25.2 C
Padang
Selasa, Januari 18, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Terapkan Layanan Adminduk Secara Online, Duo Sekda Kunjungi Dukcapil Padang Pariaman
T

Kategori -
- Advertisement -

Pariamanberitasumbar.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari dua sekretaris daerah pada Kamis (9/12). Dua Sekda tersebut, berasal dari Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi Ir.Endang Abdul Naser dan Sekretaris Daerah Kota Blitar Provinsi Jawa Timur Priyo Suhartono, S.Sos, M.Si.

Dua daerah melakukan kunjungan ke Pemkab Padang Pariaman yang populer Dukcapil Ceria dalam rangka benchmarking pelayanan publik administrasi kependudukan (Adminduk) secara online yang telah diterapkan sejak 2019.

Kedatangan kedua Sekretaris Daerah ini, diterima langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muhammad Fadhly. AP, MM didampingi oleh Sekretaris Dinas, Drs. Martoni, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasubag Umum dan Kepegawaian Rina Angriani, S.Kom, dan Kasi Identitas Penduduk Nelda Arliza, SE,  di Prisma Room Dukcapil Ceria. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Ir. Endang Abdul Naser menyampaikan maksud kunjungannya dalam pengelolaan layanan administrasi kependudukan, diperlukan peningkatan kualitas pelayanan dengan dukungan teknologi informasi.

Menurutnya Padang Pariaman merupakan referensi dalam pengelolaan layanan administrasi kependudukan yang didukung dengan penggunaan teknologi informasi.

“Tadi saya sudah melihat bagaimana proses pelayanan di Nagari Balah Aie Kecamatan VII Koto. Dalam diskusi bersama aparatur di nagari, tim disdukcapil menanyakan tentang pelaksanaan layanan online dan penggunaan aplikasi SIAK oleh Nagari. Kami juga telah mendengarkan penjelasan tentang tugas fungsi admin nagari dan pemanfaatan aplikasi SIAK dalam pelayanan Dukcapil Ceria Mobile maupun bagi penyelenggaraan Pemerintahan Nagari,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kota Blitar Priyo Suhartono dalam sambutannya  menyampaikan tentang keinginan untuk mendalami pengelolaan layanan administrasi kependudukan secara daring.

“Kunjungan kami ke Disdukcapil Padang Pariaman merupakan catatan rekomendasi dari Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakhrullah. Dimana beliau menyampaikan, untuk proses pengelolaan layanan bisa belajar kepada Dukcapil Padang Pariaman.” tuturnya.

Dalam pemaparan presentasi, Fadhly menjelaskan tentang perkembangan penerapan layanan adminduk berbasis teknologi informasi. Inovasi layanan ini dinamakan Nagari Go Digital (Nagita).

“Nagita dikembangkan berbasis web dan berbasis android. Pengembangan pelayanan dilakukan melalui kolaborasi bersama Pemerintah Nagari. Kolaborasi telah dilaksanakan bersama 103 Nagari sejak Oktober 2019,” ucap Fadhly. (Rel/Andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img