25 C
Padang
Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sederet Prestasi Walikota Bukittinggi Erman Safar di Tahun 2023
S

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasimbar.com — Tahun 2023 merupakan tahun emas bagi Walikota Bukittinggi Erman Safar. Setidaknya, dari beberapa bulan terakhir, ada sederet prestasi yang didapatkan oleh pemimpin kota kelahiran Bung Hatta itu.

Pada Oktober tahun ini, Bukittinggi sebagai kota peringkat pertama yang mendapatkan capaian indeks pencegahan korupsi tertinggi di Sumatra Barat, dengan nilai 93,93. KPK pun kembali memberikan penghargaan yang diserahkan oleh Direktorat Korsub wilayah I Sumatra Barat. Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat, KPK RI di Auditorium Gubernuran Sumbar, pada kamis (12/10) lalu.

Direktorat Korsub wilayah I Sumatra Barat berikan penghargaan MCP 2022, pada pemerintah daerah yang berkomitmen melakukan upaya pencegahan korupsi.

Upaya ini sesuai dengan komitmen Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, agar seluruh ASN di Lingkungan Pemko Bukittinggi bekerja dengan maksimal sesuai aturan yang berlaku. Setiap pegawai terutama pejabat pemerintah, harus paham dan menerapkan prinsip prinsip anti korupsi dalam menjalankan tata kelola pemerintahan. Hal ini membuat Bukittinggi menjadi kota dengan peringkat pertama atas capaian indeks pencegahan korupsi tertinggi di Sumatra Barat dengan nilai 93,93.

Penghargaan itu diberikan dalam rangkaian pembukaan roadshow bus KPK di Sumatra Barat. Di mana roadshow sebagai bentuk edukasi perilaku bebas korupsi seluruh masyarakat Sumbar itu, dilaksanakan sejak tanggal 5 hingga 15 Oktober 2023.

September

Pada kegiatan Infobank 12th Sharia Award 2023, di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (27/9). Dengan mendapat nilai tertinggi, BPRS Jam Gadang Menjadi BPR Syariah Nomor 1 se Indonesia dari majalah Infobank.

Tidak tanggung-tanggung BPRS Jam Gadang meraih tiga penghargaan sekaligus yakni, Excellent Finacial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022. The Best Financial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022 (Asset class IDR 50 billion until < IDR 100 billion). Dan The Best Of The Best Finacial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022.

Dijelaskan, bahwa pada kategori pertama, kategori Excellent Financial Performance Bank In 2022. Penghargaan ini adalah hasil dari penilaian berdasarkan kriteria-kriteria seperti profil risiko, tata kelola perusahaan yang baik, rentabilitas, permodalan, efisiensi, dan pertumbuhan.

Penghargaan kedua, Kategori The Best Financial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022 (Asset class IDR 50 billion until < IDR 100 billion). Penghargaan ini adalah untuk kelompok BPRS yang mempunyai aset Rp50 sampai Rp100miliar. Pada kategori ini BPRS Jam Gadang, menjadi yang terbaik. Ada 48 BPRS yang tergabung dalam kelompok ini, Sebanyak 20 BPRS diantaranya berhasil mendapatkan predikat “sangat bagus”. Dan BPRS Jam Gadang Kota Bukittinggi, menempati posisi pertama dengan total skor 99,68.

Penghargaan ketiga, Kategori The Best Of The Best Finansial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022. Penghargaan ini diberikan adalah untuk BPRS terbaik dari seluruh kategori penilaian, dimana dari 160 BPRS yang dinilai di seluruh tingkatan permodalan, BPRS Jam Gadang mendapat nilai tertinggi. Sehingga hal inilah yang membuat BPRS Jam Gadang dinobatkan sebagai BPRS terbaik “Best of the Best”.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan apresiasi kepada kinerja BPRS Jam Gadang dan ucapan selamat atas anugerah predikat “sangat bagus” dari Infobank. Penghargaan ini merupakan bukti komitmen kerja keras seluruh jajaran BPRS Jam Gadang dalam menjalankan operasional bisnis perbankan.

BPRS Jam Gadang mulai beroperasi secara syariah pada pertengahan 2021, Feri Irawan selaku direktur utama mampu memimpin BPRS Jam Gadang Perseroda meraih kinerja positif di 2022. Dari lima aspek penilaian rating, yaitu permodalan, aktiva produktif, rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi, BPRS ini mendapatkan nilai sempurna di aspek permodalan, likuiditas dan efisiensi.

