26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sosialisasi Urea Molases Block ( UMB) sebagai pakan Suplemen pada Ternak dan Praktek pembuatannya
S

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Masyarakat Jorong Loban Bungkuk, 31 Juli 2023 – Pada hari ini, masyarakat setempat, para peternak, dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas mengadakan kegiatan sosialisasi tentang cara pembuatan urea molases blcok. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peternak tentang manfaat dan proses pembuatan urea molases block bermanfaat sebagai memperbaiki nilai nutrisi dari pakan ternak, produksinya akan meningkat,system kinerja repsoduksi akan menjadi lebih baik.

Sosialisasi tersebut diadakan di Jorong Loban Bungkuk, rumah masyarakat yaitu bapak Marfit Anja salah mempunyai ternak sapi. para mahasiswa KKN menjelaskan secara rinci tentang urea molases blok dan manfaatnya bagi ternak. Urea molases blok adalah bentuk suplemen pakan yang kaya akan nutrisi, terutama nitrogen, protein, dan energi. Dengan memberikan pakan tambahan berupa urea molases blok, diharapkan produksi susu dan pertumbuhan ternak dapat meningkat secara signifikan. Selain itu, urea molases blok juga dapat mengurangi biaya pakan, sehingga memberikan dampak positif bagi para peternak dalam hal ekonomi.

Setelah sosialisasi teori selesai, acara dilanjutkan dengan sesi praktik langsung pembuatan urea molases blok. Dalam kegiatan ini, para peserta diajak untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembuatan, mulai dari mengukur bahan baku hingga mencetak dan mengemasnya menjadi bentuk blok yang siap digunakan.

Ketua pelaksanaan kegiatan urea molasses block, Vyola Maulana , menyampaikan, “Kami berharap melalui kegiatan ini, para peternak di Jorong Loban Bungkuk dapat memahami cara pembuatan urea molases blok secara mandiri. Dengan pengetahuan dan keterampilan ini, mereka dapat meningkatkan hasil ternak mereka dan mengurangi ketergantungan pada pakan komersial yang seringkali mahal.”

Para masyarakat menyambut antusias kegiatan ini, menganggapnya sebagai kesempatan berharga untuk memperoleh pengetahuan baru yang dapat meningkatkan keberhasilan usaha peternakan mereka. Beberapa peserta bahkan berencana untuk mengadopsi metode ini segera setelah mereka kembali ke peternakan masing-masing.

Kepala Desa Jorong Loban Bungkuk, Bapak Imra Junaidi,SS, mengapresiasi inisiatif dari mahasiswa KKN dan menyatakan, “Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kami. Kami berharap adanya sinergi antara ilmu pengetahuan dari para mahasiswa dan pengalaman dari para peternak lokal akan memberikan dampak positif dalam pembangunan peternakan di daerah kami.”

Dengan sosialisasi dan pelatihan ini, diharapkan jumlah peternak yang tidak tahu cara pembuatan urea molases blok dapat berkurang, dan kualitas ternak di Jorong Loban Bungkuk semakin meningkat. Selain itu, acara ini juga berpotensi menjadi contoh bagi daerah lain untuk menerapkan praktik perternak yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Oleh : KKN Unand 2023 Nagari Tanjung Bonai Aur dan DPL Dr. Dedi Mardiansyah

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img