31 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Riza Falepi, Walikota Yang Mampu Tingkatkan Produksi Padi 2x Lipat
R

Kategori -

Ditulis oleh: Erizeli Bandaro

Saya punya teman kepala Daerah. Dia bercerita bahwa ketika dia awal memimpin, hasil padi per hektar hanya 3,5 ton. Menurutnya dengan hasil 3,5 Ton perhektar jelas tidak feasible. Ini merugikan petani.Maklum teman ini berlatar belakang pengusaha. Bagaimana caranya meningkatkan hasil petani? Dari staff nya dia tidak mendapatkan solusi terbaik mengenai ini. Dia bertanya kepada ahli Pertanian di Universitas, didapat masukan bahwa satu hektar bisa dihasilkan padi lebih 4 Ton. Bisa 8 Ton dan dua kali panen setahun. Yang lebih penting lagi bahwa tekhnology tanam tidak menggunakan pupuk urea tapi pupuk organik yang ongkosnya lebih murah.

Apa syaratnya ? Petani harus mengikuti Standard Operating Procedure bercocok tanam dengan benar dan disiplin. Irigasi harus baik. Artinya dia harus mengerahkan sumberdayanya bagaimana membina petani agar bisa mengikuti SOP dengan benar.Kedua, dia harus memperbaiki irigasi. Nah ini masalah.Karena tidak tersedia anggaran cukup untuk memperbaiki irigasi. Namun dia berjuang dengan segala cara meyakinkan siapa saja di Kantor Gubernur maupun di Pusat. Akhirnya dia mendapatkan anggaran untuk memperbaiki irigasi. Kemudian dengan sabar dia langsung terjun kebawah mengawasi pembangunan irigasi dan mengarahkan rakyat menanam padi dengan tekhnology organik.

Berlalunya waktu dengan sabar dan kerja keras, dia berhasil meningkatkan produksi petani dari 3,5 Ton menjadi 7,8 Ton . Ketika harga BBM naik, katanya, petaninya tidak protes dan tidak ambil pusing karena mereka mampu meningkatkan produksi dua kalilipat dari biasanya sehingga otomatis ongkos produksi per kg padi menjadi rendah sekali, dan disatu sisi harga jual padi lebih tinggi dibandingkan harga padi non organik. Artinya semakin tinggi produktifitas rakyat semakin berdaya dia menghadapi pasar. Berapapun subsidii konsumsi namun tidak ada program nyata membuat rakyat berdaya maka selama itupula subsidi itu hanyalah menjadi alat menjajah bagi penguasa yang malas dan culas.

Tidak banyak kepala daerah seperti teman ini yang mau door to door mencari solusi meningkatkan kesejahteraan rakyat namun kini dia bersyukur bahwa apa yang telah dilakukannya itu kini telah menjadi program nasional bagi pemerintahan Jokowi bahwa negara harus hadir disetiap ruang untuk memastikan rakyat mampu berproduksi agar mereka mampu berkonsumsi kebutuhannya. Itulah tegas pemerintah sesungguhnya yang memastikan semua orang mencari nafkah mudah.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...
- Advertisement -

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -