28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Satpol PP Sawahlunto Jaring Pelajar SMP Bolos
S

Kategori -

Sawahlunto, Sumbar – Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, mengamankan enam pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Sawahlunto, yang berkeliaran saat jam sekolah, Selasa.

Kepala Seksi Operasional Satpol PP setempat, Ali Akbar di Sawahlunto, Selasa, mengatakan para pelajar tersebut diamankan di sebuah warung kawasan gang II, Kelurahan Tanah Lapang, setelah mendapatkan informasi dari salah seorang masyarakat setempat.

“Satu regu petugas segera kami utus ke lokasi, dan ternyata memang benar didapati sekelompok pelajar sedang membolos belajar dan berada di warung tersebut,” kata dia.

Dia mengatakan, saat petugas datang sebagian mereka berhamburan ke luar warung guna menghindari kejaran petugas, dan akhirnya yang bisa diamankan sebanyak enam orang.

Menurutnya, petugas Satpol PP sengaja tidak melakukan pengejaran guna menghindari kemungkinan yang dapat membahayakan keselamatan para pelajar tersebut, saat melarikan diri. Sementara enam pelajar yang berhasil dijaring langsung dibawa ke markas Satpol PP setempat, untuk diproses dan dilakukan pembinaan.

“Menurut pengakuan mereka, pada hari ini mereka memang tidak belajar karena ada kegiatan pentas seni yang diadakan pihak sekolah, di kawasan gedung OMTC Santur, karena lokasi acara yang disebutkan berada cukup jauh dengan tempat mereka kedapatan membolos, maka kami tetap memprosesnya,” jelas dia.

Para pelajar tersebut, lanjutnya, akan didata dan diminta membuat perjanjian agar tidak mengulangi lagi perbuatannya, dengan disaksikan oleh pihak sekolah bersangkutan. Hal itu sebagai bagian pembinaan untuk memberikan efek jera bagi mereka, dan bisa memperbaiki diri ke depannya.

Dia menjelaskan, sejak bulan Januari sampai April 2015, pihaknya sudah menangani kasus pelajar membolos dengan total pelajar yang terlibat, sudah mencapai 70 orang. Angka tersebut cukup tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Ini harus menjadi perhatian bersama, kami akan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan langkah-langkah pencegahan, di samping razia rutin yang sudah berjalan,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMP Negeri I Sawahlunto, Sudirman saat ditemui di Markas Pol PP setempat, mengatakan sangat menyesali tingkah laku enam pelajar tersebut.

“Mereka yang terjaring ini memang dikenal suka membolos dan berkeliaran di luar sekolah saat jam pelajaran berlangsung. Pihak sekolah sudah sering memeringati mereka, namun selalu diulang lagi,” kata dia.

Pihaknya akan memanggil orang tua mereka dan membawa permasalahan pelanggaran disiplin ini untuk dicarikan pemecahannya secara bersama-sama, agar tidak terulang kembali.

Dia mengatakan, keberadaan sekolah tersebut yang dekat dengan lokasi pasar, cukup menyulitkan pihaknya dalam melakukan pengawasan. Ditambah lagi dengan minimnya partisipasi lingkungan, yakni para pedagang dan penyedia jasa internet dan permainan lainnya di sekitar sekolah, untuk turut serta mendukung penegakan disiplin di sekolah.

“Bahkan ada warung yang sengaja menyediakan tempat bagi pelajar membolos dan menjual rokok kepada mereka,” kata dia.

Pihaknya meminta masalah ini bisa menjadi perhatian dan kerja sama semua pihak, karena faktor lingkungan juga memberi pengaruh cukup besar dalam menjaga kualitas pendidikan.

“Harus ada tindakan tegas bagi para pedagang atau penyedia jasa lainnya, yang membiarkan para pelajar berada ditempat usahanya saat jam pelajaran berlangsung, atau menjual rokok kepada anak usia sekolah,” kata dia.

 

Sumber: Antara/Oleh Eko Fajri
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -