26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Di Padang Diselenggarakan “Pesta” Detik-detik 1 Muharram 1436 H
D

Kategori -
- Advertisement -

Menyambut tahun baru 1436 Hijriyah, Pemerintah Kota Padang menggelar “Detik – detik Pergantian Tahun” yang dipusatkan di Masjid Nurul Iman Padang, Kamis (24/10). Kegiatan ini diisi dengan dzikir bersama dan pembacaan ayat – ayat suci Al Quran.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah menabuh beduk bersama Muspida, menandai masuknya 1 Muharram 1436 H yang bertepatan dengan masuknya waktu maghrib atau sekira pukul 18.10 WIB. Lalu, dilanjutkan dengan shalat berjamaah dan ceramah.

“Peringatan tahun baru Islam kali ini berbeda, kita memusatkan di masjid pada masing – masing kecamatan karena ingin lebih memaknai momen ini sebagai starting poin peningkatan kualitas ibadah. Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya yang digelar di lapangan terbuka. Meskipun ramai yang hadir, tapi cenderung euforia dan bahkan banyak yang melalaikan shalat maghrib,” kata Walikota Padang.

Momentum peringatan tahun baru Islam kali ini, oleh Walikota Padang juga dijadikan momen pencanangan “Padang Bersih” yaitu bersih lingkungan, bersih dari maksiat serta mewujudkan pemerintahan yang bersih.

“Komitmen untuk mewujudkan Kota Padang yang bersih dilakukan dengan menegakkan Peraturan Daerah tentang larangan membuang sampah di sembarang tempat, yaitu Perda Nomor 21 Tahun 2012. Hingga akhir 2014 ini kita sosialisasikan sambil menyiapkan sarana – sarananya, secara efektif diterapkan mulai 1Januari 2015 nanti,” jelas Mahyeldi.

Pada kesempatan ini Walikota Padang juga melakukan penyerahan kontainer untuk sampah, serta satu unit truk pengangkut sampah kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. Kontainer dan truk tersebut nantinya akan ditambah pengadaannya sehingga memadai untuk penanggulangan sampah di setiap kelurahan.

“Sarana ini akan terus kita tingkatkan agar penanggulangan sampah di Kota Padang tidak terkendala. Sekaligus diharapkan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sehingga tumbuh budaya membuang sampah pada tempatnya serta melakukan pemilahan sampah organik dan unorganik,” imbuh Mahyeldi.

Pencanangan Padang Bersih ini mendapat respon positif dari beberapa tokoh masyarakat dan pimpinan ormas di Kota Padang. Pada kesempatan ini sejumlah pimpinan ormas Islam menyampaikan pernyataan sikap yang ditandatangani bersama.

Sementara itu, Bagian Kesra Kota Padang mengisi rangkaian kegiatan menyambut tahun baru Hijriyah ini dengan menyelenggarakan festival nasyid, Musabaqah Syahril Quran (MSQ) serta lomba penyelenggaraan didikan subuh, antar TPQ dan TQA se Kota Padang. Kegiatan yang dikemas sebagai “Semarak Muharram Kota Padang” itu digelar sejak 21 Oktober lalu. Sedangkan para pemenangnya diumumkan dalam acara detik – detik pergantian tahun itu.

Kabag Kesra Al Amin menyebutkan, kegiatan lomba yang dilaksanakan bertujuan untuk menyegarkan kembali para santri TPQ dan TQA tentang ilmu – ilmu yang telah mereka serap selama ini. Disamping itu, untuk menanamkan rasa cinta kepada para santri sebagai generasi Islam terhadap penanggalan umat muslim.

“Diharapkan, generasi akan datang lebih mencintai tahun hijriyah serta mengetahui sejarahnya sehingga dapat mengambil hikmah dari sejarah hijrah Rasulullah itu,” tukasnya. (humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img