30 C
Padang
Selasa, Maret 9, 2021
Beritasumbar.com

Temu Lapang Keltan Al-Falah Diapresiasi Walikota
T

Kategori -

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perikanan dan Peternakan menggandeng Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat, menyelenggarakan kegiatan Temu Lapang bagi Kelompok Tani Ternak “Al-Falah” Kelurahan Subarang Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (10/12).

Kepala Dinas Perikanan & Peternakan,  Depi Sastra, di Balaikota Payakumbuh, Jum’at (12/12), mengatakan, kegiatan  percepatan pemasyarakatan teknologi sistim usaha terpadu Sapi-Kakao dengan konsep ramah lingkungan BIO (Bio Cycle Farming) dihadiri langsung Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Kepala BPTP Sumbar diwakili Prof. DR. Abdullah Bamualim, M.Sc, dan Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian dan Kehutanan (Bakorluh) Sumbar, Siti Rahmah.

Dalam acara ini juga hadir, Camat Payakumbuh Barat diwakili Kasi Ekbang Ujang Mustafa, Lurah Subarang Batuang Gusmardi, LPM, Ketua Keltan Ternak Al-Falah Indra Mardion  dan Anggota serta Pemuka Masyarakat setempat di antaranya tampak Syukri Yusuf dan sejumlah undangan lainnya.

Kelompok Tani Ternak Al Falah,  adalah penerima  bantuan program Satu Sapi Satu Petani sebanyak 11 ekor, dari Gubernur Sumatera Barat, dengan sistem bagi hasil. Sapi, sudah dikembalikan kelompok dan sekarang seluruh sapi sudah menjadi milik keltan, sebut ketua kelompok Indra Mardion.

Sekarang ini, keltan yang memiliki 16 anggota ini punya 51 sapi simental, dibeli dari bantuan dari Pemprov Sumbar tahun 2014, sebesar  Rp450 juta dari Rp501.750.000 bantuan yang diterima. Menurutnya, sisa bantuan Rp51 juta buat penunjang program peternakan. Tahun ini juga, keltan ini juga beroleh bantuan ULIP (Unit Layanan Inseminasi Buatan) sebesar Rp56.500.000.

Kepala BPTP Sumbar Abdullah Bamualim menjelaskan dipilihnya Kelurahan Subarang Batuang Payakumbuh Barat sebagai kegiatan Temu Lapang adalah dikarenakan komitmen Pemko yang sangat kuat terhadap program ini.

Dikatakan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memasyarakatan Teknologi sistim usahatani terpadu “Sapi-Kakao” dengan konsep ramah lingkungan (Bio Cycle Farming) ditingkat pengguna kemudian untuk mengetahui aspek teknik dan ekonomi teknologi sistim usaha tani terpadu.

Lebih jauh disebutkannya kulit buah kakao sebelumnya menjadi masalah oleh petani namun dari hasil penelitian yang sudah diterapka beberapa waktu lalu di Kabupaten Tanah Datar ternyata kulit kakao disukai sapi begitu juga dengan jerami padi setelah di Fermentasi menghasilkan pupuk organic ,dengan pemanfaatan teknologi ini akan dapat meningkatkan produksi ternak dan tanaman sehingga meningkatkanekonomi masyarakat, simpulnya.

Walikota Riza Falepi sangat memgapresiasi terselenggaranya kegiatan temu lapang ini karena sangat membantu Pemko dalam usaha meningkatkan ekonomi masyarakat dan kita berharap kegiatan serupa agar terus dilakukan pada kelompok-kelompok tani lainnya.

Walikota sangat mendukung sekali termasuk anggarannya akan diperhatikan, guna mendorong masyarakat terhadap usaha-usaha yang memproduksi dan produktif yang pada gilirannya buat mensejahterakan masyarakat terutama petaninya, ujar Riza Falepi.

Terakhir Walikota mengucapkan terima kasih kepada BPTP Sumbar, Kadis Perikanan & Peternakan dan jajarannya dan  Kelompok Tani Ternak Al-Falah serta semua pihak yangbtelah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

Sementara itu Ketua Kelompok Ternak Al-Falah Indra Mardion menyebutkan sejak berdirinya Kelompok ini sejak 2008 , yang bergerak dibidang pengelolaan Sapi terus dibina Dinas Perikanan & Peternakan dan diberi bantuan, saat ini sudah mampu meraup keuntungan sebanyak Rp.358 juta dan uang ini 80 % dimanfaatkan buat Anggota Kelompok 20 % lagi buat pengembangan kelompok Al-Falah.

Oleh karena itu Indra atas nama kelompok Ternak dan mewakili Warga Parak Batuang mengucapkan terima kasih kepada Walikota Payakumbuh, BPTP dan Dinas Perikanan & Peternakan yyang telah memberi  perhatian  yang luar biasa sehingga pendapatan dan ekonomi kami semakin meningkat.

Disamping itu dalam Temu Lapang ini kami mendapat pengalaman dan ilmu dibidang teknologi Pertanian diantaranya pelatihan pemanfaatan limbah kulit buah Kakao untuk pakan ternak, Pengelolaan limbah kotoran Sapi menjadi Kompos dan Biogas dan Pemanfaatan pupuk organic dalam pemeliharaan tanaman Kakao, ujar Indra.

Acara tersebut ditandai dengan pelepasan perdana Produksi pupuk organic oleh KWT Plamboyan yang didahului penandatanganan oleh Walikota Riza Falepi dan selanjutnya diserahkan kepada Ketua Kelompok Ternak Indra Mardion untuk setersnya diterima KWT Plamboyan Kelurahan setempat.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bersama IKAB Pessel, Wabup Sambut Kunjungan IKAB Kota Palembang

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Jarak bukan menjadi halangan dalam menjalin Silaturrahmi, ini dilakukan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB) Kota Palembang, dengan Ikatan Keluarga Agam Bukit Tinggi ( IKAB), Kabupaten Pesisir Selatan. Kemarin, Minggu (7/3) kemaren.
- Advertisement -

Mahyeldi : Hindari Hoax untuk Pembangunan Sumbar yang Kondusif

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebagai mitra strategis pemerintah, media massa diharapkan bisa berperan aktif dalam menciptakan suasana kondusif untuk menunjang pembangunan di Sumbar, yang pada gilirannya berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...
- Advertisement -

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

SLB Negeri 1 Padang Lakukan Ujian Akhir Satuan Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

HWK Sumbar Tampil di Konser Minang Bersuara II bersama Seniman dari 5 Negara

PADANG (BeritaSumbar.com)– Eksplorasi seni dan budaya dapat menjadi salah satu cara mengatasi banyak permasalahan. Seni dan budaya juga bermanfaat untuk menyukseskan program Pemerintah dalam...

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Harmonisasi Kepala Daerah, Ketua DPRD Lima Puluh Kota: Jangan Seperti Bupati-Wabup Sebelumnya

Sarilamak, beritasumbar.com - Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra agar pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin, Dt Bandari Rajo dan...

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...
- Advertisement -