Agustus

Sebagai kepala daerah, Erman Safar juga begitu peduli terhadap olahraga di daerah tersebut, tidak heran jika ia Terima Penghargaan Nasional, Golden Award SIWO PWI PUSAT 2023. Penghargaan itu diterimanya di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, 28 Agustus 2023.

Golden Award adalah sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi tertinggi untuk insan olahraga yang berprestasi terbaik dan memberikan pengabdian tiada henti kepada bangsa dan negara di level internasional, serta penghargaan kepada kepala daerah yang peduli dengan olahraga di daerahnya.

Terpilihnya Erman Safar, sebagai satu satunya kepala daerah di Sumatra Barat yang menerima penghargaan itu tentunya telah melewati berbagai penilaian yang ketat. Wako Erman Safar, dinilai memiliki kepedulian terhadap perkembangan olahraga di Kota Bukittinggi

Juga di bulan yang sama, Erman Safar terima Penghargaan Lencana Melati yang disematkan langsung oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Penghargaan ini diberikan dalam acara Upacara Renungan dan Ulang Janji Peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023, di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Minggu, (13/8).

Lencana Melati merupakan lencana jasa yang diberikan sebagai tanda penghargaan kepada seseorang yang dianggap memiliki jasa, pengabdian, pembinaan yang luar biasa bagi kepentingan Gerakan Pramuka di daerah masing-masing.

Atas upaya pemberantasan AIDS TBC dan Malaria (ATM) di Kota Bukittinggi, wako Erman juga mendapatkan penghargaan dari Menkes dan Ketua Adinkes pusat dalam acara Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Daerah (Rakortek Renbangda) di Hotel Gammara Makasar, Selasa, 1 Agustus 2023.

Juli

Dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Pengayom GenRe Sumbar 2023. Erman Safar beserta Fiona Agita Erman Safar di berikan penghargaan oleh BKKBN perwakilan Sumatra Barat, Wali Kota bersama Ketua TP PKK Kota Bukittinggi. Penghargaan itu diberikan dalam malam Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreatifitas (ADUJAK) Sumatera Barat 2023, di Hotel Truntum Padang, Sabtu, (29/10).

Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat memberikan apresiasi terhadap Kota Bukittinggi dan beberapa daerah lain, atas program yang telah diselenggarakan di kabupaten/kota guna mewujudkan generasi remaja berketahanan dan berencana. Pihaknya juga berikan penghargaan pada Kepala Daerah dan Ketua TP PKK yang peduli dengan perkembangan program GenRe ini.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dinobatkan sebagai Ayah GenRe Pengayom, karena dukungan anggaran untuk pembinaan remaja di Kota Bukittinggi. Selalu hadir dalam kegiatan GenRe. Memberikan apresiasi kepada Duta GenRe berprestasi. Dukungan penuh TP PKK terhadap kegiatan remaja GenRe dalam mengkampanyekan perilaku Anti Triad KRR (Pernikahan Diusia Anak, Seks Menyimpang dan NAPZA).

Ketua TP PKK Bukuttinggi, Ny. Fiona Erman Safar, juga dinobatkan sebagai Bunda GenRe Pengayom. Hal ini berkat dukungan TP PKK untuk pembinaan remaja Kota Bukittinggi. Pembinaan GenRe Kota Bukittinggi secara langsung. Selalu hadir dalam kegiatan GenRe. Memberikan apresiasi kepada Duta GenRe berprestasi. Dukungan penuh TP PKK terhadap kegiatan remaja GenRe dalam mengkampanyekan perilaku Anti Triad KRR (Pernikahan Diusia Anak, Seks Menyimpang dan NAPZA).

Dalam malam puncak Grand Final ADUJAK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 itu, Kota Bukittinggi berhasil memboyong sembilan penghargaan.
1.Penganugerahan Ayah Genre Pengayom
2.Penganugerahan Bunda Genre Pengayom
3.Best Costum lomba parade budaya kab/kota
4.Terbaik 1 PIK R kategori beraksi pleh SMP N 5
5.Terbaik 2 Resital Budaya
6.Terbaik 3 Forum Genre
7.Terbaik 3 Pik R percontohan Man 2
8.Pembina PiK R terbaik dari SMP 5

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img