24.6 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Subbet Makanan Khas Kepulauaan Mentawan Berbahan Dasar Keladi
S

Kategori -
- Advertisement -

Berkunjung ke Kepulauaan Mentawai jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya Subbet. Subbet merupakan makanan berbahan dasar keladi. Terkadang dicampur pisang dan kelapa parut. Keladi memang merupakan makanan pokok orang Mentawai selain pisang dan sagu.

Ada empat jenis keladi (gette’) yang biasa ditanam di onaja, yaitu Simatanae’na, Sikaleleu, Silabuna, dan Sibirut. Beberapa jenis gette’ bisa tumbuh di tanah kering. Gette’ yang bisa tumbuh di tanah kering hanya ada dua, yaitu Palapa dan Sikopkop.

Palapa memiliki warna lebih merah dan aroma yang lebih harum dari jenis gette’ yang lain. Sikopkop selain di tanah kering juga bisa tumbuh dirawa-rawa.

Pembuatan subbet agak rumit. Setelah gette’ direbus kemudian dihaluskan di atas lulak dengan tutudduk. Lulak adalah wadah makanan tradisional yang terbuat dari kayu. Tutudduk, yang juga terbuat dari kayu, adalah pasangan lulak yang digunakan untuk menghaluskan keladi atau pisang yang akan dijadikan subbet.

Setelah itu dibentuk bulat dan digulingkan di atas kelapa yang sudah diparut sampai kelapa parut itu melekat rata di bulatan gette’ tadi. Selain gette’, pisang juga sering dicampur bersama keladi untuk dijadikan subbet. Berbeda dengan di Siberut, gette’ memang bukan makanan pokok, tetapi subbet merupakan makanan yang harus ada dalam punen. Subbet di Siberut berbentuk lonjong.

Selain dibuat subbet, bentuk pengolahan gette’ lainnya adalah dengan merebus. Gette’ dikupas terlebih dahulu kulitnya sebelum direbus. Dahulu gette’ direbus menggunakan bambu. Namun sekarang sudah jarang dilakukan, karena cara itu dianggap cukup rumit.

Masakan tidak bisa ditinggal begitu saja karena harus dibolakbalik bambunya agar tidak hangus terbakar. Karena itu ibu-ibu lebih suka menggunakan periuk karena lebih praktis.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img