25 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Rektor, Dosen, Mahasiswa dan Alumni Unand Dukung KPK
R

Kategori -

[images cols=”three” lightbox=”true”]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-2.jpg” image=”3382″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-3.jpg” image=”3383″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-4.jpg” image=”3384″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-5.jpg” image=”3385″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-7.jpg” image=”3386″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-6.jpg” image=”3387″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK.jpg” image=”3388″]
[/images]

Padang, (Berita Sumbar) – Ratusan mahasiswa bersama alumni, dosen dan Rektor Universitas Andalas (Unand) menggelar aksi dukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Bundaran Kampus Unand pada Senin.

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Saldi Isra di Padang, Senin, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi langkah yang diambil Presiden terhadap permasalahan yang terjadi antara KPK dengan Polri, karena pembatalan Bambang Gunawan untuk menjadi Kapolri disambut positif oleh sebagian besar masyarakat.

Namun, pengangkatan atau pelantikan Pelaksana Tugas (Plt) KPK saat ini dinilai telah membenarkan kriminalisasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian terhadap kedua pimpinan KPK yakni Abraham Samad dan Bambang Widjajanto.

Seharusnya, menurutnya, Presiden melakukan upaya lain seperti membentuk tim penyidik independen atau mencari kelompok independen untuk menilisik langkah hukum terhadap kedua pimpinan KPK tersebut.

“Contohnya, seperti pada zaman kepimpinan Presiden SBY membentuk tim independen untuk menyelesaikan permasalahan kedua lembaga negara tersebut,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, S.E, MA mengatakan, menyikapi masih berlangsungnya upaya kriminalisasi terhadap pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjajanto yang menyebabkan Presiden melantik pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK.

Sementara berdasarkan rekam jejak terdapat Plt pimpinan KPK yang terlibat dalam upaya melindungi para koruptor dan memberikan pernyataan sikap yang bertujuan menyerang idenpendensi lembaga antikorupsi tersebut, katanya.

Selain itu, imbuhnya, Presiden dinilai bersikap tidak tegas dalam memerintahkan penghentian kriminalisasi pimpinan KPK. Sehingga, lembaga anti korupsi tersebut berpotensi disusupi oleh pihak-pihak yang akan merusak upaya pemberantasan korupsi yang telah berlangsung sangat baik sepanjang kepemimpinan Abraham Samad dan Bambang Widjajanto.

“Melihat kondisi tersebut, civitas akademia dan alumni Universitas Andalas berpendapat telah terjadi ‘upaya halus’ yang dapat merubuhkan kelembagaan KPK atau setidaknya membuat tidak berfungsi sebagaimana mestinya,” katanya.

Ia mengatakan, demi terwujudnya kejayaan bangsa melalui upaya pemberantasan korupsi, maka civitas akademia dan alumni Unand menyatakan sikap diantaranya, meminta Presiden memerintahkan kepolisian untuk menghentikan kriminalisasi atau upaya pemidanaan dalam bentuk apapun terhadap seluruh pimpinan KPK non-aktif Abraham Samad dan Bambang Widjajanto.

Menuntut Plt pimpinan KPK Taufiqurahman Ruki dan Indriyanto Seno Aji membuat fakta intergritas untuk tetap melanjutkan kasus rekening gendut, BLBI,Century dan kasus-kasus besar lainnya. Apabila tidak dilakukan, maka mereka harus segera menyerahkan jabatannya ke Presiden.

Kemudian, meminta Presiden segera membersihkan kepolisian dari korupsi, kolusi dan nepotisme melalui pemberhentian figur-figur bermasalah seperti Budi Gunawan dan Budi Waseso dari jabatannya. Mendesak KPK untuk melakukan upaya hukum Peninjauan Kembali untuk mengoreksi putusan-putusan pra peradilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Selanjutnya, memerintahkan seluruh civitas akademia dan menyerukan alumni Universitas Andalas berada di garda terdepan untuk melindungi KPK dengan memanfaatkan keilmuan, jabatan dan tenaga lain yang dibutuhkan lembaga anti korupsi tersebut tanpa henti hingga upaya pemberantasan korupsi kembali berada di jalurnya.

 

Antara/st
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.
- Advertisement -

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -