28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Tentang Pitih Sanang Dan PAP PLTA Koto Panjang Ini tanggapan Wakil ketua DPRD Riau
T

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Beredar berita tentang Pernyataan pemprov Riau mengenai Pajak Air Permukaan PLTA Koto Panjang Kampar menuai riak ditengah tengah toko masyarakat Sumbar khusus Limapuluh Kota. Apalagi disalah satu media online Riau membuat judul Sukses Putus Aliran Pitih Sanang Ke Sumbar Pimpinan DPRD Riau Apresiasi Komisi III.
Berbagai komentarpun dilontarkan para tokoh masyarakat Luak Limopuluah melalui media masa online maupun cetak. Seperti yang direlis BeritaSumbar pada Selasa 28/7 sore kemaren.

Baca Juga: Riau Klaim 100 Persen PAP PLTA Koto Panjang Masuk PAD Riau, Ini Tanggapan Tokoh Masyarakat Limapuluh Kota

Rabu 29/7 BeritaSumbar.com mencoba menghubungi Hardianto SE wakil ketua DPRD Riau yang namanya di tulis di media online tersebut untuk mekonfirmasi masalah perkataan Pitih Sanang dan PAP PLTA sudah 100 persen masuk PAD Riau.
Melalui sambungan telepon Hardianto SE Politisi dari Gerindra tersebut mengatakan tidak ada dia menyebut kata kata pitih sanang tersebut. Dan dia sendiri tidak pernah diwawancarai lansung oleh awak media yang membuat berita tentang sukses putus aliran pitih sanang ke Sumbar itu.
Hardianto mengaku baru tahu akan berita tersebut setelah dihubungi Irwan Patah salah seorang anggota DPRD Riau yang juga berasal dari Sumbar. Jujur saya pribadi tidak tahu arti pitih sanang. Baru diterangkan Bang Irwan saya tahu, Ujar hardianto. Dan hal itu sudah saya klarifikasi ke wartawan yang menulis berita itu lansung ujar hardianto.
Masalah Pajak Air Permukaan itu memang murni dari Perjuangan Komisi III DPRD Riau. Secara daerah kami sebagai wakil Rakyat Riau tentu memperjuangkan pemasukan buat daerah. Apalagi saat ini PAD provinsi Riau Menurun. tentu perlu kajian sumber baru untuk hal tersebut. cerita Wakil ketua DPRD Riau ini.
Salah satunya adalah dengan pemasukan melalui pajak. Mengingat Hamparan atau lokasi PLTA ada di Kabupaten Kampar tentu kami wakil rakyat Riau berjuang untuk bisa mendapatkan pemasukan buat Pendapatan Asli Daerah (PAD). Alhasil perjuangan ini direstui oleh kemendagri.
Dengan munculnya riak di Sumbar akan hal ini kita secara pribadi dan institusi DPRD Riau tadi pagi (Rabu 29/7) sudah komunikasi dengan Supardi Ketua DPRD Provinsi Sumbar. Dalam pembicaraan tersebut kita sampaikan tentang berita yang viral dari malam tadi. Sebelum berita tentang tanggapan warga Sumbar masalah PAP muncul kita memang baru usai bertemu Ketua DPRD Sumbar. Dan tidak ada membahas hal tersebut.
Dengan timbulnya gejolak ini kita lansung menawarkan kepada Pak Supardi untuk segera menyurati Pemrov dan DPRD Riau untuk duduk semeja membahas hal ini. Dan Ketua DPRD Sumbar inipun menyatakan siap untuk duduk semeja dan akan membahas hal ini bersama instasi terkait di Pemprov Sumbar. Tidak hanya soal Pajak Air Permukaan saja, tapi juga dampak lingkungan,dampak sosial kepada masyarakat sekitar waduk PLTA Koto Panjang ini, Serta sebagai sumber air waduk Sumbar tentu juga berhak atas Usaha PLTA ini. bagaimanpun PLTA ini adalah bisnis. Kita dari Riau siap untuk duduk semeja dengan pemprov Sumbar dalam membahas lanjutan. Juga siap membackup kepentingan Sumatera Barat sampai ke kementerian nantinya dalam memperjuangkan hak hak Warga Limapuluh Kota khususnya maupun Sumbar umumnya.
Bagaimanpun Riau Dan Sumbar daerah satu rumpun tidak akan mungkin terpisahkan dalam segala segi. Mari kita duduk satu meja membahas kepentingan daerah ini. Banyak yang bisa kita kerjasamakan dalam membangun daerah ini. Tutur Hardianto kepada BeritaSumbar.
Sementara itu Ady Surya SH MH praktisi hukum Sumbar meminta Bupati,DPRD Limapuluh Kota serta DPRD dan Gubernur Sumbar bergerak cepat dalam menindaklanjuti pelecehan hak Luak lima puluh kota ini. Hak Limapuluh Kota khususnya Sumbar pada umumnya harus di tuntut kepada PLN atas pengoperasian PLTA Kota Panjang yang sudah lama beroperasi ini.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.
- Advertisement -