25.8 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Sidang Perdana Pejuang Gunung Talang; Bau Tajam Kriminalisasi
S

Kategori -

Kabupaten Solok,BeritaSumbar.com,-Ayu Dasril, Edi Cotok, dan Kacak pada Selasa (17/4/2018) menghadapi sidang perdananya di Pengadilan Negeri (PN) Koto Baru Kabupaten Solok sebagai terdakwa terkait peristiwa dugaan pengrusakan dan pembakaran mobil pada 20 November 2017, di Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Sekira seratusan masyarakat selingkar Gunung Talang hadir memadati ruangan dan area PN Koto Baru guna memberi dukungan bagi ketiganya. Kondisi demikian juga dapat dimaknai sebagai besarnya antusiasme dan solidaritas warga masyarakat selingkar Gunung Talang terhadap perkara yang dialami tiga orang rekannya tersebut.
Persoalan yang menimpa Ayu Dasril dan kawan kawan bermula dari upaya masyarakat di selingkaran Gunung Talang yang mengkritisi rencana proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Gunung Talang-Bukit Kili dengan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) seluas 27.000 Hektar. Masyarakat sejak awal menghendaki kejelasan perihal dampak positif maupun negatif dari proyek PLTPB dimaksud. Sebagai masyarakat yang menggantungkan hidup dari bertani di sekitar gunung, masyarakat tentu saja merasa perlu untuk memastikan apakah kegiatan berdampak serius terhadap sumber penghidupannya.
Dari aspek adat (sosio-kultural), masyarakat Solok khususnya selingkar Gunung Talang merupakan kesatuan Masyarakat Hukum Adat (MHA) yang perlu menjaga dan memastikan keberlangsungan aset (tanah) ulayatnya, yang kerap pula disebut sebagai harta pusako tinggi. Termasuk dari tindakan perampasan atau penguasaan sepihak oleh pihak manapun.
Sebagai pemegang aset, kesatuan MHA bukanlah pihak yang begitu saja dapat diabaikan dan dikesampingkan dalam urusan pembangunan, termasuk dalam konteks perencanaannya. Pun sebagai masyarakat yang potensial terdampak. PLTP (geothermal), sudah tentu tidak dapat dipercayai begitu saja sebagai proyek ramah lingkungan.
Sebagai jenis kegiatan usaha yang mengeksploitasi sumber daya alam, PLTP bukan tidak mungkin beresiko buruk terhadap lingkungan. Mengingat beberapa lokasi pembangunan PLTP telah diketahui berdampak negatif terhadap lingkungan dan warga sekitar, salah satu yang terkonfirmasi yakni di Mataloko, Nusa Tenggara Timur.
Sekurangnya, beberapa hal diatas, yang mendasari masyarakat selingkar Gunung Talang mempertanyakan kejelasan PLTP yang akan dibangun di wilayah mereka. Sedangkan Ayu Dasril dan Edi Cotok yang saat ini menjadi “pesakitan” di PN Koto Baru merupakan tokoh kunci dalam perjuangan masyarakat mengkritisi PLTP atau geothermal Gunung Talang-Bukit Kili. Sehingga hal itulah yang menyebabkan masyarakat yakin bahwa keadaan yang tengah menimpa Ayu Dasril dkk. merupakan sebuah upaya kriminalisasi guna membungkam perjuangan masyarakat khususnya di selingkar Gunung Talang.
Hingga pada 20 November 2017, peristiwa tak diharapkan terjadi. PT. Hitay Daya Energy datang secara tiba-tiba masuk ke Nagari Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok bahkan dengan mengerahkan beberapa personil militer. Sehingga, sikap dan cara perusahaan yang demikian, sulit diterima warga.
Warga selingkar Gunung Talang yang diperkirakan lebih dari seribuan orang datang menghampiri pihak perusahaan. Kendati dialog terjadi antara perwakilan warga dengan pihak PT. Hitay yang pada pokoknya mempertanyakan maksud perusahaan ke wilayah mereka, berubah spontan menjadi situasi yang tidak kondusif dan sulit diredam meski saat itu diketahui dihadiri oleh Wakil Bupati Solok, Kapolres Arosuka, Camat Lembang Jaya dan Kapolsek setempat.
Sidang perdana ini, dilakukan bergilir dengan tiga dakwaan pertama yakni Kacak, kedua Ayu Dasril, dan ketiga Edi Cotok. Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang hadir adalah Hartono dan Aridona Bustari.
Sedangkan Majelis Hakim terdiri dari Devri Andri, Sovianisra, dan Suluh Perdamaian. Sedangkan dari pihak terdakwa, dihadiri oleh Tim Penasihat Hukum (PH) Wendra Rona Putra dan Aldi Harbi. Sidang perdana ini di kawal oleh sekira seratus orang polisi (satu kompi) dari Polres Arosuka. Kemudian agenda dilanjutkan minggu depan dengan agenda pembacaan eksepsi. Atas dakwaan JPU tersebut, Tim PH akan mengajukan keberatan tertulis (eksepsi) pada sidang berikutnya yakni Selasa, 24 April 2018.(rel/LBH)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tebing Sunga Tergerus, Tiga Rumah Dan Satu Masjid Terancam Roboh Di Sijunjung

