29 C
Padang
Sabtu, Juli 24, 2021
Beritasumbar.com

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja
R

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Acara yang menghadirkan Narasumber dr. Inge Satyo Aryanto selaku Founder PSV itu juga dihadiri oleh Pembina DWP Sekretaris Daerah Rida Ananda, Ketua GOW Kota Payakumbuh Machdalena Erwin Yunaz, Ketua DWP Payakumbuh Elfriza Zaharman, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang LX Kodim 0306/50 Kota Mila Ferry Lahe, serta Ketua Bhayangkari Kota Payakumbuh Rini Alex Prawira.

Dalam sambutannya, Sekda Rida Ananda menyampaikan kalau secara umum ibu-ibu cenderung hanya memperhatikan masalah wajah, sehingga terkadang lupa kalau ada yang lebih vital lagi, yakni kesehatan organ kewanitaannya.

“Atas nama pemko kami memberikan apresiasi, kegiatan ini penting dan jangan dianggap tabu. Kita harus bisa berfikir terbuka karena pencegahan terhadap penyakit di organ tubuh juga sudah dipelajari pada tingkat pendidikan. Semoga ilmu dan bimbingan yang didapat bisa diterapkan dan dibagikan kepada ibu-ibu yang lain,” ujar Sekda.

Dari sisi Ketua GOW Machdalena saat diwawancara media menyampaikan harapan agar setiap perempuan di Payakumbuh sadar akan kesehatan organ kewanitaannya. Selain mengajak harus rajin merawat organ kewanitaan, ibu-ibu di PKK melalui program bersama pemerintah pusat terus menghimbau setiap wanita melakukan IVA test.

“IVA test yakni deteksi dini kanker serviks lewat pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dianggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita, karena relatif mudah dilakukan dan hasilnya cepat diperoleh. Tes itu bisa dilakukan di puskesmas yang ada di Payakumbuh,” kata istri Wakil Wali Kota Erwin Yunaz itu.

Machdalena menambahkan, kedepannya nanti organisasi wanita di Payakumbuh turut menjadi pionir, menjadi perintis dalam melakukan sosialisasi. Menurutnya mencegah lebih baik dari mengobati, untuk itu perlu peran aktif mengajak keluarga, tetangga serta anggota organisasi dalam menjaga kesehatan diri ibu-ibu dan keluarga.

“Ibu itu matahari di rumah. Kalau ibu sakit maka reduplah kehidupan di rumah, kita perempuan tidak boleh sakit, kalaupun sakit tidak boleh lama-lama, karena kualitas hidup keluarga berada di tangan mereka,” tukuknya.

Sementara itu, Ketua DWP Payakumbuh Elfriza Zaharman atau yang akrab disapa Cece menyampaikan ucapan terimakasih kepada Founder PSV yang telah memberikan pengetahuan dan membuka wawasan Anggota DWP mengenai pentingnya kesehatan vagina.

“Sebelumnya saya ucapkan kepada Founder PSV atas wawasan yang diberikan dalam sosialisasi ini. Diharapkan sosialisasi tentang kesehatan vagina ini dapat bermanfaat bagi para ibu-ibu di Payakumbuh,” jelas Cece.

Founder PSV, dr Inge Satyo Ariyanto dalam materinya memaparkan Gerakan Perempuan Sadar Vagina digulirkan karena gerakan ini bisa dijadikan salah satu alat untuk mewujudkan ketahanan keluarga.

“Faktor-faktor yang menjadi penentu ketahanan keluarga yaitu ketaatan kepada ajaran agama, tingkat pendidikan dan tercapainya kesehatan. Tercapainya kesehatan ini salah satunya adalah adanya kesadaran mengenai kesehatan vagina,” ucap Inge.

Inge juga menyampaikan kalau kesehatan vagina sangatlah penting bagi ketahanan keluarga. Akibat dari kurang sadarnya wanita Indonesia mengenai pentingnya kesehatan vagina marak terjadi kanker serviks atau kanker leher rahim.

“Pembunuh nomor 1 wanita adalah kanker serviks, bukan hanya di Indonesia tetapi di dunia. Ibu-ibu sangat gampang meninggal karena kanker serviks ini, buktinya setiap tahun terjadi 21 ribu kasus kanker serviks di Indonesia,” tuturnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).

Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Gelar Rakor Bersama Tungku Tigo Sajarangan.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Dalam pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan dan menjalin komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman menggelar Rapat Koordinasi dengan Tungku Tigo Sajarangan. Pertemuan tersebut dilaksanakan pada Senin (19/7) bertempat di aula Kantor Camat setempat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).

2 Pelajar Asal Payakumbuh Wakili Sumbar Tampil Di Paduan Suara Peringatan HUT RI Ke 76 Di Istana Negara

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat dua pelajar asal Kota Payakumbuh yang berhasil menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam seleksi audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2021.

Terjadi Penambahan 8 Kasus Positif Covid-19 dan 3 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kembali terjadi penambahan masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif kasus Covid-19 sebanyak 8 orang, sehingga sampai saat ini kasus aktif Kota Payakumbuh menjadi 137 kasus.

Peduli Anak Muda, Edward DF Bantu Bangun Lapangan Bola Voli Jorong Lareh Nan Panjang

Luak Limopuluah,BeritaSumbar.com,- Remaja Jorong Lareh Nan Panjang, Kenagarian Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban sedang giat-giatnya membangun Lapangan bola voli. Mereka hampir setiap hari melakukan gotong royong. Kalau tidak pagi, sore mereka turun ke lapangan mengerjakannya.

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja BLUD

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Perekonomian menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) berdasarkan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 di ruang Rapat Ampangan, Selasa(13/7)

Rakor Bersama Pengurus Masjid dan Tokoh Agama, ini pesan Walikota Riza Falepi untuk penanganan covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Dengan telah terbitnya surat Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19, Pemko Payakumbuh melalui bagian Kesra Setdako laksanakan rapat koordinasi (Rakor), Selasa (13/7).

Evaluasi Penilaian Kota Sehat Tahun 2021, Kota Payakumbuh Siap Mempertahanankan Penghargaan Swastisaba Wistara Yang Ke 7.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,—Kota Payakumbuh telah 6 kali mendapatkan penghargaan Kota Sehat pada tingkat swastisaba wistara, yang merupakan penghargaan tertinggi pada penilaian Kota Sehat, Hal ini dapat tercapai dengan bantuan dari instansi dan kelembagaan terkait dan kepedulian bersama dari masyarakat.

Terjadi Penambahan 22 Kasus Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya lonjakan kasus masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 22 kasus.
- Advertisement -