28 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Teknologi dan Fungsi Wiraswasta
T

- Advertisement -

Oleh: Syaiful Anwar, S.E., M.Si

(Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh)

Pengaruh teknologi dapat terlihat melalui perubahan-perubahan fungsi produksi. Hal ini merupakan salah satu unsur untuk membedakan antara Negara yang sudah maju dengan Negara yang relatif kurang maju. Dalam Negara yang relatif kurang maju perbedaan atau jarak antara kemungkinan-kemungkinan teknologi dan praktik-praktik kaum pengusaha jauh lebih sedikit dari pada di negara-negara yang kurang maju.

Pengertian Teknologi

Teknologi adalah suatu perubahan dalam berbagai produksi yang nampak dalam teknik produksi yang ada. Perubahan-perubahan teknik untuk pertumbuhan ekonomi yaitu setiap perubahan dalam metode produksi yang telah digunakan dalam produksi atau usaha-usaha lain. Jadi, perubahan teknologi (technological change) termasuk perubahan dalam produksi dalam suatu kegiatan tertentu yang dapat menambah dengan hasil dengan input tertentu. Perubahan teknologi dalam arti luasnya termasuk berbagai variasi dalam macam barang capital, kualitas buruh atau organisasi dari faktor-faktor produksi. Misalnya para petani menggunakan benih yang lebih baik atau mengganti bajaknya dengan traktor. Sehingga kekurangan tenaga ahli di negara berkembang membatasi penyebaran teknolgi. Disamping itu juga terdapat kesulitan bahasa dalam menjelaskan teknik yang baru itu ataupun tidak adannya devisa untuk membeli buku-buku baru, dan sebagainya. Akumulasi pengetahuan yang akan mengembangkan kombinasi dan hubungan antara faktor-faktor yang baru. Di negara barat lainnya, kegiatan ini berpusat di departemen-departemen yang besar bersama-sama dengan penelitian yang besar juga diawasi maupun dikoordinasi lewat badan-badan pemerintah. Di Indonesia sejak Repelita II mempunyai Menteri Riset dan Teknologi.

Penyebaran Teknologi

Penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini lebih mudah dengan dari pada masa yang lalu. Kurangnya tenaga ahli di negara berkembang membatasi penyebaran teknologi. Disamping itu juga ada kesulitan bahasa dalam menjelaskan teknik yang baru itu ataupun juga tidak mempunyai devisa untuk membeli buku-buku pengetahuan yang paling baru dan sebagainya.

Negara berkembang lebih mudah untuk meniru teknologi yang lebih tinggi tingkatanya dari Negara maju. Namun, peranan riset perlu sedapat mungkin memperbaiki dan menyesuaikan dengan Negara tersebut. Saat terjadinya invensi berhubungan erat dengan keadaan ekonomi, kebudayaan serta adapt istiadat.

Meier berpendapat bahwa terjadinya invensi yang besar pada revolusi industri disebabkan karena adanya kebutuhan yang secara ekonomis menyebabkan invensi  dan karena keadaan masyarakat yang waktu itu menguntungkan buat adanya perkembangan. Dorongan ekonomis untuk mengadakan invensi dapat digolongkan sebagai keinginan untuk mengambil bagian dalam pasar yang makin luas, memecahkan persoalan produksi yang praktis dengan cara baru dan mengambil keuntungan dari perubahan dalam faktor harga. Agar dapat behasil maka pemerintah maupun industri perlu mensistematiskan penelitian untuk hasil-hasil produksi dan proses invensinya. Sehingga akumulasi ilmu pengetahuan yang ada mengembangkan kombinasi dan hubungan antar faktor-faktor yang baru.

Fungsi Wiraswasta

Perkembangan ekonomi merupakan hasil penerapan teknologi, maka haruslah ada seseorang atau sekelompok orang yang berbuat untuk menerapkan kombinasi-kombinasi baru sumber-sumber produksi untuk kegiatan-kegiatan produktif. Perbuatan ini menunjukkan suatu inovasi yang disebut entrepreneurial function (sebagai fungsi wiraswasta). Fungsi wiraswasta dalam arti luas harus dapat diartikan dalam segala keadaan, dapat dalam keadaan masyarakat kapitalis, sosialis ataupun pembangunan ekonomi pada umumnya.

Sedangkan fungsi wiraswasta dalam arti sempit hanya terbatas dalam inovasi. Misalnnya: mengkombinasikan faktor-faktor produksi baru. Inovasi dalam tata laksana kantor atau personal juga diperlukan untuk menanggapi penggunaan  teknik tersebut, yaitu dengan menemukan perlunya suatu disiplin tertentu. Juga inovasi dalam perencanaan produksi untuk penggunaan alternatif dari tenaga kerja dan kapital menggunakan alternatif tenaga kerja dan kapital seandainya impor barang-barang impor setengah jadi itu terganggu. Hasil yang kumulatif dalam perekonomian dari inovasi yang kecil-kecil ini akan menaikkan produktivitas dan bersama-sama penyebaranya menghadapi masalah ketidaksempurnaan pasar tidak dapat dilupakan dalam menilai atau menimbang fungsi wiraswasta tersebut.

#SyaifulAnwar #Unand #Payakumbuh

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img