30 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Sampel Sambal Special Niki Nikmat Negatif Dari Bahan Berbahaya
S

Kategori -

Hasil sampling Sambal Spesial Niki Nikmat ekstra pedas, produksi UD Bintang Roso Sumbar Indonesia di kawasan Kelurahan Sicincin, Kecamatan Payakumbuh Timur, negatif dari bahan berbahaya. Sampling  sambal tersebut  dilakukan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, akhir Maret 2015.

Dinas Kesehatan Payakumbuh telah menerima surat tindak lanjut hasil uji sampel Sambal Spesial Niki Nikmat Pedas dari BPPOM Padang  itu, Selasa (21/4).  “Benar, kami sudah menerima hasil uji sampel saus sambal produksi UD Bintang Roso itu, dua hari lalu (Selasa, Red), sebut Kadis Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman, SKM, MPPE, Kamis (23/4).

Dalam surat tindak lanjut hasil uji sampel yang dikirim BPPOM Padang itu, dinyatakan, sambal saus yang diuji dalam bentuk dua kemasan bungkus 610 ml. Satu  sampel  diambil dari Kedai Upik di Pasar Ibuah Payakumbuh. Kemudian, sebuah sampel dengan kemasan dan berat  yang sama, dibawa dari pabrik UD Bintang Roso di Sicincin, tanggal 27 Maret 2015. Expired atau masa kadaluarsa produksi, tertanggal 30 Mei 2016.

Menurut Kadis Kesehatan Elzadaswarman,   identifikasi saus sambal yang dilakukan, berupa borax, formalin, rhodamin, methanil yellow, tartarizin dan orange G. Semuanya bahan berbahaya itu tak terdapat dalam sampling. Sementara itu bahan panceau 4 R dinyatakan positif, dan  sudah sesuai dengan zat pewarna yang memenuhi standar kesehatan.

Kemudian, kandungan fisika seperti Pk benzoat syarat maksimal 1000 Mg/Kg dalam saus sambal ini ditemukan 2.232,94 Mg/Kg. Namun, demikian zat ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Tapi, tetap dianjurkan sesuai dengan batas maksimal pemakaiannya. Untuk itu, Dinkes akan melakukan pembinaan terhadap pengusaha bersangkutan.  Sedangkan, kandungan Pk sorbat ditemukan dalam saus sambal itu 606,87 Mg/Kg , dan dinyatakan di bawah ambang batas maksimal 1.000 Mg/Kg.

Dengan keluarnya hasil uji sampel saus sambal itu, dikatakan Elzadaswarman, makanan pelezat tersebut aman untuk dikomsumsi. Namun demikian, pihaknya akan terus memantau  produksi saus sambal  perusahaan dimaksud. Harapan Kadis Elzadaswarman, pertahankan kualitas produksi, dan jangan pernah berniat nakal dengan memasukan bahan berbahaya dalam saus sambal dimaksud, katanya.

Tidak hanya  produksi UD Bintang Roso, tapi juga berlaku kepada produsen makanan lainnya, seperti pabrik tahu,  mie dan  bakso.  Dinas Kesehatan Payakumbuh bersama BPPOM Padang serta SKPD terkait lainnya, akan terus memantau makanan dan minuman  yang beredar di pasar tradisional Ibuah.  Bagi yang berulah, sesuai dengan Perda Kota Payakumbuh  Perda No. 1 Tahun 2014,  tentang pangan sehat dan bebas bahan berbahaya         dan Pasal 136 UU Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, akan ada sanksi hukumnya.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang dihubungi terpisah, membenarkan, jika hasil uji sampel sambal spesial niki nikmat ekstra pedas itu, neqatif dari bahan berbahaya. “Benar saya sudah mendapat laporannya dari Pak Zed (Kadis Kesehatan, Red)”, katanya.

Walau begitu, sebut Riza, pihaknya mengingatkan jajaran kesehatan, untuk rutin melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap seluruh makanan dan minuman yang dijual di Pasar Ibuah. “Pemko Payakumbuh harus melindungi warganya dari makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya,” tegasnya.

Menyangkut operasional UD Bintang Roso di Payakumbuh, dikatakan Riza Falepi, tak ada persoalan. Hanya saja, jika perusahaan bersangkutan diduga punya pelanggaran hukum lainnya,  itu bukan kewenangan pemko. “Kita hormati tugas kepolisian, jika perusahaan tersebut punya dugaan pelanggaran hukum yang lain,” sebut Riza.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sikapi Keresahan Warga Akan Balapan Liar, Polres Pasbar Gelar Razia Malam

Akhir akhir ini warga Pasaman Barat di resahkan dengan maraknya balapan liar. Sikapi keresahan warga tersebut, Polres Pasaman Barat melalu jajarannya lakukan razia. Sabtu 23/1 malam sekira pukul 22.00 wib razia digelar di Simpang Empat Pasbar.
- Advertisement -

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.
- Advertisement -

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -