27 C
Padang
Jumat, Desember 1, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pulau Angso Duo : Permata tersembunyi kota pariaman
P

Kategori -
- Advertisement -

Pariaman,BeritaSumbar.com,- Indonesia menjadi surga bagi para penikmat keindahan alam, dan salah satu permata tersembunyi yang terkenal adalah Pulau Angso Duo, yang terletak di Kota Pariaman, Sumatra Barat. Pulau kecil seluas 5.13 hektar ini menawarkan hamparan pasir putih, karang-karang yang indah, dan pantai yang landai. 

Pulau ini juga perpaduan sempurna antara wisata bahari, wisata religi, wisata edukasi, dan wisata kuliner. Pariaman, sebagai kota tertua di pantai barat Pulau Sumatra, telah menjadi destinasi yang menarik bagi kalangan pedagang asing sejak abad ke-16. Lebih dari sekadar destinasi wisata, Pariaman juga merupakan pusat pengembangan ajaran Islam tertua di pantai barat Sumatra, dengan ulama terkenal seperti Syekh Burhanuddin dan Syekh Katik Sangko berasal dari sini.

Untuk sampai ke pulau ini, Anda hanya akan memakan waktu perjalanan sekitar 15 menit dari pantai Gondoriah dengan menggunakan sampan atau perahu motor yang disewakan. Untuk memenuhi kenyamanan pengunjung, pulau ini dilengkapi dengan fasilitas seperti penginapan, kamar mandi, mushola, dan bahkan wahana permainan air yang seru. Yang menarik, Pulau Angso Duo tidak memiliki penduduk tetap, sehingga Anda dapat menikmati kedamaian dan keindahan alamnya dengan tenang.

Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata yang menyatukan keindahan alam, warisan budaya, dan ketenangan dalam satu paket, Pulau Angso Duo di Kota Pariaman adalah pilihan yang sempurna untuk memasukkannya dalam daftar perjalanan Anda.

Keindahan Alam Pulau Angso Duo

Pasir putihnya yang lembut: Pulau Angso Duo terkenal dengan pasir putihnya yang lembut. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai, berjemur  atau sekedar bersantai sambil menikmati suara deburan ombak yang menenangkan.

Air laut yang jernih: Air laut di sekitar pulau ini sangat jernih dan cocok untuk snorkeling. Anda bisa melihat kehidupan bawah laut yang indah dan beragam. Jangan lupa membawa perlengkapan snorkeling sendiri atau menyewanya di lokasi.

Karang yang indah: Pulau Angso Duo juga dikelilingi terumbu karang yang indah. Penggemar menyelam dapat menjelajahi kekayaan bawah laut di sini, termasuk terumbu karang berwarna-warni dan spesies ikan yang menakjubkan..

Vegetasi tropis: Selain pantai dan karang, Pulau Angso Duo juga memiliki hutan tropis yang rimbun. Anda bisa mengelilingi hutan atau hanya sekedar bersantai menikmati rimbun dan sejuknya suasana di bawah pohon.

Tips berkunjung ke Pulau Angso Duo

  1. Pastikan  membawa perlengkapan yang diperlukan seperti tabir surya, topi, perlengkapan snorkeling, pakaian, serta keperluan lainnya
  2. Rencanakan perjalanan Anda dengan baik karena jadwal kapal menuju pulau ini sudah pasti.
  3. Jaga kebersihan pulau dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  4. Menikmati kuliner khas daerah Pariaman khususnya makanan laut  segar, seperti gulai kapalo lauak dan sala lauak.

Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata yang menyatukan keindahan alam, warisan budaya, dan ketenangan dalam satu paket, Pulau Angso Duo di Kota Pariaman adalah pilihan yang sempurna untuk masuk dalam daftar perjalanan Anda.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img