26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Temu Lapang Keltan Al-Falah Diapresiasi Walikota
T

Kategori -

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perikanan dan Peternakan menggandeng Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat, menyelenggarakan kegiatan Temu Lapang bagi Kelompok Tani Ternak “Al-Falah” Kelurahan Subarang Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (10/12).

Kepala Dinas Perikanan & Peternakan,  Depi Sastra, di Balaikota Payakumbuh, Jum’at (12/12), mengatakan, kegiatan  percepatan pemasyarakatan teknologi sistim usaha terpadu Sapi-Kakao dengan konsep ramah lingkungan BIO (Bio Cycle Farming) dihadiri langsung Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Kepala BPTP Sumbar diwakili Prof. DR. Abdullah Bamualim, M.Sc, dan Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian dan Kehutanan (Bakorluh) Sumbar, Siti Rahmah.

Dalam acara ini juga hadir, Camat Payakumbuh Barat diwakili Kasi Ekbang Ujang Mustafa, Lurah Subarang Batuang Gusmardi, LPM, Ketua Keltan Ternak Al-Falah Indra Mardion  dan Anggota serta Pemuka Masyarakat setempat di antaranya tampak Syukri Yusuf dan sejumlah undangan lainnya.

Kelompok Tani Ternak Al Falah,  adalah penerima  bantuan program Satu Sapi Satu Petani sebanyak 11 ekor, dari Gubernur Sumatera Barat, dengan sistem bagi hasil. Sapi, sudah dikembalikan kelompok dan sekarang seluruh sapi sudah menjadi milik keltan, sebut ketua kelompok Indra Mardion.

Sekarang ini, keltan yang memiliki 16 anggota ini punya 51 sapi simental, dibeli dari bantuan dari Pemprov Sumbar tahun 2014, sebesar  Rp450 juta dari Rp501.750.000 bantuan yang diterima. Menurutnya, sisa bantuan Rp51 juta buat penunjang program peternakan. Tahun ini juga, keltan ini juga beroleh bantuan ULIP (Unit Layanan Inseminasi Buatan) sebesar Rp56.500.000.

Kepala BPTP Sumbar Abdullah Bamualim menjelaskan dipilihnya Kelurahan Subarang Batuang Payakumbuh Barat sebagai kegiatan Temu Lapang adalah dikarenakan komitmen Pemko yang sangat kuat terhadap program ini.

Dikatakan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memasyarakatan Teknologi sistim usahatani terpadu “Sapi-Kakao” dengan konsep ramah lingkungan (Bio Cycle Farming) ditingkat pengguna kemudian untuk mengetahui aspek teknik dan ekonomi teknologi sistim usaha tani terpadu.

Lebih jauh disebutkannya kulit buah kakao sebelumnya menjadi masalah oleh petani namun dari hasil penelitian yang sudah diterapka beberapa waktu lalu di Kabupaten Tanah Datar ternyata kulit kakao disukai sapi begitu juga dengan jerami padi setelah di Fermentasi menghasilkan pupuk organic ,dengan pemanfaatan teknologi ini akan dapat meningkatkan produksi ternak dan tanaman sehingga meningkatkanekonomi masyarakat, simpulnya.

Walikota Riza Falepi sangat memgapresiasi terselenggaranya kegiatan temu lapang ini karena sangat membantu Pemko dalam usaha meningkatkan ekonomi masyarakat dan kita berharap kegiatan serupa agar terus dilakukan pada kelompok-kelompok tani lainnya.

Walikota sangat mendukung sekali termasuk anggarannya akan diperhatikan, guna mendorong masyarakat terhadap usaha-usaha yang memproduksi dan produktif yang pada gilirannya buat mensejahterakan masyarakat terutama petaninya, ujar Riza Falepi.

Terakhir Walikota mengucapkan terima kasih kepada BPTP Sumbar, Kadis Perikanan & Peternakan dan jajarannya dan  Kelompok Tani Ternak Al-Falah serta semua pihak yangbtelah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

Sementara itu Ketua Kelompok Ternak Al-Falah Indra Mardion menyebutkan sejak berdirinya Kelompok ini sejak 2008 , yang bergerak dibidang pengelolaan Sapi terus dibina Dinas Perikanan & Peternakan dan diberi bantuan, saat ini sudah mampu meraup keuntungan sebanyak Rp.358 juta dan uang ini 80 % dimanfaatkan buat Anggota Kelompok 20 % lagi buat pengembangan kelompok Al-Falah.

Oleh karena itu Indra atas nama kelompok Ternak dan mewakili Warga Parak Batuang mengucapkan terima kasih kepada Walikota Payakumbuh, BPTP dan Dinas Perikanan & Peternakan yyang telah memberi  perhatian  yang luar biasa sehingga pendapatan dan ekonomi kami semakin meningkat.

Disamping itu dalam Temu Lapang ini kami mendapat pengalaman dan ilmu dibidang teknologi Pertanian diantaranya pelatihan pemanfaatan limbah kulit buah Kakao untuk pakan ternak, Pengelolaan limbah kotoran Sapi menjadi Kompos dan Biogas dan Pemanfaatan pupuk organic dalam pemeliharaan tanaman Kakao, ujar Indra.

Acara tersebut ditandai dengan pelepasan perdana Produksi pupuk organic oleh KWT Plamboyan yang didahului penandatanganan oleh Walikota Riza Falepi dan selanjutnya diserahkan kepada Ketua Kelompok Ternak Indra Mardion untuk setersnya diterima KWT Plamboyan Kelurahan setempat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Percepatan Pembangunan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Menindaklanjuti over capacity yang dialami Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh, Gubernur Mahyeldi tengah mempersiapkan eksekusi perluasan sell landfill baru guna memenuhi kebutuhan penampungan dan pengolahan sampah.
- Advertisement -

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Lapas Padang dan Polresta Padang Sinergi Dalam Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba

Padang,BeritaSumbar.com,-- Dalam rangka wujudkan komitmen Zero Narkoba, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang Era Wiharto lakukan sinergi bersama Sat Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengungkap jaringan peredaran narkoba yang melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP).
- Advertisement -

Peningkatan Hasil Produksi di Sektor Pertanian, Bupati Safaruddin Serahkan Alsintan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian tahap I sebanyak 53 dari 116 alat-alat pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan yang bersumber dari hibah Kementerian Pertanian RI diserahkan kepada kelompok tani penerima manfaat yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Pemko Bukittinggi Goro Bersama Bersihkan Gorong-Gorong Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menggelar aksi gotong-royong (goro) bersama masyarakat pedagang Pasar Bawah membersihkan gorong-gorong disekitar pasar tersebut, Kamis (16/9/2021). "Seluruh Kepala...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -