25.1 C
Padang
Rabu, September 29, 2021
Beritasumbar.com

Sonsong Pra olimpiade 2019, Atlit Panjat Tebing Nasional Pusatkan Latihan Di Limapuluh Kota
S

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, -Siap untuk hadapi pra kualifikasi Olimpiade November 2019 mendatang, Atlit panjat tebing nasional yang juga sudah mengukir prestasi sebagai juara dunia pusatkan latihan di Limapuluh Kota.

“Latihan kali ini untuk menaikkan great dan speed para atlit kita, menghadapi Pra Kualifikasi Olimpiade yang akan berlangsung di Prancis, November mendatang,” kata Pelatih Nasional Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Hendra Basyir di sela menghadiri jamuan makan malam di kediaman Ketua KONI Limapuluh Kota, Selasa (20/8) malam.

Para atlit Timnas tersebut antara lain, Aspar Jaelolo (juara dunia 3 kali), Alfian M Fajri (juara dunia 2 kali) serta peraih medali emas Asian Games, Aries Susanti. Selain atlit timnas, juga ikut beberapa atlit daerah seperti dari Kota Padang dan DKI Jakarta, sebagai sparing partner mereka.

Diakui pelatih Hendra Basyir, pihaknya memilih pemusatan latihan para atlit nasional di Lembah Harau, karena melihat tebing batu Lembah Harau memiliki jalur unik untuk latihan panjat tebing. Sehingga, para atlit panjat tebing kategori speed (kecepatan) tersebut dapat menambah great dan kemampuan yang berbeda ketika bertanding.

Awalnya, diakui Hendra, pemusatan latihan akan dilakukan di Tebing Baso. “Tapi melihat potensi tebing Lembah Harau, kami memutuskan memusatkan latihan disini. Sambil mengeksplore keindahan alam dan jalur tebing yang ada di Lembah Harau,” sebutnya.

Sebanyak 67 jalur, dikatakan, sudah ada di tebing Lembah Harau. Dari latihan yang dilakukan sejak 15 Agustus lalu, para atlit timnas sudah berhasil menambah pembuatan 8 jalur. Rencananya, mereka akan menggelar latihan di Harau, sampai 7 September 2019.

Padahal, diakui Hendra, mereka awalnya dijadwalkan memusatkan latihan di Thailand. “Tapi, kami berpendapat lain. Jika ada daerah di negara kita berpotensi seperti di Lembah Harau ini, lebih baik kita eksplore negeri kita saja. Sehingga devisa kita tidak pergi ke luar negeri,” sebutnya.

Selain sebagai objek wisata, Lembah Harau, dinilai sangat berpotensi dikembangkan menjadi arena pertandingan dan latihan panjat tebing. Ia mengisyaratkan, hal itu jika pemerintah daerah dapat memberikan sentuhan fasilitas berstandar internasional. “Jika sarana lengkap, saya yakin orang-orang akan berbondong kesini, karena sangat potensi dan ini tidak ada di daerah lain,” tutur Hendra.

Mendengar ungkapan pelatih nasional FPTI, Ketua KONI Limapuluh Kota, Davis Emha mengaku sangat apresiasi, terutama atas pilihan pemusatan latihan atlit nasional di Lembah Harau. Ia berharap Pelantnas panjat tebing mau berbagi pengalaman dan ilmu kepada para atlit FPTI di Limapuluh Kota.

“Karena target kita, bagaimana para atlit kami di panjat tebing ini nantinya juga bisa seperti adik-adik atlit timnas. Target kami pembinaan atlit daerah, tidak hanya untuk porprov dan nasional, tapi kalau bisa juga berprestasi di tingkat internasional. Menjadi juara dunia tidak mustahil,” sebut Davis Emha.

