24 C
Padang
Senin, November 29, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

SMKN 2 Payakumbuh Menggelar REACTION dan KERANG
S

Kategori -
- Advertisement -

SMKN 2 Payakumbuh kembali akan menggelar Rover and Ranger in Action II (REACTION II) dan Kompetisi Pramuka Penggalang II (KERANG II) pada tanggal 25-29 Maret mendatang. Sekretaris Panitia REACTION II dan KERANG II Syawal Mai Putra saat wawancara bersama inioke.com mengungkapkan bahwa masing-masing kegiatan ini akan diikuti oleh pramuka penegak se-Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dan Tanah Datar serta pramuka penggalang se-Sumatera Barat.

Bertempat di kawasan SMKN 2 Payakumbuh, kegiatan kali kedua dilaksanakan ini untuk tahun 2014 peserta lomba akan dibatasi. Untuk REACTION II sendiri, menurut Syawal Mai Putra yang juga menjabat sebagai Ketua DKC Kota Payakumbuh hanya akan menerima 15 kontingen. Sedangkan untuk KERANG II, pesertanya lebih banyak yaitu berjumlah 25 kontingen. Syawal juga menambahkan bahwa sampai saat ini tercatat lima SMA dan tujuh SMP yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta.

“Tahun ini peserta yang akan mengikuti lomba akan dibatasi. Lomba REACTION II pesertanya hanya 15 kontingen dan 25 kontingen untuk lomba KERANG II. Sampai saat ini telah tercatat lima SMA yang mendaftar yaitu SMAN 1 Salimpaung, SMKN 1 Payakumbuh, SMK 2 Kosgoro, SMAN 5 Payakumbuh, dan SMKN 3 Payakumbuh. Kemudian tujuh SMP diantaranya MTsN Payakumbuh, Ponpes Syech Ibrahim Harun, dan SMP Plus Ibnu Khaldun Tanjung Pati,” jelas Syawal Mai Putra.

REACTION II dan KERANG II ini merupakan salah satu ajang evaluasi bagi gugus depan. Melalui lomba ini menurut alumni SMKN 2 Payakumbuh ini gugus depan bisa melihat dan mengukur sampai dimana kemampuannya terutama untuk mata lomba yang di kompetisikan. Selain juga sebagai ajang silaturahim bagi peserta, kompetisi yang telah menjadi agenda tahunan ini juga bisa dijadikan ajang meningkatkan kemampuan dan mengeksplorasi diri bagi gugus depan setiap tahunnya.

Menurut rencana, kepada inioke.com Syawal mengungkapkan bahwa nantinya kegiatan ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Kepala SMKN 2 Payakumbuh Dalius dan Ka.Kwarcab Kota Payakumbuh Irwandi. Syawal Mai Putra yang saat ini masih tercatat sebagai salah seorang mahasiswa di Universitas Andalas menginformasikan bahwa untuk pendaftaran terakhir dari REACTION II dan KERANG II ini jatuh pada tanggal 15 Maret mendatang. Pramuka Pandega ini juga menghimbau kepada pramuka penggalang dan penegak yang akan mengikuti lomba untuk segera mendaftarkan diri sebelum hari pendaftaran berakhir.

“Panitia juga menghimbau kepada pramuka penggalang dan penegak yang akan mengikuti lomba untuk segera mendaftar sebelum tanggal yang telah ditentukan oleh panitia yaitu pada 15 Maret mendatang,” himbau Syawal Mai Putra.

Selain itu, dengan adanya kegiatan yang mengangkat tema Berkompetisi dan Bersilaturrahmi di Ajang Berprestasi ini diharapkan kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan menjadikan kegiatan ini sebagai suatu ajang unjuk kebolehan serta ajang memperlihatkan kemampuan dalam bidang kepramukaan. Sebagaiman motto yang diusung yaitu Satyaku Kudarmakan, Darmaku Ku Baktikan.

“Semoga peserta dapat mengikuti kegiatan sebaiknya dan menjadikan kegiatan ini suatu ajang unjuk kebolehan. Kemudian kegiatan ini diharapkan juga menjadi ajang meningkatkan kemampuan dalam bidang kepramukaan serta saling bertukar pikiran dalam hal ilmu kepramukaan,” harap Syawal mengkahiri.(inioke.com)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img