26 C
Padang
Kamis, Oktober 21, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sastrawan Iyut Fitra Harapkan Formula Seperti Pasar Ekraf 2020 Untuk Hidupkan Gairah Pelaku Seni Kedepan
S

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Komunitas Tanah Rawa dan Sanggar Rajo Batuah tampil dalam pasar ekonomi kreatif (Ekraf) 2020 di Agam Jua Art and Culture Cafe, Kawasan Batang Agam pada hari ke tiga belas, Minggu (29/11).

Penampilan seni musik, seni karawitan, dan puisi teaterikal, dan diawali dengan radio show. Sastrawan nasional seperti Iyut Fitra, Adri Sandra, Irmansyah. Bahkan, ada promosi buku-buku yang ditulis oleh mereka.

Menurut Ketua Panitia dari Masyarakat Peduli Seni dan Budaya Kota Payakumbuh Deni Rao, pelaku seni menjadi salahsatu kelompok yang ikut terdampak oleh pandemi Covid-19. Dimana iven-iven pertunjukan ditiadakan selama kurang lebih 7 bulan karena PSBB yang diterapkan pemerintah.

“Kita berikan kesempatan agar mereka terfasilitasi untuk tampil di Pasar Ekraf 2020 kali ini, meski pengunjung iven kita batasi jumlahnya, namun pertunjukan masih bisa ditonton melalui media sosial influencer kita,” terangnya.

Sementara itu, Iyut Fitra sastrawan Luak Limopuluah saat diwawancara media menyampaikan harapan agar pasar Ekraf ini setidaknya dapat mengcover atau menghadirkan dari beragam genre kesenian. Tidak hanya kesenian populer saja.

“Kesenian tradisi yang tidak banyak mendapat tempat apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Itu mereka pelaku kesenian di Luak Limopuluah seolah kembali mendapatkan ruang, hal seperti ini harus konsisten dijalankan. Pemprov Sumbar sudah memulainya, dan harus ditindaklanjuti oleh Pemko maupun Pemkab lainnya di Sumbar,” ujarnya.

Iyut juga berharap agar nanti ketika pandemi berakhir, segala lini bisa digerakkan. Hari ini adalah promosi di bawah bendera Ekraf, ada kuliner gratisnya.

“Nantinya kuliner ini bisa diperjual belikan disaat iven lain digelar, bahkan sisi manapun seperti keajinan, industri rumah tangga, dan banyak hal dapat dibawa serta. Wisatawan asing bisa digaet oleh pemerintah, tinggal mencarikan formulanya, mudah-mudahan pandemi Covid-19 cepat berkahir. Sehingga pemerintah bisa memasyarakatkan pekerja Ekraf,” paparnya.(tim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img