakan Pramuka ini menciptakan pemuda-pemudi yang berkarakter, kreatif, inovasi dan bermartabat sebagai salah satu tujuan mewujudkan calon pemimpin masa depan. Karena saat ini banyak kelangkaan tokoh-tokoh generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan. Gerakan Pramuka yang dalam kegiatan FIESTA 2014 ini mempunyai makna penting dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa, dan perguruan tinggi harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini seperti yang telah dilakukan oleh Universitas Andalas dan bisa juga diikuti oleh perguruan tinggi lainnya.

Rektor Unand Prof. Dr. H. WerryDartaTaifur, SE, MA selaku Ka. Mabigus dalam sambutannya juga mengatakan bahwa tujuan dari gerakan Pramuka tercantum dalam adat yang membentuk generasi muda yang berkepribadian, berwatak, berbudi luhur, beriman, bertakwa, cerdas, dan terampil.

Pendidikan non formal yang menjadi ciri utama gerakan pramuka, berperan sebagai suplemen terhadap pendidikan formal untuk melahirkan generasi yang bertanggung jawab pada masa depan. Rektor juga mengatakan kepramukaan ini sebagai proses pendidikan yang menyenangkan bagi kaum muda, karena dilaksanakan diluar lingkungan sekolah dan keluarga dengan menggunakan metode kepramukaan di alam terbuka .

waka kwarnas bidang bumgpGerakan Pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia yang untuk memantapkan eksistensi gerakan Pramuka serta meningkatkan fungsi gerakan Pramuka yang dapat diterima dan diminati oleh kaum muda.

wagub sumbar dan rektor unandSelain itu, Wakil Ketua Kwartir Nasional bidang BUMGP H. Rizal Efendi juga mengatakan bahwa Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang membantu pemerintah dalam membentuk watak, mental generasi muda, serta dapat menjauhkan diri dari narkoba, pergaulan bebas serta budaya malas yang sering dialami oleh generasi muda. H. Rizal Efendi juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa Universitas Andalas yang telah melaksanakan kegiatan FIESTA 2014 ini. Dan untuk membanggakan gugus Depan masing-masing, peserta harus mengikuti seluruh kegiatan dan perlombaan yang telah dirancang oleh Gugus depan perguruan tinggi .

Rombongan Kwartir Daerah Sumbar beserta Rektor Unand pun mengunjungi perkemahan para peserta Festival Swarnadwipa Tahunan tahun 2014 . (Humas dan Protokol Unand)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Laga Divisi 3 Turnamen Nusa Bersinar Cup Di NDB Ditutup Wawako Erwin Yunaz

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tidak setengah-setengah memberikan support kepada pemain dan panitia sejak Turnamen Nusa Bersinar CUP dihelat pertengahan Desember tahun lalu. Laga Divisi 3 yang dibuka dan diresmikan orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu, juga ditutupnya dengan menyerahkan hadiah langsung kepada sang pemenang, Kamis (8/1) malam, di lapangan Badminton Outdoor Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.

Sanggar Seni Luak Limopuluah Hoyak TMII

Sanggar kesenian Limpapeh asal Kabupaten Limapuluh Kota berhasil menghibur dan menghipnotis ratusan pasang mata pengunjung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMIII) dengan berbagai suguhan kesenian khas Kabupaten Limapuluh Kota, Jakarta pada Minggu (27/12/2020).

Kementerian PUPR Serahkan Bantuan IPLT Dan 1 Truk Penyedot

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Payakumbuh diresmikan dan diserahkan pengelolaannya sekaligus bersama truk penyedot lumpur tinja oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemko Payakumbuh di Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Rabu (23/12).

Kabaharkam Polri Ikut Donor Darah

Baharkam Polri bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia DKI Jakarta menggelar kegiatan donor darah di Ruang Rapat Utama Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 23 Desember 2020.
- Advertisement -