Pihaknya juga berpesan agar para atlit nasional tetap menjaga sikap nasionalisme dan kecintaan ke tanah air. “Suatu kebanggaan kami, yang biasanya melihat adik-adik di TV, sekarang dapat bertemu langsung. Nanti pesan-pesan adik-adik atlit akan kami sampaikan ke pemerintah daerah kami,” tutur Davis Emha. (aking/humas KONI 50 KOTA)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jelang ANBK Tahun 2021, Kemenag Padang Panjang Gelar Rapat Finalisasi Teknis Bersama Proktor

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan arahan dan motivasi terhadap Proktor ANBK dalam Rapat Persiapan Finalisasi Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 bersama seluruh Froktor ANBK dari Madrasah Negeri/Swasta se Kota Padang Panjang di Aula Kankemenag, Rabu Siang (22/09/2021)
- Advertisement -

Kasus Covid 19 Terus Melandai, Tidak Ada Penambahan Positif dan 1 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Minggu (26/09) kasus aktif virus corona tinggal 24 kasus.

Indo Jelito Bantu Korban Kebakaran Pasar Bawah, Dua Kader Terbaik PKS Ikut Hadir

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Dua kader terbaik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menghadiri acara penyerahan bantuan uang Rp1 juta, yang diberikan Indo Jelito kepada korban kebakaran...
- Advertisement -

Waspada Bahaya Kejahatan di Ruang Digital Dibahas di Padang Pariaman

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Kementerian Kominfo RI membahas tentang bahaya kejahatan di ruang digital. Paparan disampaikan secara daring dan diikuti ratusan pelajar di Kabupaten Padangpariaman, Kamis (2/9).

Pergantian Ketua DPRD Kota Bukittinggi Sah Secara Hukum

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Praktisi Hukum Khairul Abbas, S.H menilai, pergantian Ketua DPRD Kota Bukittinggi dari Herman Syofian kepada Beny Yusrial, Jumat (24/9/2021) kemarin, sah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kiat Melawan Hoaks Dikupas Tajam di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com — Machroni Kusuma, Founder Berita Indonesia Link menjelaskan cara membedakan hoaks atau bukan diantaranya sumber berita yang tidak jelas, disain yang aneh, bahasa yang provokatif, diminta untuk viralkan dan banyak tanda seru dan huruf besar.

Dampak Positif Media Sosial Dikupas di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Media sosial merupakan sebuah wadah yang dapat dilakukan untuk apa saja dan untuk berbagai sektor. Dampak positif bermedia sosial tergantung dari apa yang dilakukan di akun pengguna.

Didampingi Kadisparpora dan Ketua KONI, Bupati Safaruddin Serahkan Bantuan Atlet dan Pelatih PON XX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Tiga atlet berikut satu pelatih binaan KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dipastikan akan segera berangkat ke Papua untuk memperkuat kontingen olahraga Sumbar dalam ajang PON XX Papua. Selain dukungan moril, ke empat atlit dan pelatih Luak Nan Bungsu itu juga dibekali bantuan transportasi-gizi.

Kepsek SMAN 1 Harau Beberkan Dampak Negatif Media Sosial

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Harau Afrizal menyebut media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media untuk bersosialiasi dan berinteraksi, media untuk bermain game, media untuk saling memfasilitasi berbagi file, serta media untuk menuliskan artikel.

Pemkab Dukung Pembangunan Gedung Kejaksaan Negeri Kabupaten Limapuluh Kota

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Anwarudin Sulistiyono di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Senin (20/09/2021). Kunjungan juga disambut oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Asisten I, dan Kepala OPD.

Bupati Buka Acara Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, menghadiri dan membuka secara langsung Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota, bertempat di aula pertemuan cahaya 2, hotel Sago bungsu, Lubuak Batingkok Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (21/9/2021).

Warga Kampus Bantu UKT Mahasiswa

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dampak Pandemi Covid –19 sangat berpengaruh terhadap kelanjutan pendidikan di Indonesia. Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani) juga merasakan dampak tersebut, ada sebagain mahasiswa mengalami kesulitan membayar UKT/ SPP di Semester Ganjil 2021/2022 ini.

Masuk 100 Pelaksana, Puluhan Peserta Ikuti Sekolah Kader Pengawasan Di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menjadi salah satu daerah dari 100 titik yang ditunjuk oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI sebagai...

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.
- Advertisement -