28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Siswa Kelas X SMAN 3 Bukittinggi Belajar di Bawah Ancaman Maut
S

Kategori -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Sebanyak lima lokal siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Bukittinggi belajar di bawah ancaman maut, menyusul lokal merupakan aula yang disekat menjadi ruangan belajar tersebut tidak layak secara kontruksi untuk ditempati.

“Lokal merupakan aula yang disekat menjadi ruangan belajar tersebut sudah banyak yang kropos, lantaran mungkin sudah dimakan usia. Kalau tidak salah, bangunan tersebut berdiri sekitar tahun 80-an,” kata Kepala Sekolah, Amri Jaya di Bukittinggi, Rabu (23/6/2021).

Menurut dia, melihat kondisi kontruksi bangunan kurang layak tersebut, jika ada gempa sekali goncang bisa saja bangunan akan runtuh, dan menimpa siswa saat proses belajar mengajar berlangsung.

Kata dia, sewaktu sekolah tingkat SMA di bawah naungan pemerintah kota Bukittinggi, jika ada upaya untuk meningkatkan fasilitas sekolah langsung dialokasikan di APBD kota Bukittinggi.

“Sewaktu masih di bawah naungan pemerintah kota Bukittinggi, dilakukan pembangunan sejumlah ruangan belajar baru, termasuk juga pembangunan mushalla,” paparnya.

“Rencananya, pembangunan lokal baru akan dilanjutkan tahun berikutnya, tapi tidak bisa dilakukan karena bukan lagi kewenangan pemerintah kota Bukittinggi,” paparnya.

Ia mengatakan, sejak pengelolaan SMA di bawah naungan pemerintah provinsi Sumatera Barat (Sumbar), barang kali lantaran karena situasi ke uangan, sehingga APBD bidang pendidikan belum bisa meningkatkan fasilitas sekolah.

“Sekolah telah berupaya membenahi sarana dan prasarana fasilitas sekolah, mungkin karena situasi ke uangan, sehingga belum bisa dibantu di APBD bidang pendidikan Provinsi Sumatera Barat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, telah juga menjajaki ke Kementerian melalui data dapodik, dan bahkan langsung ke Kemendikbud, termasuk Kementerian PUPR, ada harapan dibantu di tahun 2019.

“Pas waktu 2020 covid-19, sehingga dana fisik yang sudah dijanjikan dialihkan untuk bantuan penanganan covid-19. Itu lah situasi kita, sehingga fasilitas sarana dan prasarana ruang kelas yang layak sesuai standar minimal itu masih belum di SMA 3,” ungkapnya.

Disampaikan, mulai pertama pengelolaan SMA ke pemerintah provinsi, sudah disampaikan kondisi fisik SMA 3 ke dinas pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Ia menyebutkan, saat ini, ruangan belajar di SMA 3 sesuai standar berjumlah 25 ruangan, sehingga terjadi kekurangan sebanyak lima ruang belajar (lokal, red).

“Kekurangan lima lokal tersebut, siswa belajar di ruangan aula yang disekat, yaitu bagi siswa kelas X. Aula tersebut dibangun tahun 80-an. Jika dilihat tiang-tiangnya sudah putus, dan bila terjadi gempa, sekali digoncang akan runtuh lantaran secara kontruksinya tidak layak lagi,” paparnya. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kamasril CS Tolak Dedi Chandra Ketua DPD Golkar Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Musyawarah Daerah (Musda) X DPD Golkar Kota Bukittinggi pada Jumat (9/7/2021), bertempat di kantor DPD Golkar Provinsi Sumatera Barat, di Kota...

Yuen Karnova Bisa Jabat Sekdako Bukittinggi hingga 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Bukittinggi, Yuen Karnova yang saat ini sedang mengambil cuti besar, berpotensi menjadi sekdako di kota tersebut hingga...

Perselisihan Kabag Adum IPDN Bukittinggi dengan Rekanan, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com - Setiap orang tidak luput dari kesalahan. Namun demikian, terkadang kesalahan dialami seseorang, bukan akibat kelalaian dirinya, melainkan efek dari pekerjaan yang...

Pemko Bukittinggi Minta Hentikan Aktifitas Perdagangan Sembako di BTC

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Para pedagang sembako yang berjualan di seputaran Banto Trade Center (BTC), agar mengosongkan sendiri kawasan tersebut dari aktifitas perdagangan. Hal itu menyusul...

Rekanan Disuruh Kerja, IPDN Bukittinggi Tak Membayar…?

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Malang benar nasib dialami CV. Gres Bram Karya. Disuruh mengerjakan sejumlah kegiatan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Regional Bukittinggi, Sumatera...

Makmurkan Masjid Tawakkal, Deny Satriadi Datangkan Ustad Terkenal Ceramah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Patut dicontoh, apa yang dilakukan pengurus Masjid Tawakkal Surau Bacamin Magek, Kabupaten Agam. Ustad terkenal sengaja didatangkan berceramah guna memakmurkan Masjid...

Bersihkan Kawasan Potensi Banjir, Erman Safar: Ikhtiar Tanggulangi Banjir

Bukittinggi, beritsumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), membersihkan kawasan yang berpotensi menyebabkan genangan air maupun banjir...

Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Bukittinggi, Fiona: Sejalan dengan Kegiatan Pemerintah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, melaksanakan kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor di tiga kecamatan yang ada di kota itu pada Kamis, (24/06/2021). "Kegiatan...

TPS Bukittinggi akan Dipantau CCTV

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi akan memasang CCTV di tempat pembuangan sampah (TPS), guna memantau warga membuang sampah tidak pada jamnya. "Sebanyak 15...

Bukittinggi Gelar Vaksinasi Gratis Covid-19 Secara Massal

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, Kodim 0304 Agam dan Polres setempat, menggelar vaksinasi massal covid-19 secara gratis di lapangan Kantin kota itu,...
- Advertisement -