28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Sambut Lebaran, Ini Pesan Ketua DPN LPPKI Kepada Masyarakat
S

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI) melalui ketua umumnya Azwar Siri.SH selalu mengingatkan pada seluruh konsumen indonesia untuk berhati-hati dalam memanfaatkan dan atau membeli barang maupun jasa apalagi menjelang lebaran ini disaat kebutuhan konsumen meningkat, hal tersebut diungkapkan oleh Azwar Siri di kantornya pada Senin (26/4/2021) di Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumbar.

Dituturkannya bahwa disaat moment ini dimafaatkan oleh pelaku usaha untuk menjual barang dagangannya dengan berbagai cara serta rayuan iklan sampai discount cuci gudang segala yang memukau konsumen,
kesempatan bagi pelaku usaha untuk menjual habis produknya.

Namun moment ini juga tidak tertutup kemungkinan juga dimanfaatkan oleh oknum pelaku usaha nakal atau pelaku usaha curang yang menjual barang dagangannya yang tidak layak edar atau telah kadaluwarsa tidak layak kosumsi seperti makanan yang dikemas ulang, makanan pakai zat pewarna non makanan, ataupun pakai bahan pengawet non makanan dan sebagainnya yang kesemuanya itu dapat membahayakan kesehatan konsumen.

Maka dari itu LPPKI menghimbau pada konsumen untuk sangat berhati-hati dalam membeli atau mekosumsi barang dan jasa jangan hanya tergiur dengan harga murah dan hadiah -hadiah yang ditawarkan fokuslah pada tujuan kegunaan dan fungsi dan seberapa pentinya anda membeli barang tersebut.

Untuk jenis barang tertentu telitilah lebelnya dan komposisinya atau lihat nomor register BPOM,SNI lebel halal MUI atau tanggal kadaluwarsanya dan sebagainya,agar kita sebagai konsumen terhindar dari kerugian.

LPPKI juga mengigatkan pada semua pelaku usaha agar menjadi pelaku usaha yang beritikat baik dan beretika dalam menjalankan usahanya janganlah sesekali merugikan konsumen, pasarkanlah produk anda sebanyak-banyaknya ke pasaran tapi adalah produk yang memenuhi syarat aturan seperti layak edar punya izin edar dan jangan sesekali dapat merugikan konsumen baik secara financial maupun secara kesehatan.

Azwar Siri juga mengingatkan bagi oknum pelaku usaha curang dalam menjankan usahanya dan melanggar peraturan per undang-undangan yang berlaku yang berakibat konsumen mengalami kerugian dapat dituntut baik secara perdata maupun pidana sesuai UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, pungkasnya(Andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...
- Advertisement -

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,

Tiga ASN Kankemenag Padang Panjang Mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam Melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tiga ASN Kankemenag Kota Padang Panjang mengikuti Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Fungsional Penyuluh Agama Islam melalui Jalur Penyesuaian/Inpassing, Selasa (27/07/2021).
- Advertisement -

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LBH Sumbar Desak Kejari Painan Segera Eksekusi Bupati Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,- Sehubungan dengan ditolaknya permohonan Kasasi Bupati Pesisir Selatan dalam perkara Nomor: 31 K/Pid.Sus-LH/2021 tanggal 24 Februari 2021 oleh Mahkamah Agung RI, sehingga dengan demikian perkara dimaksud telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde)

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Wakil Ketum DPN LPPKI Meraih Gelar Doktor

Padang,BeritaSumbar.com,- Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan Dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia DPN-LPPKI Dr.Doris Rahmat, SH.MH berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Hukum dan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul pendayagunaan peradilan adat nagari dalam penyelesaian sengketa pusako tinggi pada masyarakat hukum adat Minangkabau Sumatera Barat

PK IMM Kasman Singodimedjo Diskusi Wirausaha Dengan Wagub Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-PK IMM Kasman Singodimedjo berkunjung dan audiensi dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, Senin (21/06) di kantor Gubernur SUMBAR. Dalam pertemuan ini membahas tentang kewirausahaan dan program pemprov dalam menghidupkan pelaku usaha/UMKM. Selain itu juga dibahas program PK IMM Kasman Singodimedjo dalam bidang Ekonomi dan Kewirausahaan yang Insyaallah wakil Gubernur SUMBAR serta ketua umum KADIN SUMBAR Ramal Saleh ikut berperan dalam program ini.

LPPKI Bangga Dengan Nagari Mart Melayani Konsumen Dengan Baik

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN- LPPKI) Azwar Siri.SH beserta jajaran pengurus LPPKI lainya mengunjungi Mini market Nagari Mart yang terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Senin 7/6/2021.

Kunjungan Kepala BP2MI Diharapkan Memberikan Peluang Positif dan Kepastian Buat PMI Asal Sumbar

Ketua DPD partai Hanura Sumbar Zalfadri S.T.,M.M. bersama Sekretaris DPD Hanura Sondri BS dan kepala UPT BP2MI Provinsi Sumatera Barat Joko Purwato

Keluarga Besar LPPKI Silaturahmi Dengan Anak Panti Asuhan

Padang,BeritaSumbar.com,- Keluarga besar Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) mengadakan kunjungan silaturahmi dengan panti sosial Lubuk Kilangan, yang bertempat di Panti Sosial Anak Asuh Batu Gadang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa 1/6/2021.

Ribuan THL Pasbar Dirumahkan, PMM Sebut Diawal Menjabat Bupati Pasbar Berhasil Sengsara kan Rakyat

Padang - Organisasi Pergerakan Milenial Minang (PMM) mengkritisi keras kabar tak sedap tentang tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. sekitar 3.200 THL, yang terdiri dari tenaga guru, medis, teknis dan PTT akan terdepak dari pekerjaan saat ini. Kebijakan itu dilakukan dengan alasan upaya penghematan anggaran, (1/06/2021)

Koperasi Mutiara Tigo Pasie Kunjungi Koperasi Mandiri Dan Merdeka

Padang,BeritaSumbar.com,- Koperasi Mutiara Tigo Pasie (KMTP) adalah koperasi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Ibu-Ibu warga Pasie Nan Tigo

Aksi Solidaritas Masyarakat Sumbar; Palestina Permasalahan Kita

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan ormas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Sumatera Barat Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas, Ahad (23/5/2021). Aksi berupa longmarch dan flashmob digelar di sepanjang jalan Khatib Sulaiman hingga Sudirman, Padang. Peserta aksi dilepas dari pelataran Masjid Raya Sumatera Barat, oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.
- Advertisement -