23 C
Padang
Kamis, April 22, 2021
Beritasumbar.com

Puluhan Ribu Pengunjung Saksikan Iven Hoyak Tabuik
P

Kategori -

Pariaman – Puluhan ribu pengunjung memadati Kota Pariaman untuk menyaksikan prosesi puncak Pesta Budaya Tabuik Piaman 2013, Minggu (17/11/2013). Keramaian sudah tampak dari Simpang Tugu Tabuik, Lapangan Merdeka, Pasar Pariaman hingga sepanjang Pantai Gandoriah tumpah ruah menyaksikan tabuik dibuang kelaut.

Rangkaian prosesi tabuik ini sudah dimulai sejak tanggal 5 November 2013 lalu bertepatan dengan tanggal 1 muharram, dilaksanakan selama 13 (tiga belas) hari sampai prosesi hoyak tabuik dan tabuik dibuang kelaut.

Hadir pada saat prosesi itu Ketua DPD RI Irman Gusman, Anggota DPD RI Ema Yohana, Anggota DPR RI Taslim dan Mulyadi, Dirjen Ekonomi Kreatif Kementrian Pariwisata RI Hery Waluyo. Tak hanya tamu nasional, tamu internasional juga hadir Konsulat Budaya Kedubes Iran untuk Indonesia Hojatullah Ibrahim dan Presiden Malaysia Youth Hotel Asociation (MYHA) Khairul Anwar Mansor.

Selain itu juga hadir Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Ketua DPRD Kota Pariaman, Ibnu Hajar, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Asisten I Provinsi Sumbar Sudirman Gani serta sejumlah tokoh rantau lainnya.

Irman Gusman mengatakan, kedepan hendaknya iven tabuik ini dikemas lebih menarik dan haruis mendapat promosi yang maksimal sehingga pengunjungnya tidak hanya lokal, namun lebih menasional bahkan Internasional.

“Tabuik ini merupakan satu-satunya budaya yang unik di Sumatera Barat. Jika dikemas lebih baik dengan promosi yang maksimal tabuik akan menjadi iven pariwisata nasional, bahkan internasional,” ujar Gusman.

Menurutnya, d luar negeri sana, pesta bunga bisa menjadi iven yang menarik wisatawan mancanegara. Sementara tabuik ini jauh lebih baik dari festival bunga, sehingga ke depan jika dipromosikan secara maksimal, iven ini bisa menjadi iven internasional.

Irman juga mengapresiasi adanya tampilan kesenian tradisional yang luar biasa apalagi dikemas dengan music orchestra. Lentik jari penari dan empat tampilan tarian tradisional tersebut menurutnya sangat bagus. Ia menyebut tarian tersebut pantas dibawa dalam pesta kebudayaan internasional. Karena sangat menarik namun tetap mengemasnya dalam bentuk tarian tradisional.

Konsulat Budaya Kedubes Iran untuk Indonesia Hojatullah Ibrahim menyebutkan pesta budaya tabuik ini sangat menarik. Pesta budaya ini sekaligus bukti cinta umat Islam kepada keluarga Baginda Rasulullah SAW. Meski berbeda dengan peringatan 1 Muharram di Iran, namun intinya sama sebagai upaya mengenang cucu Rasulullah SAW.

“Sehingga tabuik ini menjadi sangat menarik bagi saya. Terpikir bagi kami untuk melakukan kerjasama dengan Kota Pariaman dalam bentuk sister city. Sehingga nantinya kami membawa warga Iran untuk mengunjungi Pesta Budaya Tabuik Pariaman dan sebaliknya,”ujarnya.

Dirjen Ekonomi Kreatif Kementrian Pariwisata RI Hery Waluyo dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan ini menyebutkan sangat mengapresiasi tampilan pesta budaya tabuik Pariaman. Menurutnya pesta tabuik sudah masuk kalender nasional. Diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman.

Sementara itu Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menegaskan bahwa tabuik ini adalah tabuik budaya, bukan mengikut ajaran agama tertentu. Hal ini sekaligus untuk membantah banyaknya isu yang berkembang menyebutkan bahwa festival budaya tabuik ini mengandung ajaran Syiah.

“Pesta ini merupakan pesta budaya yang sudah berlangsung sejak lama, bukan mengikuti ajaran agama tertentu. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mengikuti festival budaya tabuik ini,”ujarnya.

Wako juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya festival budaya tabuik. Kedepan pesta ini diharapkan menjadi pesta budaya yang juga mendatangkan wisatawan mancanegara. Disamping juga terus berinovasi membuat paket-paket wisata dan iven bulanan, sehingga tabuik tidak hanya ramai saat festival budaya tabuik.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.

Tentang Kompensasi Lahan Di PLTMH, Ini Komentar Walinagari Tanjuang Bonai

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Proses ganti rugi tanaman dilahan masyarakat yang telah ada proses pembayaran sebelumnya,di wilayah kerja pengembangan Perusahaan Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara,diduga ada permainan tidak sehat antara pemilik lahan dan salah satu lembaga nagari terhadap Ikhwan Mega Power (IMP) selaku pengembang proyek Kalo Kalo dengan pembiayaan Penanaman Modal Asing (PMA).
- Advertisement -

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap

Chairul Anwar Kunjungi Balai Wartawan Luak Limopuluah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pilkada Kota Payakumbuh tidak jadi dihelat tahun depan. Pilkada Serentak baru akan digelar tahun 2024 mendatang. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat para kandidat yang ingin maju di pilkada Kota Payakumbuh mendatang untuk sosialisasi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -