33 C
Padang
Rabu, Februari 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Kirim Pengusaha UMKM ke Jakarta Fair
P

Kategori -
- Advertisement -

Tiga pengusaha UMKM Payakumbuh dikirim Pemko untuk mengikuti pameran produksi industri di Jakarta Fair selama sebulan. bertempat di Kemayoran, pameran ini berlangsung dari tanggal 7 Juni sampai 7 Juli 2014. Ketiga pengusaha itu, diharapkan mampu memperkenalkan atau mempromosikan berbagai produksi kerajinan dan industri makanan Payakumbuh ke tingkat nasional.

 

Walikota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Sekdako H. Benny Warlis dan Kabag Perekonomian Setdako, Julpiter, SE, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, menginformasikan, Rabu (4/6),  inginnya Pemko mengirim pengusaha UMKM lebih banyak ke Jakarta Fair. Tapi, karena keterbatasan dana, Pemko baru mampu mengirim tiga pengusaha. Itupun pembiayaannya, hanya buat tujuh hari. Sisanya, ditanggung pengusaha bersangkutan.

 

Ketiga pengusaha lokal yang dikirim ke pameran  tingkat nasional itu, masing-masing Yuliandini perwakilan dari Dapur Rendang Ryri Lampasi, Kecamatan Latina,  Elfiani utusan usaha  coklat Chochato Kapalo Koto, Payakumbuh Selatan dan Ayu Verdilla Sari  dari Bordir Rika M Payakumbuh. Ketiganya, merupakan pengusaha muda binaan Koperindag yang diharapkan mampu mensosialisasikan ragam usaha kerajinan fashion dan makanan Payakumbuh ke pengunjung pameran.

 

Dikatakan, meski hanya mengirim tiga pengusaha, tapi pada stand pameran Payakumbuh, akan diisi dengan berbagai produksi kerajinan bordir, tenun, songket serta berbagai aneka makanan khas Payakumbuh. “Begitu ada order dari Jakarta, pihak pengusaha di Payakumbuh langsung mengirim paket barang tersebut ke alamat pemesan. “Kita akan memberikan pelayanan yang baik kepada tamu yang datang,” kata Kabag Perekonomian Julpiter.

 

Dikatakan, keikutsertaan pengusaha tersebut ke Jakarta Fair, bukan semata untuk berdagang. Tapi, memperkenalkan berbagai produksi industri makanan dan  kerajinan Payakumbuh. Dalam catatan SKPD terkait, ribuan produksi kota ini, masih banyak yang belum dikenal secara luas.

 

Seperti rendang,  kata Jupiter,  orang di luar Sumatera Barat, hanya mengenal rendang daging sapi. Padahal,  masih banyak rendang lainnya, seperti rendang paru, rendang rutiah, rendang telur, rendang ubi dan rendang jagung yang tak kalah rasanya dari rendang daging.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img