28.1 C
Padang
Minggu, Juni 20, 2021
Beritasumbar.com

Radio Edukasi Inovasi SMP Negeri 1 Luak Akan Pastikan Izin Mengudara
R

Limapuluh Kota, BeritaSumbar – Radio edukasi sekolah yang merupakan inovasi milik SMP Negeri 1 Luak, Kabupaten Limapuluh Kota untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi COVID-19 masih dalam tahap pengurusan izin dari Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR).

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Luak, Harnieti mengatakan saat ini pihaknya telah mendapatkan surat rekomendasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk izin lainnya ke Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio masih dalam proses.

“Radio edukasi sekolah ini kami pastikan tidak ada komersilnya, ini murni hanya untuk mendukung PJJ. Meski begitu kami akan tetap memastikan izinnya,” kata dia, Senin (2/11)

Ia mengatakan inovasi radio edukasi sekolah ini memang hanya untuk mendukung PJJ karena terdapatnya beberapa kendala saat pelaksanaan PJJ via Whatsapp dan lainnya.

“Mulai dari susahnya anak mengerti pelajaran, kuota baik guru maupun siswa, permasalahan jaringan dan semacamnya, karena ini kami mulai dari jajaran sekolah yang didukung oleh komite mencoba untuk membuat inovasi radio ini,” sebutnya.

Setiap guru akan diberikan jadwal untuk dapat menerangkan atau menjelaskan materi melalui radio dengan frekuensi 107,5 FM yang diyakini telah mencapai radius 15 kilometer.

Ia mengatakan guru tetap masih menggunakan komunikasi via whatsapp atau telepon untuk mempermudah anak berkomunikasi langsung ke guru yang bersangkutan.

“Kalau apa yang diterangkan guru melalui radio ini ada yang tidak dimengerti, bisa langsung hubungi guru. Jadi guru dapat menjelaskan kembali apa yang tidak dimengerti oleh peserta didik,” kata dia didampingi Ketua Komite Sekolah Syafri.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengatakan inovasi yang dibuat oleh jajaran SMP N 1 Luak ini menang sangat dibutuhkan di tengah pandemi COVID-19.

“Saya berterima kasih karena jajaran sekolah dan dinas pendidikan telah melahirkan inovasi yang merupakan kontribusi positif, yang pastinya sangat dibutuhkan dalam mendukung PJJ,” kata dia didampingi Kadis Pendidikan, Indrawati.

Ia mengatakan inovasi yang dihadirkan ini tentu menjawab kekhawatiran dari banyak orang tua siswa tentang susahnya anak dalam belajar di tengah pandemi COVID-19.

“Ini jelas solusi untuk tetap memberikan yang terbaik untuk peserta didik di tengah pandemi COVID-19 ini. Sekarang baru satu sekolah ini, semoga sekolah lain juga dapat melahirkan inovasi untuk mendukung PJJ,’ ujarnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Satu Orang Meninggal dan Tiga Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan tambahan satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Senin (14/06).
- Advertisement -

Tim Dari Polres Padang Pariaman Lakukan Kegiatan Power On Hand

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com- Polres Padang Pariaman melaksanakan kegiatan tim Power On Hand yang dipimpin langsung oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS, SH.SIK. Kegiatan yang diadakan pada Jumat 18/6 siang tersebut merupakan rangka pengecekan terhadap Korong yang dinyatakan zona orange.

Tim Provinsi Sumbar Lakukan Penilaian Terhadap Kelurahan Tanjung Pauh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com — Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.
- Advertisement -

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak Dengan Tekan Angka Putus Sekolah

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,- Limapuluh Kota lakukan pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) secara Top Down dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari. Dari 79 nagari dalam sebaran 13 kecamatan yang ada sudah 10 kecamatan yang layak anak. Pengembangan tersebut dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan di 79 Nagari. Sudah ada 52 nagari berkomitmen untuk menciptakan Nagari Layak anak.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Safaruddin: Harus Gerak Cepat

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com, - Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah yang mendapatkan penghargaan Kampung Adat Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (20/5/2021) lalu, kembali mendapatkan undangan resmi dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk mengikuti acara launching Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021

Diskominfo Lima Puluh Kota Ikuti Webinar Penanganan Stunting

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Diskominfo Lima Puluh Kota mengikuti webinar akselerasi program penanganan stunting di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan dukungan perguruan tinggi khususnya dimasa covid-19 secara virtual di Aula Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota, Kamis, (27/05/2021).

Badan Keuangan Lima Puluh Kota Sosialisasikan E-Persuratan

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Dalam rangka mendukung kebutuhan pengolahan data yang dilakukan secara cermat, cepat dan teratur untuk mendapatkan hasil informasi yang akurat relevan dan tepat waktu terutama pada instansi Pemerintah.
- Advertisement -