28 C
Padang
Minggu, Oktober 24, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sijunjung Gelar Lomba Bercerita-Lukis Literasi, Bupati: Pemerintah Selalu Support Untuk Urusan Pendidikan
S

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung,  – Bupati Sijunjung diwakili Staf Ahli Syahrial, SE.MM, membuka acara lomba bercerita (bertutur) tingkat sekolah dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan lomba Lukis literasi tingkat SLTP se-Kabupaten Sijunjung di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Rabu (23/6).

Syahrial mengatakan pendidikan berlansung secara terus menerus dan tidak tergantung pada pendidikan formal termasuk pendidikan non formal, sebagai usaha mencerdaskan bangsa untuk peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan bangsa.

“Salah satu cara untuk membentuk kepribadian yang bermutu secara utuh ialah melalui proses membaca yang pada akhirnya adalah meningkatkan literasi,” katanya.

Dalam pembangunan pendidikan saat ini, lanjutnya pemerintah telah menyediakan sarana, tenaga dan dana.

“Untuk itu budaya gemar membaca sudah harus dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan dan lingkungan masyarakat sejak dini secara berkelanjutan dalam  kondisi kondusif, harmonis dan komunikatif. Dalam hal ini semua kita berperan, mulai dari orang tua, masyarakat, lingkungan pemerintah dan lembaga swasta,” jelasnya.

Ia mencontohkan, salah satu aset Indonesia seperti legenda, mitos, dongeng, dan sejarah yang sudah diabadikan dalam bentuk tulisan. Seperti, cerita Malin Kundang, Lutung Kasarung, Lagaligo, dan sebagainya.

Para pemenang lomba tingkat kabupaten akan mewakili Kabupaten Sijunjung untuk berlomba pada tingkat Provinsi Sumatera Barat. Untuk itu diharapkan kepada dewan juri untuk melakukan penilaian kepada peserta secara objektif, tidak ada tekanan dan pesanan dari pihak mana pun.

“Carilah pemenang yang terbaik dari yang baik,” imbaunya.

Panitia pelaksana Kepala Dinas Perpustakaan dan arsip daerah, Drs.Darlias pada laporannya menyampaikan, peserta lomba bercerita diikuti sebanyak 32 orang, masing-masing kecamatan mengirimkan utusannya sebanyak 4 orang putra dan putri.

Sedangkan untuk lomba melukis diikuti seluruh SLTP se-Kabupaten Sijunjung, para pemenang akan mewakili kabupaten untuk lomba tingkat provinsi.untuk itu pemenang yang terpilih, betul- betul yang terbaik, katanya.

“Literasi itu merupakan embrio.  untuk menumbuhkan gemar membaca, kecintaan terhadap budaya melukis dalam upaya membangun karakter anak. Untuk itu harus mulai dari sedini mungkin,” pungkasnya. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img