30 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Tentang Pitih Sanang Dan PAP PLTA Koto Panjang Ini tanggapan Wakil ketua DPRD Riau
T

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Beredar berita tentang Pernyataan pemprov Riau mengenai Pajak Air Permukaan PLTA Koto Panjang Kampar menuai riak ditengah tengah toko masyarakat Sumbar khusus Limapuluh Kota. Apalagi disalah satu media online Riau membuat judul Sukses Putus Aliran Pitih Sanang Ke Sumbar Pimpinan DPRD Riau Apresiasi Komisi III.
Berbagai komentarpun dilontarkan para tokoh masyarakat Luak Limopuluah melalui media masa online maupun cetak. Seperti yang direlis BeritaSumbar pada Selasa 28/7 sore kemaren.

Baca Juga: Riau Klaim 100 Persen PAP PLTA Koto Panjang Masuk PAD Riau, Ini Tanggapan Tokoh Masyarakat Limapuluh Kota

Rabu 29/7 BeritaSumbar.com mencoba menghubungi Hardianto SE wakil ketua DPRD Riau yang namanya di tulis di media online tersebut untuk mekonfirmasi masalah perkataan Pitih Sanang dan PAP PLTA sudah 100 persen masuk PAD Riau.
Melalui sambungan telepon Hardianto SE Politisi dari Gerindra tersebut mengatakan tidak ada dia menyebut kata kata pitih sanang tersebut. Dan dia sendiri tidak pernah diwawancarai lansung oleh awak media yang membuat berita tentang sukses putus aliran pitih sanang ke Sumbar itu.
Hardianto mengaku baru tahu akan berita tersebut setelah dihubungi Irwan Patah salah seorang anggota DPRD Riau yang juga berasal dari Sumbar. Jujur saya pribadi tidak tahu arti pitih sanang. Baru diterangkan Bang Irwan saya tahu, Ujar hardianto. Dan hal itu sudah saya klarifikasi ke wartawan yang menulis berita itu lansung ujar hardianto.
Masalah Pajak Air Permukaan itu memang murni dari Perjuangan Komisi III DPRD Riau. Secara daerah kami sebagai wakil Rakyat Riau tentu memperjuangkan pemasukan buat daerah. Apalagi saat ini PAD provinsi Riau Menurun. tentu perlu kajian sumber baru untuk hal tersebut. cerita Wakil ketua DPRD Riau ini.
Salah satunya adalah dengan pemasukan melalui pajak. Mengingat Hamparan atau lokasi PLTA ada di Kabupaten Kampar tentu kami wakil rakyat Riau berjuang untuk bisa mendapatkan pemasukan buat Pendapatan Asli Daerah (PAD). Alhasil perjuangan ini direstui oleh kemendagri.
Dengan munculnya riak di Sumbar akan hal ini kita secara pribadi dan institusi DPRD Riau tadi pagi (Rabu 29/7) sudah komunikasi dengan Supardi Ketua DPRD Provinsi Sumbar. Dalam pembicaraan tersebut kita sampaikan tentang berita yang viral dari malam tadi. Sebelum berita tentang tanggapan warga Sumbar masalah PAP muncul kita memang baru usai bertemu Ketua DPRD Sumbar. Dan tidak ada membahas hal tersebut.
Dengan timbulnya gejolak ini kita lansung menawarkan kepada Pak Supardi untuk segera menyurati Pemrov dan DPRD Riau untuk duduk semeja membahas hal ini. Dan Ketua DPRD Sumbar inipun menyatakan siap untuk duduk semeja dan akan membahas hal ini bersama instasi terkait di Pemprov Sumbar. Tidak hanya soal Pajak Air Permukaan saja, tapi juga dampak lingkungan,dampak sosial kepada masyarakat sekitar waduk PLTA Koto Panjang ini, Serta sebagai sumber air waduk Sumbar tentu juga berhak atas Usaha PLTA ini. bagaimanpun PLTA ini adalah bisnis. Kita dari Riau siap untuk duduk semeja dengan pemprov Sumbar dalam membahas lanjutan. Juga siap membackup kepentingan Sumatera Barat sampai ke kementerian nantinya dalam memperjuangkan hak hak Warga Limapuluh Kota khususnya maupun Sumbar umumnya.
Bagaimanpun Riau Dan Sumbar daerah satu rumpun tidak akan mungkin terpisahkan dalam segala segi. Mari kita duduk satu meja membahas kepentingan daerah ini. Banyak yang bisa kita kerjasamakan dalam membangun daerah ini. Tutur Hardianto kepada BeritaSumbar.
Sementara itu Ady Surya SH MH praktisi hukum Sumbar meminta Bupati,DPRD Limapuluh Kota serta DPRD dan Gubernur Sumbar bergerak cepat dalam menindaklanjuti pelecehan hak Luak lima puluh kota ini. Hak Limapuluh Kota khususnya Sumbar pada umumnya harus di tuntut kepada PLN atas pengoperasian PLTA Kota Panjang yang sudah lama beroperasi ini.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.
- Advertisement -

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.
- Advertisement -