24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Rektor, Dosen, Mahasiswa dan Alumni Unand Dukung KPK
R

Kategori -

[images cols=”three” lightbox=”true”]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-2.jpg” image=”3382″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-3.jpg” image=”3383″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-4.jpg” image=”3384″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-5.jpg” image=”3385″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-7.jpg” image=”3386″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK-6.jpg” image=”3387″]
[image link=”http://www.beritasumbar.com/wp-content/uploads/2015/02/Universitas-Andalas-UNAND-Save-KPK.jpg” image=”3388″]
[/images]

Padang, (Berita Sumbar) – Ratusan mahasiswa bersama alumni, dosen dan Rektor Universitas Andalas (Unand) menggelar aksi dukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Bundaran Kampus Unand pada Senin.

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Saldi Isra di Padang, Senin, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi langkah yang diambil Presiden terhadap permasalahan yang terjadi antara KPK dengan Polri, karena pembatalan Bambang Gunawan untuk menjadi Kapolri disambut positif oleh sebagian besar masyarakat.

Namun, pengangkatan atau pelantikan Pelaksana Tugas (Plt) KPK saat ini dinilai telah membenarkan kriminalisasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian terhadap kedua pimpinan KPK yakni Abraham Samad dan Bambang Widjajanto.

Seharusnya, menurutnya, Presiden melakukan upaya lain seperti membentuk tim penyidik independen atau mencari kelompok independen untuk menilisik langkah hukum terhadap kedua pimpinan KPK tersebut.

“Contohnya, seperti pada zaman kepimpinan Presiden SBY membentuk tim independen untuk menyelesaikan permasalahan kedua lembaga negara tersebut,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, S.E, MA mengatakan, menyikapi masih berlangsungnya upaya kriminalisasi terhadap pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjajanto yang menyebabkan Presiden melantik pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK.

Sementara berdasarkan rekam jejak terdapat Plt pimpinan KPK yang terlibat dalam upaya melindungi para koruptor dan memberikan pernyataan sikap yang bertujuan menyerang idenpendensi lembaga antikorupsi tersebut, katanya.

Selain itu, imbuhnya, Presiden dinilai bersikap tidak tegas dalam memerintahkan penghentian kriminalisasi pimpinan KPK. Sehingga, lembaga anti korupsi tersebut berpotensi disusupi oleh pihak-pihak yang akan merusak upaya pemberantasan korupsi yang telah berlangsung sangat baik sepanjang kepemimpinan Abraham Samad dan Bambang Widjajanto.

“Melihat kondisi tersebut, civitas akademia dan alumni Universitas Andalas berpendapat telah terjadi ‘upaya halus’ yang dapat merubuhkan kelembagaan KPK atau setidaknya membuat tidak berfungsi sebagaimana mestinya,” katanya.

Ia mengatakan, demi terwujudnya kejayaan bangsa melalui upaya pemberantasan korupsi, maka civitas akademia dan alumni Unand menyatakan sikap diantaranya, meminta Presiden memerintahkan kepolisian untuk menghentikan kriminalisasi atau upaya pemidanaan dalam bentuk apapun terhadap seluruh pimpinan KPK non-aktif Abraham Samad dan Bambang Widjajanto.

Menuntut Plt pimpinan KPK Taufiqurahman Ruki dan Indriyanto Seno Aji membuat fakta intergritas untuk tetap melanjutkan kasus rekening gendut, BLBI,Century dan kasus-kasus besar lainnya. Apabila tidak dilakukan, maka mereka harus segera menyerahkan jabatannya ke Presiden.

Kemudian, meminta Presiden segera membersihkan kepolisian dari korupsi, kolusi dan nepotisme melalui pemberhentian figur-figur bermasalah seperti Budi Gunawan dan Budi Waseso dari jabatannya. Mendesak KPK untuk melakukan upaya hukum Peninjauan Kembali untuk mengoreksi putusan-putusan pra peradilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Selanjutnya, memerintahkan seluruh civitas akademia dan menyerukan alumni Universitas Andalas berada di garda terdepan untuk melindungi KPK dengan memanfaatkan keilmuan, jabatan dan tenaga lain yang dibutuhkan lembaga anti korupsi tersebut tanpa henti hingga upaya pemberantasan korupsi kembali berada di jalurnya.

 

Antara/st
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...
- Advertisement -

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -

Momen Goro Di NDB, F-WIN Turun Tangan Bareng Nilmaizar

Momen langka terjadi di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz (F-Win) bersama mantan pelatih Tim Nasional Indonesia Nil Maizar turun lapangan bahu-membahu bergotong royong (Goro) bersama masyarakat setempat membersihkan pekarangan kantor lurah NDB, Jumat (08/01).

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -