24 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Tiongkok Siap Kirim Personel Pemadam Kebarakan Atasi Kebakaran Hutan Indonesia
T

Kategori -

Beijing – Tiongkok menyatakan siap mengirimkan bantuan untuk mengatasi kebakaran hutan di Indonesia, khususnya personel pemadam kebarakan yang telah berpengalaman dan profesional.

“Kami telah mendapat laporan dari Kementerian Luar Negeri, bahwa Indonesia membutuhkan bantuan untuk megatasi kebakaran, antara lain bantuan helikopter dengan kapasitas 10 ton,” kata Wakil Ketua Komite Pusat Militer Tiongkok Fan Changlong saat menerima Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu di Beijing, Rabu petang.

Namun pihaknya tidak memiliki helikopter dengan spesifikasi yang dibutuhkan Indonesia.

“Kami hanya memiliki helikopter berkapasitas 2,5 ton. Jadi, mohon maaf kami tidak bisa memenuhi kriteria itu.

Namun, kami memiliki personel yang profesional untuk masalah kebakaran hutan. Ada sekitar 30 ribu orang,” ujar Fan Changlong.

Jika Indonesia masih memerlukan bantuan Tiongkok siap membantu dengan tenaga profesional dalam mengatasi kebakaran hutan. “Di Tiongkok juga beberapa kali terjadi kebakaran hutan, dan mereka memang sudah dilatih secara profesional untuk itu,” kata Fan Changlong.

Menanggapi itu, Menhan RI Ryamizard Ryacudu mengatakan sangat menghargai tawaran Tiongkok terkait kebakaran hutan. “Namun saat ini kebakaran yang terjadi mulai mereda, semoga saat musim hujan tiba tidak ada lagi kebakaran hutan. Namun, jika tetap terjadi maka bantuan Tiongkok sangat membantu,” katanya.

Ryamizard mengatakan kebakaran hutan yang kerap terjadi di Indonesia memang telah berlangsung lama dan terus dicarikan solusinya.

“Termasuk saat ini dengan meminta bantuan dari negara tetangga terdekat untuk mengatasi agar kebakaran tidak semakin luas. Jika kebakaran kai ini tetap berlanjut maka kami akan berkoordinasi dengan Tiongkok,” katanya.

Indonesia telah meminta dan mendapat bantuan dari Singapura, serta meminta bantuan dari Rusia, Malaysia dan Jepang untuk mengatasi kebakaran hutan yang telah mengirim kabut asap yang menyesakkan ke wilayah Asia Tenggara selama berminggu-minggu.

Indonesia telah berulang kali menolak tawaran bantuan dari luar negeri untuk mengatasi asap, yang disebabkan terutama oleh perusahaan-perusahaan yang membakar hutan untuk membuka lahan bagi perkebunan kelapa sawit dan pulp di Sumatera dan Kalimantan.

“Kita telah meminta bantuan dan telah menerima bantuan dari Singapura,” ujar Presiden Joko Widodo dalam pernyataan yang dirilis oleh laman Sekretaris Kabinet, pekan lalu.

Ia menambahkan pihaknya juga menginginkan bantuan dari Rusia, Malaysia dan Jepang. “Kita harap ini akan mempercepat proses karena api di lahan gambut berbeda dari kebakaran hutan biasa,” ujarnya.

“Yang kita perlukan sekarang adalah pesawat-pesawat yang dapat membawa 12-15 ton air, bukannya 2-3 ton seperti yang kita miliki sekarang,” kata Presiden Jokowi. (Ant/Rini Utami)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.
- Advertisement -

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.
- Advertisement -

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

GOW Ajak Wanita Payakumbuh Lakukan IVA Test

Dalam rangka antisipasi penyakit Kanker Serviks khususnya bagi wanita di Kota Payakumbuh, Gabungan Organinasi Wanita (GOW) Kota Payakumbuh mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test gratis di Puskesmas Padang Karambia. Selasa (26/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Maharnis Zul, Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan

Untuk meningkatkan Pariwisata di Kota Payakumbuh, Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Maharnis Zul, memboyong anggotanya di Komisi B ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2020. Dalam Kunjungan itu, ia meminta kepada jajaran dinas setempat untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan terhadap objek wisata Ngalau Indah.

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.
- Advertisement -