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Kantor Walinagari, Tiga Rumah Penduduk dan masjid Baitul Makmur Nagari Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung, terancam roboh karena bangunan ini berdiri dipinggir sungai, tergerus oleh aliran Batang Palangki, kata Walinagari Mundam Sakti Dayusmar, diruang kerjanya dihadapan komisi ll DPRD, sekretarus Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, Jumat (18/6) Untuk itu kami perlu melaporkan kondisi ini kepada Komisi ll DPRD serta Dinas PUPR kabupaten Sijunjung, sebelum terjadi musibah bagi warga Mundam Sakti.
- Advertisement -

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.

Efendri Eka Saputra Sukses Memasyarakatkan Jaksa

Sijunjung,BeritaSumbar.com,-Meskipun baru menjabat 3 bulan sebagai Kepala Kejari Sijunjung, nama Efendri Eka Putra tidak asing lagi di telinga masyarakat Sijunjung.
- Advertisement -

Efendri Eka Saputra Sukses Memasyarakatkan Jaksa

Sijunjung,BeritaSumbar.com,-Meskipun baru menjabat 3 bulan sebagai Kepala Kejari Sijunjung, nama Efendri Eka Putra tidak asing lagi di telinga masyarakat Sijunjung.

BAZNAS Sijunjung menyerahkan bantuan Ternak Kambing dalam Program Sijunjung Makmur

Sijunjung, Beritasumbar.com,- Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) kabupaten Sijunjung, tak henti-hentinya untuk berinovasi dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Ranah Lansek Manih. Seperti baru saja filakukan pada Hari Jum'at berkah sangat dirasakan oleh masyarakat Nagari Siaur Kecamatan Kamang Baru yang mendapat bantuan ternak Kambing yang langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Sijunjung Iradattillah pada Jumat (18/6).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Pimpin Apel Sinergi Dua Lembaga, TNI-Polri Siap Ciptakan Kamtibmas di Wilayah Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan memimpin Apel Sinergitas TNI-POLRI, Kodim 0310 SSD dan Polres Sijunjung, di Mapolres Sijunjung, Kamis (27/5). Ia mengatakan dalam...

Kemendikbud Ristek Puji Inovasi Sekolah Padang Panjang pada Masa Pandemi

Padang Panjang, beritasumbar.com - Masa pandemi Covid-19 justru mendorong lahirnya berbagai inovasi dan kreativitas di sejumlah sekolah di Kota Padang Panjang.  Proses belajar mengajar berbasis digital...

Kampung Adat Terpopuler Versi API Itu Berasal Dari Kabupaten Limapuluh Kota

Labuan Bajo, beritasumbar.com - Kementerian Pariwisata RI anugerahkan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) dengan Anugerah  Pesona Indonesia (API) tahun 2020 yakni juara dua kategori Kampung...

KPU Apresiasi Kerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu

Padang Panjang, beritasumbar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengapresiasi kerja Komisioner KPU Sumbar Almarhum Nova Indra sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu). Anggota KPU...
- Advertisement -