30 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Puluhan Ribu Pengunjung Saksikan Iven Hoyak Tabuik
P

Kategori -

Pariaman – Puluhan ribu pengunjung memadati Kota Pariaman untuk menyaksikan prosesi puncak Pesta Budaya Tabuik Piaman 2013, Minggu (17/11/2013). Keramaian sudah tampak dari Simpang Tugu Tabuik, Lapangan Merdeka, Pasar Pariaman hingga sepanjang Pantai Gandoriah tumpah ruah menyaksikan tabuik dibuang kelaut.

Rangkaian prosesi tabuik ini sudah dimulai sejak tanggal 5 November 2013 lalu bertepatan dengan tanggal 1 muharram, dilaksanakan selama 13 (tiga belas) hari sampai prosesi hoyak tabuik dan tabuik dibuang kelaut.

Hadir pada saat prosesi itu Ketua DPD RI Irman Gusman, Anggota DPD RI Ema Yohana, Anggota DPR RI Taslim dan Mulyadi, Dirjen Ekonomi Kreatif Kementrian Pariwisata RI Hery Waluyo. Tak hanya tamu nasional, tamu internasional juga hadir Konsulat Budaya Kedubes Iran untuk Indonesia Hojatullah Ibrahim dan Presiden Malaysia Youth Hotel Asociation (MYHA) Khairul Anwar Mansor.

Selain itu juga hadir Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Ketua DPRD Kota Pariaman, Ibnu Hajar, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Asisten I Provinsi Sumbar Sudirman Gani serta sejumlah tokoh rantau lainnya.

Irman Gusman mengatakan, kedepan hendaknya iven tabuik ini dikemas lebih menarik dan haruis mendapat promosi yang maksimal sehingga pengunjungnya tidak hanya lokal, namun lebih menasional bahkan Internasional.

“Tabuik ini merupakan satu-satunya budaya yang unik di Sumatera Barat. Jika dikemas lebih baik dengan promosi yang maksimal tabuik akan menjadi iven pariwisata nasional, bahkan internasional,” ujar Gusman.

Menurutnya, d luar negeri sana, pesta bunga bisa menjadi iven yang menarik wisatawan mancanegara. Sementara tabuik ini jauh lebih baik dari festival bunga, sehingga ke depan jika dipromosikan secara maksimal, iven ini bisa menjadi iven internasional.

Irman juga mengapresiasi adanya tampilan kesenian tradisional yang luar biasa apalagi dikemas dengan music orchestra. Lentik jari penari dan empat tampilan tarian tradisional tersebut menurutnya sangat bagus. Ia menyebut tarian tersebut pantas dibawa dalam pesta kebudayaan internasional. Karena sangat menarik namun tetap mengemasnya dalam bentuk tarian tradisional.

Konsulat Budaya Kedubes Iran untuk Indonesia Hojatullah Ibrahim menyebutkan pesta budaya tabuik ini sangat menarik. Pesta budaya ini sekaligus bukti cinta umat Islam kepada keluarga Baginda Rasulullah SAW. Meski berbeda dengan peringatan 1 Muharram di Iran, namun intinya sama sebagai upaya mengenang cucu Rasulullah SAW.

“Sehingga tabuik ini menjadi sangat menarik bagi saya. Terpikir bagi kami untuk melakukan kerjasama dengan Kota Pariaman dalam bentuk sister city. Sehingga nantinya kami membawa warga Iran untuk mengunjungi Pesta Budaya Tabuik Pariaman dan sebaliknya,”ujarnya.

Dirjen Ekonomi Kreatif Kementrian Pariwisata RI Hery Waluyo dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan ini menyebutkan sangat mengapresiasi tampilan pesta budaya tabuik Pariaman. Menurutnya pesta tabuik sudah masuk kalender nasional. Diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman.

Sementara itu Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menegaskan bahwa tabuik ini adalah tabuik budaya, bukan mengikut ajaran agama tertentu. Hal ini sekaligus untuk membantah banyaknya isu yang berkembang menyebutkan bahwa festival budaya tabuik ini mengandung ajaran Syiah.

“Pesta ini merupakan pesta budaya yang sudah berlangsung sejak lama, bukan mengikuti ajaran agama tertentu. Sehingga tidak perlu khawatir untuk mengikuti festival budaya tabuik ini,”ujarnya.

Wako juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya festival budaya tabuik. Kedepan pesta ini diharapkan menjadi pesta budaya yang juga mendatangkan wisatawan mancanegara. Disamping juga terus berinovasi membuat paket-paket wisata dan iven bulanan, sehingga tabuik tidak hanya ramai saat festival budaya tabuik.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.
- Advertisement -

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Buntut Tertangkapnya Pembunuh OK, Warga Tanjung Gadang Datangi Mapolres

Buntut dari penangkapan tersangka pembunuhan Ok, Warga Nagari Tanjung Gadang mendatangi Mapolres Sijunjung, Rabu (20/1).
- Advertisement -

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -