27.1 C
Padang
Tuesday, October 27, 2020

Prajabatan Bentuk Aktualisasi PNS Sebagai Pelayan Masyarakat

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi minta pegawai aparatur sipil negara (ASN) di jajaran pemko mampu mengaktualisasikan lima nilai dasar dalam pelayanan masyarakat. Walikota sangat menghargai, aparatur yang menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Bukan pegawai yang ABS, yang hanya mementingkan kepentingan pribadi.

Penegasan tersebut disampaikan Walikota Payakumbuh diwakili Asisten III Setdako, H. Iqbal Bermawi, M.Si, ketika membuka  diklat prajabatan CPNS pelamar umum golongan III dan golongan II di lingkungan Pemko Payakumbuh, dalam acara di aula SKB Payakumbuh, Senin (26/10).

Selain dihadiri Kepala BKD Ifon Satria, pembukaan Diklat Prajabatan itu juga dihadiri Kepala Pusdiklat Kementerian Dalam Negeri Regional Bukittinggi, tenaga pengajar dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan pemko.

Lima nilai dasar yang harus dimiliki pegawai ASN, dikatakan walikota, mampu mewujudkan akuntabilitas dana melaksanakan tugas dan jabatannya, mengedepankan kepentingan nasional, menjunjung tinggi standar etika publik, berinovasi demi peningkatan tugas dan tidak korupsi, kemudian mendorong percepatan pemberantasan korupsi.

Karena itu, ungkap walikota, diklat prajabatan akan mampu mencetak karakter pegawai ASN untuk mewujudkan lima nilai dasar tersebut. Karena, kegiatan itu akan membentuk PNS yang profesional, punya semangat dan dedikasi serta prilaku yang setia dan taat kepada negara, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Diklat prajabaatan diikuti 51 peserta itu, menurut laporan Kepala BKD Ifon Satria, S.IP  dan Kabid Diklat Drs. Hendri,  akan berlangsung selama tiga bulan, hingga Desember mendatang. Selain menerima bahan ajar dengan metode pembelajaran yang komunkatif, para peserta akan lebih banyak membekali kemampuan dirinya di lingkungan kerjanya sendiri. Dalam rangka menciptakan birokrasi yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lokakarya Mini Kampung KB Payobasuang Usung Tema Dari Baluka Menjadi Tajhara

Payakumbuh -- Terkendala mewujudkan Kampung KB ideal, Kamis (21/10) Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB Tanjung Harapan (Tajhara) Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur...

Cuaca Ekstrim, Pemko Tata Pohon Pelindung Yang Berpotensi Tumbang Dan Patah

Payakumbuh --- Petugas kebersihan dinas lingkungan hidup Kota Payakumbuh tampak membenahi beberapa pohon pelindung yang ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta. Upaya...

Sempat Bersitegang Dengan Pendemo,DPRD Tanah Datar Terima Aspirasi Mahasiswa

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Aliansi Mahasiswa seluruh Tanah Datar sempat bersitegang dengan aparat kepolisian saat melakukan demo di kantor DPRD Tanah Datar,Rabu 21/10/2020.

Wako Riza Harapkan ASN Berikan Pelayanan Bersih. Tolak Pungli Dan Gratifikasi

Payakumbuh --- Wali Kota Riza Falepi berharap setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Payakumbuh dapat menjunjung tinggi nilai-nilai dalam pelayanan yang...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -