30 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

SAPAKU Melaju Ketingkat Provinsi Lomba Kelurahan Berprestasi
S

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Kelurahan Sawahpadang Aurkuning Kecamatan Payakumbuh Selatan keluar sebagai pemenang Lomba Kelurahan Berprestasi (LKB) tingkat Kota Payakumbuh tahun 2018. Kelurahan yang keren dengan singkatan SAPAKU ini berhasil menyisihkan dua kompetitor lain, yaitu Kelurahan Balai Tongah Koto Kecamatan Payakumbuh Utara dan Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat.
“Setelah melewati dua tahapan penilaian, tim penilai menetapkan Kelurahan Sawahpadang Aurkuning sebagai pemenang lomba kelurahan berprestasi tahun 2018, diikuti oleh Kelurahan Balai Tongah Koto dan Kelurahan Talang diperingkat dua dan tiga,” ujar Kabag Pemerintahan, Atur Satria didampingi Kasubag Umum, Arfianto saat dihubungi Selasa (27/3).
Dijelaskan, tahap pertama penilaian dilaksanakan melalui ekspos dan wawancara kepada Kelurahan yang menjadi utusan lima kecamatan yang ada di kota Payakumbuh.
“Lima kelurahan yang dinilai pada tahap pertama adalah, Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat, Kelurahan Balai Tongah Koto Kecamatan Payakumbuh Utara, Kecamatan Padangalai Bodi Kecamatan Payakumbuh Timur, Kelurahan Sawahpadang Aurkuning Kecamatan Payakumbuh Selatan dan Kelurahan Koto Panjang Padang Kecamatan Latina,” beber Atur Satria.
Dikatakan, hasil penilaian tahap pertama berupa ekspos dan wawancara, tiga kelurahan berhak maju kepenilaian tahap kedua. Tiga kelurahan tersebut adalah, Kelurahan Sawahpadang Aurkuning, Kelurahan Balai Tongah Koto dan Kelurahan Talang.
“Penilaian tahap dua dilakukan dengan peninjauan ke lapangan, hasilnya kelurahan Sawahpadang Aurkuning ditetapkan tim penilai sebagai pemenang dan berhak mewakili Kota Payakumbuh pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” ujar Arfianto.
Dihubungi terpisah, Lurah Sawahpadang Aurkuning, Nazril Ardi Wiranata mengaku bersyukur dengan hasil yang diperoleh kelurahannya. Menurutnya hal itu tidak terlepas dari kerjasama dan kekompakan aparat kelurahan bersama lembaga kemasyarakatan dan masyarakat di Kelurahan SAPAKU.
“Alhamdulillah, berkat kerjasama yang kami bangun dengan baik bersama lembaga-lembaga dan masyarakat kelurahan Sawahpadang Aurkuning, tahun ini kami berhasil menjadi yang terbaik, terimakasih atas dukungan semua pihak, khususnya masyarakat SAPAKU,” ujar Enji, sapaan akrab Nazril Ardi Wiranata.
Kelurahan SAPAKU dalam waktu dekat akan mengikuti penilaian LKB tingkat provinsi Sumatera Barat. Untuk diketahui, kali terakhir utusan Kota Payakumbuh keluar sebagai pemuncak lomba Kelurahan Berprestasi tingkat Provinsi adalah tahun 2008. Kebetulan utusan Kota Payakumbuh waktu itu dalah Kelurahan Aur Kuning yang sekarang menjadi bagian dari Kelurahan Sawahpadang Aurkuning.
“Mohon doa dan dukungan kita semua, semoga Kelurahan SAPAKU bisa mengakhiri puasa gelar LKB tingkat provinsi Sumatera Barat yang sudah sepuluh tahun lamanya belum bisa dipuncaki Kota Payakumbuh,” pungkas Enji.
Pada pelaksanaan LKB tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017 lalu, utusan Kota Payakumbuh, Kelurahan Payobasung hanya meraih peringkat ketiga. Pemenang pertama diraih oleh kelurahan Tanah Lapang,  Kota Sawahlunto, dan peringkat kedua diraih oleh Kelurahan Purus, Kota Padang.(*/rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.
- Advertisement -

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.
- Advertisement -

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -