24.8 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Riza Falepi, Walikota Yang Mampu Tingkatkan Produksi Padi 2x Lipat
R

Kategori -

Ditulis oleh: Erizeli Bandaro

Saya punya teman kepala Daerah. Dia bercerita bahwa ketika dia awal memimpin, hasil padi per hektar hanya 3,5 ton. Menurutnya dengan hasil 3,5 Ton perhektar jelas tidak feasible. Ini merugikan petani.Maklum teman ini berlatar belakang pengusaha. Bagaimana caranya meningkatkan hasil petani? Dari staff nya dia tidak mendapatkan solusi terbaik mengenai ini. Dia bertanya kepada ahli Pertanian di Universitas, didapat masukan bahwa satu hektar bisa dihasilkan padi lebih 4 Ton. Bisa 8 Ton dan dua kali panen setahun. Yang lebih penting lagi bahwa tekhnology tanam tidak menggunakan pupuk urea tapi pupuk organik yang ongkosnya lebih murah.

Apa syaratnya ? Petani harus mengikuti Standard Operating Procedure bercocok tanam dengan benar dan disiplin. Irigasi harus baik. Artinya dia harus mengerahkan sumberdayanya bagaimana membina petani agar bisa mengikuti SOP dengan benar.Kedua, dia harus memperbaiki irigasi. Nah ini masalah.Karena tidak tersedia anggaran cukup untuk memperbaiki irigasi. Namun dia berjuang dengan segala cara meyakinkan siapa saja di Kantor Gubernur maupun di Pusat. Akhirnya dia mendapatkan anggaran untuk memperbaiki irigasi. Kemudian dengan sabar dia langsung terjun kebawah mengawasi pembangunan irigasi dan mengarahkan rakyat menanam padi dengan tekhnology organik.

Berlalunya waktu dengan sabar dan kerja keras, dia berhasil meningkatkan produksi petani dari 3,5 Ton menjadi 7,8 Ton . Ketika harga BBM naik, katanya, petaninya tidak protes dan tidak ambil pusing karena mereka mampu meningkatkan produksi dua kalilipat dari biasanya sehingga otomatis ongkos produksi per kg padi menjadi rendah sekali, dan disatu sisi harga jual padi lebih tinggi dibandingkan harga padi non organik. Artinya semakin tinggi produktifitas rakyat semakin berdaya dia menghadapi pasar. Berapapun subsidii konsumsi namun tidak ada program nyata membuat rakyat berdaya maka selama itupula subsidi itu hanyalah menjadi alat menjajah bagi penguasa yang malas dan culas.

Tidak banyak kepala daerah seperti teman ini yang mau door to door mencari solusi meningkatkan kesejahteraan rakyat namun kini dia bersyukur bahwa apa yang telah dilakukannya itu kini telah menjadi program nasional bagi pemerintahan Jokowi bahwa negara harus hadir disetiap ruang untuk memastikan rakyat mampu berproduksi agar mereka mampu berkonsumsi kebutuhannya. Itulah tegas pemerintah sesungguhnya yang memastikan semua orang mencari nafkah mudah.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Di Pimpin Dandim, Tim Safari Ramadhan Padang Pariaman Kunjungi Mushola At Taubah

Padang Pariaman, beritasumbar.com, Hari pertama pelaksanaan SR (Safari Ramadhan) Kabupaten Padang Pariaman secara serentak dilepas keberangkatannya menuju Masjid dan Mushola yang telah ditetapkan yang tersebar di 17 Kecamatan yang ada di Padang Pariaman.
- Advertisement -

Wabup Limapuluh Kota Pimpin Rapat Pembahasan Geopark

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri Pimpin Rapat Pembahasan Geopark Senin ( 19/04/2021 ) di Ruang Rapat Bupati Limapuluh Kota.

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat tidak dapat dipungkiri salah satunya juga disebabkan karena pemuda itu sendiri. Masih banyaknya pemuda yang tidak bisa menentukan arah masa depannya secara jelas, terkadang membuat mereka mengambil jalan pintas yang berujung pada tindakan kriminal, seperti mengonsumsi Narkoba dan prilaku yang mengganggu ketertiban umum lainnya.
- Advertisement -

5 Bangunan Tak Berizin Di Segel Tim Penertiban Bangunan PUPR Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Sebanyak lima bangunan tak berizin dan melanggar peraturan perundang-undangan disegel oleh Tim Penertiban Bangunan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh, Senin (19/04).

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...
- Advertisement -