28 C
Padang
Rabu, Juni 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sumbar Expo untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
S

Kategori -
- Advertisement -

Jakarta – Sumbar Expo 2013 resmi dilaunching. Meski hujan sempat mengguyur Jakarta, antusias pengunjung untuk menyaksikan beragam potensi Sumbar tetap tinggi.

Ratusan pengunjung telah datang sejak Kamis (14/11) siang meski acara dibuka pukul 19.00 WIB. Sumbar Expo berlangsung selama 4 hari di Parkir Timur Senayan. Selain pameran, ada juga karnaval, fashion show dan rentetan acara yang menarik.

Jumlah peserta tahun ini meningkat dari tahun lalu, tahun ini diikuti 58 peserta dan 18 kabupaten/kota, BUMN dan perusahaan swasta. Jumlah itu belum termasuk stand makanan.
Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikan, iven Sumbar Expo merupakan salah satu strategi Pemprov Sumbar untuk mengembangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kita menyadari potensi sumberdaya alam kita kalah dengan Provinsi Riau, Sumsel dan lainnya. Namun kita memiliki potensi lain yang tidak kalah membawa keuntungan dan kesejahteraan masyarakata, yaitu SDM dan keindahan alam untuk wisata Sumbar.

Selain itu kita juga memiliki keunikan dan kekhasan wisata kuliner yang disukai banyak orang. Rendang dengan kekhasan rasanya juga menjadi makanan terlezat di dunia. Untuk memacu potensi tersebut, kita perlu sesuatu yan berkaitan dengan kegiatan promosi potensi yang ada. Kegiatan Sumbar Expo ini tentu mampu memberikan jawaban dalam mengkondisikan kedatangan wisatawan dan masuknya investasi untuk meningkatkan pembangunan daerah.

Untuk wisatawan, kita saat ini telah mentarget 10 ribu orang untuk tahun ini. Hotel dan lokasi-lokasi wisata telah mendapat perhatian dan penataan yang lebih baik dari tahun ke tahun dari pemkab/ko se-Sumatera Barat. Diharapkan wisatawan makin banyak datang dan investasi juga makin besar, ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya saat pembukaan Sumbar Expo.
Irwan Prayitno juga menyampaikan, Sumbar tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, untuk itu perlu memberdayakan sumber daya manusia yang ada. Seperti hasil seni, kuliner, ekonomi kreatif dan lainnya. Pemprov Sumbar melakukan promosi tidak saja dari dalam negeri, tapi ke beberapa negara. Hasilnya sudah ada beberapa investasi yang berjalan, dan ada yang sudah MoU.
Sumbar Expo ke-3 kali ini menyajikan berbagai potensi beberapa kabupaten di Sumbar, seperti makanan, pakaian, dan kreatifitas khas Minang. Kita juga memberikan apresiasi kepada beberapa daerah tetangga yang ikut serta ambil bagian dalam kegiatan Sumbar Ekpo ini antara lain stand asal Kalimantan dan Jambi, ujarnya
Wakil Ketua Gebu Minang Zulhendri Chaniago memuji peningkatan kualitas penyelenggaraan Sumbar Expo tahun ini. Menurutnya, penataan lokasi stand dan perencanaan lebih rapi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img