31 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Terkejut Langsung Sidang,Tergugat Perdata Merasa Di Jebak Pengadilan Negeri Batusangkar
T

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – Tergugat dalam sengketa perkara perdata Nomor 20/Pdt.G/2020/PN Bsk Tanggal 09 Oktober 2020,terkejut langsung di sidangkan laporan Pelapor atas gugatan sebidang tanah di Pengadilan Negeri Batusangkar.

H.Darwan selaku tergugat kepada Beritasumbar.com mengatakan,kami terkejut dan merasa di jebak karna saat sesampainya di Pengadilan Negeri Batusangkar,kami langsung di hadapkan dengan Majelis Hakim dan pengacara penggugat.

“Kami para tergugat memang menerima surat Relaas panggilan yang berisi pemanggilan pada hari Selasa,20/10/2020.”akan tetapi si pengantar surat tersebut mengatakan agenda untuk hari tersebut hanya mediasi saja.kami yang awam tentang hukum mengiyakan saja dan bersedia menghadirinya.

“Sesaat di panggil masuk ruang persidangan,saya mempertanyakan kepada majelis hakim,kenapa langsung di sidangkan bu hakim,lalu dia menjawab bapakkan sudah menerima surat pemanggilan katanya,lalu saya menjawab kalau seperti ini tanpa adanya mediasi kami merasa dijebak,akan tetapi saat itu sidang di tunda karena salah satu dari kami tidak hadir,untuk selanjutnya akan di sidangkan kembali pada hari selasa berikutnya.

“kami yang buta akan hukum ini mempertanyakan,apakah seperti itu tahapan persidangan di pengadilan,tidak adakah jalur yang bisa di tempuh di peradilan adat (KAN) terlebih dahulu,sebab tanah tersebut belum mempunyai sertifikat dan masih di kawasan niniak mamak.”sampainya.

Whendy Azwar,juru sita pengganti pengadilan Negeri Batusangkar saat di temui menyampaikan,memang benar pengadilan telah melakukan pemanggilan terhadap tergugat dengan objek sebidang tanah yang terletak di Nagari Tigo Jangko.”ucapnya.

“Akan tetapi penyampaian tergugat sepenuhnya belum bisa di respon.”ada tahapan – tahapan yang kita lakukan terlebih dahulu,seperti menerima laporan penggugat dan melakukan pemanggilan terhadap tergugat,setelah itu untuk memperoleh mediasi,pengadilan akan melakukan persidangan guna mempertemukan kedua belah pihak,”di saat persidangan itulah para hakim akan mengajukan tawaran untuk di mediasi,waktu dan tempatnya akan di putuskan majelis hakim bersama penggugat dan tergugat.

“Saya juga telah pernah menyampaikan kepada tergugat,bahwa saat persidangan kita akan lakukan mediasi dulu.”pada waktu sidang kemarin memang di tunda,karena salah satu dari tergugat tidak hadir dan akan di lakukan pemanggilan kembali pada,Selasa 27/10/2020″katanya.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img