28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Tim Pengabdian Masyarakat Dari Kampus Unand Gelar Perlatihan Optimalisasi Berkoperasi Di Nagari Pariangan
T

Kategori -

Tanah Datar,BeritaSumbar.com,-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas, Padang yang diketuai oleh Ns. Boby Febri Krisdianto, S.Kep., M.Kep., menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan dengan tema “Optimalisasi Potensi Desa Wisata Nagari Pariangan Melalui Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Penerapan Protokol Kesehatan dan Berkoperasi” pada Rabu, 2 Juni 2021. Nagari Pariangan merupakan nagari di kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat; disebut juga sebagai Nagari Tuo Pariangan merupakan desa atau nagari paling tua yang menjadi cikal bakal rakyat Minangkabau. Nagari Pariangan pernah dinobatkan sebagai desa terindah di dunia oleh media ternama asal New York beberapa tahun lalu. Pariangan termasuk dalam daftar lima desa terindah di dunia versi Travel Buget disandingkan dengan Wengen di Swiss, Eze di Prancis, Niagara on The Lake di Kanada, dan Cesky Krumlov di Cekoslovakia. Terletak sekitar 95 kilometer arah utara ibu kota provinsi (Kota Padang), selain tanahnya subur dan berhawa sejuk, Pariangan berada di lereng Gunung Marapi.

Dalam penyuluhan tentang penerapan protokol kesehatan yang berfokus pada daerah wisata, Tim PKM F. Kep. Unand menghadirkan narasumber Ns. Feri Fernandes, S.Kep., M.Kep., seorang Dosen atau Akademisi dari Universitas Andalas. Sedangkan untuk pelatihan berkoperasi difasilitatori oleh Virtuous Setyaka, S.IP., M.Si., seorang Dosen atau Akademisi dari Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas yang juga Ketua Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM). Tim PKM F.Kep., Unand berharap melalui penyuluhan dan pelatihan yang pesertanya adalah masyarakat umum dan khususnya para pengelola tempat wisata di Nagari Pariangan.

Penyuluhan dan pelatihan yang diselenggarakan di Aula atau Ruang Pertemuan lantai 2 di Komplek Kantor Wali Nagari Pariangan itu dihadiri juga oleh para Perangkat Nagari dan Tokoh Masyarakat setempat. Para peserta sangat antusias ketika diskusi interaktif dengan narasumber dalam dua topik berbeda tapi saling melengkapi tersebut. Kebutuhan untuk peningkatan kesadaran dan kapasitas tersebut juga akan berdampak langsung pada peningkatan pendapatan atau penghasilan ekonomi melalui pengelolaan potensi wisata yang ada di sana.

Masyarakat di Nagari Pariangan sebelumnya sudah mengenal koperasi dan menyelenggarakan koperasi, namun koperasi simpan pinjam yang bernama Sandi Laweh. Meskipun sampai saat ini koperasi tersebut masih ada, namun terkendala dengan ketidaktaatan para anggotanya dalam mengembalikan pinjaman. Selain itu, koperasi tersebut juga sudah tiga tahun tidak menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan. Berbagai permasalahan yang dihadapi koperasi tersebut, dicoba untuk ditemukan solusinya secara bersama-sama dalam pelatihan tersebut.

Selain memfasilitasi untuk menemukan solusi, Virtuous Setyaka juga menyampaikan informasi tentang perlu dan pentingnya Koperasi Sandi Laweh untuk mengembangkan unit usaha dalam pengelolaan potensi wisata di sana. Koperasi wisata di Indonesia sudah ada dan semakin populer sejak tahun 2019 khususnya setelah adanya penetapan destinasi wisata premium di Indonesia oleh pemerintah. Selain itu, pada tahun 2020, Kementerian Koperasi dan UKM pun juga mendorong agar pengelolaan wisata yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian, penciptaan lapangan kerja, dan penghasil devisa negara; sebaiknya memang menjadikan koperasi sebagai basis kelola wisata.

Virtuous Setyaka

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.

Sering Konsumsi Narkoba Jenis Sabu,Pemuda Lintau Di Ciduk Polsek LBU

Sering Konsumsi Narkoba Jenis Sabu,Pemuda Lintau Di Ciduk Polsek LBUTanah Datar,Beritasumbar.com - Diduga sering mengkonsumsi narkoba jenis Sabu,seorang pemuda di Lintau diciduk Polsek Lintau Buo Utara Sabtu,10/07/2021 di warung milik Orang Tua Terduga

Pengadilan Negeri Batusangkar Sambut Dan Lantik Wakil Ketua Baru

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pengadilan Tinggi Kelas II Batusangkar sambut dan lantik Adek Nurhadi, S.H sebagai Wakil Ketua baru,Senin 28/06/2021 di ruangan persidangan pengadilan.

Serbuan Vaksinasi Nasional Di Wilayah Hukum Polsek Lintau Buo Utara Tingkatkan Animo Masyarakat.

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat,Polsek Lintau Buo bekerjasama dengan Dinas kesehatan selenggarakan Serbuan Vaksin Masal kepada Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo,Sabtu 26/06/2021 di dua puskesmas setempat.

Nyonya Lise Eka Putra Motivasi Masyarakat Dalam Vaksinasi Masal Saat HARGANAS

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menghadiri Hari Keluarga Nasional (HARGANAS), Nyonya Lise Eka Putra memotivasi masyarakat saat Vaksinasi masal di Puskesmas Lintau Buo Nagari Tigo Jangko,Kamis 24 Juni 2021.

Pengurus Pasar Serikat Balai Tangah Tersandung Masalah,Masyarakat dan Forkopimca Lakukan Rapat khusus

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pasca tersandung masalah terhadap ketua pengurus pasar Serikat Balai Tangah,akibat keterlibatan pengadaan buku untuk sekolah di Provinsi Gorontalo,masyarakat serta Niniak Mamak Nagari Balai Tangah lakukan rapat khusus dengan Camat dan Forkopimca, guna mengisi kekosongan pengurus pasar,Selasa 22 Juni 2021 di Aula Kecamatan Lintau Buo Utara

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.

Pengusaha Ikan salai Galuang Yang Belum Tersentuh Bantuan Pemda Tanah Datar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pengusaha mikro ikan salai atau yang dikenal juga dengan ikan asap di Dusun Galuang Jorong Melur Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara hingga kini belum tersentuh bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar dalam menghadapi pandemi Covid- 19.

Mega Proyek Di Tanah Datar Memprihatinkan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Mega Proyek yang di gadang gadangkan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah Kabupaten Tanah Datar khususnya di daerah Lintau IX Koto sangat memprihatinkan dalam pencapaian target pengerjaan.

XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo Nikmati Ramadhan Dengan Berbagi Takjil Gratis

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menikmati menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, siswa siswi XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo berbagi takjil gratis di Simpang Tugu Jorong Sawahan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo kepada pengendara,Rabu 05/05/2021.
- Advertisement -