25 C
Padang
Rabu, Desember 7, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Posyandu Seroja III Payobasuang Ke Lomba Propinsi
P

Kategori -
- Advertisement -

Masuk nominasi 6 besar Sumatera Barat, Posyandu Seroja III terintegrasi dengan BKB dan PAUD atau disebut dengan Pos Binaan Terpadu (Posbundu), berjuang untuk mendapatkan gelar terbaik di provinsi. Posyandu Seroja III ini dikunjungi tim penilai Sumatera Barat, Senin (2/6). Tim penilai melihat langsung kemampuan Dini Sasrawati, kader yang juga Ketua Posyandu Seroja III dalam menjalankan tupoksinya sebagai pelayan kesehatan masyarakat.

Tim penilai tersebut dipimpim Nila Tito dari Tim Penggerak PKK Sumbar dengan lima orang anggotanya masing-masing Elsa Sari Rosa dari Dinas Kesehatan, Anna,S.Pd dari Dinas Pendidikan dan tiga lain dari Badan Prmberdayaan Masyarakat (BPM) Propinsi yaitu Drs.Hendri, Yeni Erlinda dan Nela Hanum.

Setibanya tim penilai di Payobasung bersama Walikota Payakumbuh di wakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Hendri Refdinal, rombongan disambut dengan tari gelombang yang bawakan bocah-bocah PAUD, dan disuguhi siriah jo carano. Ratusan warga bersama tim penilai memberikan apresiasi kepada bocah PAUD yang mampu memberikan hiburan itu.

Staf Ahli Walikota Hendri Refdinal, dalam sambutannya menyebutkan bentuk dukungan pemko terhadap program kesehatan itu. Program Revitalisasi Posyandu, Bina Keluarga Balita (BKB) serta pendidikan anak usia dini (PAUD) termasuk Posbindu, dilakukan sejumlah SKPD dengan program keroyokan. Pemko setiap tahunnya menaikkan anggaran untuk program kesehatan dan pendidikan, katanya.

Ditambahkannya kegiatan Posyandu integrasi BKB dan PAUD yang juga diterpadukan dengan Podbindu telah berjalan dengan baik di beberapa kelurahan, dimana saat ini jumlah posyandu di Kota Payakumbuh mencapai 165 buah dengan jumlah kader sebanyak 660 orang.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Nila Tito menyebutkan posyandu adalah salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat dan juga sebagai wahana pelayanan masyarakat maka oleh karena itu dukungan dan pembinaan yang intensif serta inovasi dalam meningkatkan kinerja kader sangatlah diperlukan.

Penilaian dilakukan dalam bentuk wawancara dengan ketua-ketua kelompok serta tokoh masyarakat serta SKPD terkait. Sepanjang penilaian hadir Kadis Kesehatan Elza Daswarman dan jajaran, serta para pejabat dilingkungan BPMP-KB, Sekcam Payakumbuh Timur L.Kefrinaldi serta Lurah Payobasung Jayusman.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img