27 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

SMPN 4 Adakan Lokakarya Penyusunan KTSP
S

Kategori -

Kota Pariaman,BeritaSumbar.com,-Untuk pertama kalinya di Kota Pariaman, SMPN 4 Pariaman mengadakan lokakarya penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) Tahun ajaran 2020/2021 hari ini Rabu (17/6) yang bertempat di SMPN 4 Pariaman.
“Hari ini kita melaksanakan lokakarya KTSP di tingkat pendidik SMP 4 Pariaman. Lokakarya KTSP yang diikuti oleh 43 orang guru dan 9 orang staf ini dilaksanakan bertujuan untuk menyusunan sebuah perangkat yang jelas dan terarah yang akan dikerjakan oleh warga sekolah selama 1 (satu) tahun, “ ungkap Kepala SMP 4 Pariaman M.Syaiful saat dijumpai oleh tim media center Diskominfo Kota Pariaman hari ini Rabu (17/6).
Kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh setiap satuan pendidikan, khususnya oleh guru dan kepala sekolah, dalam menyelenggarakan pendidikan. Oleh sebab itu, sekolah sebagai pihak yang melaksanakan kurikulum harus dilibatkan secara langsung dalam proses pengembangan kurikulum
“Dalam lokakarya KTSP ini kita membahas mengenai penyusuanan perangkat artinya menyusun dokumen – dokumen dalam istilahnya ada buku 1, 2 dan 3 selama 1 (satu) tahun kedepan dan merevisi pendidikan pada 1 (satu) tahun sebelumnya sehingga kita bisa melahirkan KTSP untuk tahun ajaran baru, “ tambahnya.
3 (tiga) Dokumen kurikulum KTSP yang dibahas berisi regulasi – regulasi di sekolah.Untuk dokumen 1, Dokumen 2 berisi silabus dan dokumen 3 berisi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.
Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar Yurnal saat membuka lokakarya ini memberikan apresiasi kepada SMP 4 Pariaman kerana pertama kali menyelenggarakan lokakarya KTSP ini.
“Alhamdulillah lokakarya KTSP pertama kali dilaksanakan oleh SMP 4 Pariaman. Dalam hal ini kita kembali mengingatkan bahwa dalam penyusunan KTSP sekarang harus menyesuiakan dengan standar covid-19. Setelah melahirkan dokumen KTSP, pihak sekolah secepatnya melaporkan dokumen tersebut ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman untuk disetujui,”ungkapnya.
Undang – undang 20 tahun 2003 mengamanatkan tujuan pendidikan adalah mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif mandiri menjadi manusia kreatif dan bertanggung jawab.
“Kita harus rubah paradigma dalam pendidikan. Jangan hanya mengandalkan pengetahuan saja namun juga meransang kreatifitas dan inovasi siswa.Namun demikian guru tentu tetap melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum walaupun UN tidak ada lagi dan pembelajaran turun,” terangnya.
Ia berharap pihak sekolah harus menanamkan bahwa pendidikan bisa membuat hari esok lebih baik dan dalam melaksanakan lokakarya harus dengan sebaik – baiknya sehingga membuat sekolah menjadi maju, pembelajaran menjadi bermutu karena kalau tidak dipersiapan generasi muda dengan pendidikan maka masa depannya akan suram.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...
- Advertisement -