26 C
Padang
Kamis, Februari 2, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Shalat Jum’at Awal Desember di MTsN 2 Solok, Khatib Bahas Tentang Orang Kafir dan Munafik
S

- Advertisement -

Kabupaten Solok, beritasumbar.com – Pelaksanan shalat Jum’at di MTsN 2 Solok awal Desember 2022, yang bertindak sebagai khatib, Ustadz Jufrianto, M.Pd, Imam, Ustadz Drs. Nazaruddin dan Muazin, Ustadz Yondrizal, S.Pd, Jumat (2/12)

Rutinitas Jum’at di MTsN 2 Solok adalah melaksanakan shalat Jum’at di Madrasah yang telah berjalan sejak bulan Oktober lalu. Sebagaimana himbauan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, untuk melaksanakan shalat Jum’at di Madrasah.

Dalam Khutbahnya, khatib menyampaikan dasar khutbah yang terdapat dalam QS. al-Baqarah/2: 26 : Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebenaran dari Tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata, ‘Apakah maksud Allah dengan perumpamaan ini?’ Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang dibiarkan-Nya sesat, dan dengan itu banyak (pula) orang yang diberi-Nya petunjuk.”

Secara sosio-historis, ayat ini turun seperti yang ditulis Jalaluddin al-Suyuthi dalam Lubabun Nuqul fi Asbabin Nuzul, ketika Allah membuat perumpamaan untuk orang munafik. Firman Allah: “Perumpamaan mereka seperti orang-orang yang menyalakan api” (QS. al-Baqarah/2: 17). Begitu juga, “Atau seperti (orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit.” (QS. al-Baqarah/2: 19).

Orang-orang munafik berkata, “Allah sangat agung dan mulia, tidak layak bagi-Nya membuat perumpamaan-perumpan ini, maka Allah menurunkan ayat di atas.
Menurut Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani yang dimaksud dengan “ba’udhah” adalah nyamuk. Nyamuk termasuk makhluk Allah yang menakjubkan karena dari sisi bentuk, nyamuk begitu kecil. Namun, nyamuk memiliki enam kaki, empat sayap, ekor, dan moncong yang berlubang.

Allah menegaskan, “Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan itu) kecuali orang-orang fasik “ (QS. al-Baqarah/2: 26).

Orang-orang fasik adalah “Orang-orang yang melanggar perjanjian dengan Allah sesudah perjanjian itu teguh, dan memutuskan sesuatu yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi,” (QS. al-Baqarah/2: 27).

“Alhamdulillah kegiatan rutin di madrasah berjalan dengn lancar dan khidmat,” ungkap Kepala MTsN 2 Solok, H. Maidison, S.Pd.

Penulis: Rahmat
Editor: Fitria

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img