25.1 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Rektor : Lulusan Jangan Selalu Berharap Menjadi PNS
R

Kategori -

Padang – Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang Werry Darta Taifur mengatakan bahwa lulusan mahasiswa harus memiliki kreatifitas dan jangan selalu berharap untuk bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Sudah seharusnya saat ini para alumni berpikir untuk menciptakan lapangan kerja, bukan hanya berpikir untuk kerja tanpa tahu arah dan tujuannya,” katanya selepas melantik para lulusan mahasiswa dalam acara Wisuda I tahun 2015 di Kampus Limau Manis Unand Padang, Sabtu.

Sebab menurutnya, saat ini banyak lulusan perguruan tinggi yang bekerja menjadi PNS tidak mengalami perkembangan dalam karirnya.

Akibatnya para lulusan ini hanya bisa mematuhi perintah atasan tanpa ada peluang untuk berkembang, imbuhnya.

Bahkan katanya, bagi PNS yang masuk bukan pada bidang keahliannya menjadikan ilmu yang dikuasainya selama kuliah di perguruan tinggi menjadi kurang bermanfaat.

Selain itu kata Werry, aturan yang ketat dan mengikat menjadi abdi negara juga menjadikan para lulusan ini kadang mengalami tekanan yang berakibat rendahnya produktivitas kerja.

“Menjadi PNS bukan suatu larangan, namun lebih baik mahasiswa kreatif membuka usaha kecil-kecilan, namun bermanfaat bagi berbagai aspek,” ucapnya.

Dari sinilah katanya, akan terbuka lapangan kerja yang juga dapat memberi kesempatan kerja bagi orang lain.

Di samping itu dengan berwirausaha ini lulusan mahasiswa dapat lebih mengembangkan kreatifitasnya, sehingga dapat menciptakan berbagai inovasi.

Dan juga dalam hal penghasilan tidak akan membebani suatu instansi atau pemerintah.

Justru kata dia, dapat menambah penerimaan suatu negara dengan usaha produksi yang berhasil.

Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan PNS yang cenderung menambah pengeluaran negara, namun pemasukannya minim, jelasnya.

“Saat ini pemerintah juga mendukung agar lulusan mahasiswa tidak harus menjadi PNS,” katanya.

Salah satu dukungan pemerintah ini katanya, adanya moratorium lowongan PNS sebanyak 150 ribu orang pada tahun ini.

Sebaliknya pemerintah memberi kesempatan bagi kaum muda untuk dapat membuka usaha dengan pemberian dana atau pinjaman dengan bunga ringan.

Tujuannya agar kaum muda yang membuka usaha jumlahnya semakin meningkat.

Dengan begitu ujarnya, lapangan kerja akan semakin bertambah dan akan berdampak berkurangnya pembangunan.

Selain moratorium dan pemberian bantuan untuk wirausaha, pemerintah juga menempatkan sembilan profesi strategis untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dia menyebutkan kesembilan profesi ini antara lain dalam bidang kesehatan, pendidikan, hukum, pertanian dan ekonomi.

 

Editor: Ronal .B
Reporter: **/den/sun
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...
- Advertisement -

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -