BeritaSumbar.com,-Memiliki kulit yang bersih dan bersinar adalah idaman setiap wanita maupun pria. Namun kesibukan aktivitas terutama di luar ruangan, menyebabkan kulit terpapar sinar matahari secara langsung dan debu yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan kusam. Oleh karena itu, wajah perlu mendapat perawatan agar kulit tetap bersih dan bersinar. Tidak hanya pada siang hari, perawatan wajah pada malam hari pun penting dilakukan, seperti mencuci muka. Salah satu akibat yang ditimbulkan apabila tidak mencuci muka pada malam hari yaitu timbulnya acne (jerawat).

Acne atau jerawat adalah penyakit peradangan kronis folikel sebasea yang sering dikeluhkan dan merupakan penyakit kulit yang sudah dikenal luas. Jerawat bukanlah penyakit gawat darurat tetapi jerawat dapat menimbulkan krisis percaya diri terutama pada remaja dan dewasa muda (Hendarta & Rahma, 2013).

Penyebab utama jerawat belum diketahui secara pasti, namun faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat seperti genetik, trauma dan infeksi, hormon, obat-obatan, kosmetik, jenis kulit, psikis dan iklim. Keberhasilan pengobatan jerawat berhubungan dengan faktor-faktor seperti kepatuhan pengobatan, psikologis, perawatan kulit wajah dan biaya pengobatan. Menurut dr. Lili Legiawati perawatan kulit wajah merupakan poin penting dalam menunjang keberhasilan pengobatan acne (Hendarta & Rahma, 2013).

Sederhananya, masalah jerawat sebenarnya bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari pola makan dan hidup yang tidak sehat, malas mengganti sprei, sarung bantal dan guling, minuman atau makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan, penggunaan make up yang tidak cocok dengan jenis kulit dan yang paling sepele yang sering kita lakukan adalah kebiasaan malas mencuci muka pada malam hari.

Masalah jerawat tidak akan muncul pada masa puber saja. Wajah yang tidak dibersihkan akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan menjadi pemicu timbulnya jerawat. Terutama pada malam hari. Selama tidur, tubuh akan beristirahat dan memiliki waktu untuk melakukan proses regenerasi sel-sel yang rusak, termasuk sel-sel kulit. Membersihkan wajah pada malam hari menjadi salah satu faktor penting karena dapat mengeluarkan debu dan kotoran yang tersumbat pada wajah setelah beraktivitas seharian. Pori-pori wajah akan tertutup apabila kosmetik yang digunakan tidak bersih dengan sempurna yang mana ini akan meningkatkan resiko timbulnya jerawat.

Mendapatkan wajah sehat dan bebas dari masalah jerawat memang diperlukan usaha yang ekstra. Dengan rutin mencuci muka pada malam hari dapat melindungi kulit wajah dari akibat paparan sinar matahari, kuman dan debu selama beraktivitas seharian dan kulit akan ‘berterima kasih’ padamu sehingga kamu akan melihat hasilnya.

Oleh : Dina Tul Mardiyah (Pemerhati Kesehatan)

loading...