30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Polres Pesisir Selatan Imbau Warga Jaga Kemanan Tahun Baru

Painan – Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau warga setempat untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada perayaan tahun baru 2016.

“Kita berharap pada malam pergantian tahun 2015 ke 2016 nanti situasi di daerah ini tetap aman, tertib dan kondusif,” kata Kepala Polres Pesisir Selatan, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Deni Yuhasdi di Painan, Rabu.

Situasi dan kondisi keamanan serta ketertiban masyarakat pasti menjadi harapan semua orang. Maka itu semua elemen masyarakat harus berupaya menjaganya tetap aman dan kondusif.

Untuk menjaga kondisi dan situasi tersebut, kepolisian setempat mengerahkan sebanyak 270 personil yang terdiri dari berbagai satuan dan unit yang bertugas di polres setempat dan dibantu dinas serta instansi terkait lainnya.

Selain kepolisian kepoilisian juga dibantu berbagai pihak seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebanyak 10 personil, TNI 10 Personil, Dinas Perhubungan sebanyak 10 personil, Dinas Kesehatan sebanyak 10 personil, Dinas PU 5 orang dan BPBD sebanyak lima personil.

Menjaga situasi agar aman dan tertib bukan saja menjadi tanggung jawab dari pihak kepolisian dan pemerintah semata, namun peran serta dan kerjasama dari masyarakat merupakan hal penting untuk meminimalisir jumlah kasus yang bakal terjadi.

Masyarakata kita imbau agar dapat bekerjasama dalam menciptakan situasi keamanan, ketertiban dan kenyamanan dilingkungan masing-masing, serta dapat menghindari perselisihan yang akan terjadi, agar situasi di daerah ini tetap aman dan kondusif, katanya.

Kebiasaan masyarakat dalam merayakan tahun baru sudah berlangsung sejak lama di kabupaten itu. Khususnya generasi muda, mereka melakukan kegiatan hiburan diberbagai tempat, mulai mengadakan kemping di objek-objek wisata pantai hingga pinggir sungai. Namun kebiasaan tersebut jangan sampai membawa petaka dengan keributan antara sesama warga.

Dia juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan konvoi kendaraan bermotor pada saat malam tahun baru. Bagi masyarakat yang hendak membuat acara hiburan organ tunggal, diminta untuk mengurus izin keamanan ke kepolisian setempat.

Pengamanan tahun baru dibagi menjadi dua jenis yakni sebelum dan sesudah tanggal 1 Januari 2016. Namun pengamanan khusus akan dilakukan pada malam pergantian tahun karena tingginya tingkat kerawanan keamanan pada malam itu.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Pesisir Selatan Pri Nurdin mengatakan, selain mengerahkan personil ke lapangan dalam membantu tugas kepolisian, BPBD juga menyiagakan seluruh Tim Search And Rescue (SAR) dan peralatan pembantu penanganan bencana di pos keamanan bencana di Painan, kabupaten setempat. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

30 Orang Terjaring Razia Prokes Di Kawasan Batang Agam

Payakumbuh --- 30 orang harus memilih diberikan sanksi kerja sosial di Kawasan batang Agam. Warga yang terkejut kedatangan Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh...

Pengunjung Risih, Anjing Liar Masuki Taman Pagaruyung

Tanah Datar,- Beredar beberapa foto di media sosial menunjukkan bahwa mulai maraknya binatang "anjing" liar disekitar areal taman Pagaruyung Batusangkar.

Satlantas Polres Pessel gelar Patroli Hunting Sistem

Pesisir Selatan,- Sat Lantas Polres Pesisir Selatan laksanakan giat Hunting Sistem Satlantas pada hari Selasa (20/10/2020) pukul 20.00 s/d 20 15 Wib....

Razia Hari Ke Lima, Menyisir Kantor Pelayanan Publik, 4 Orang Terjaring

Payakumbuh --- Razia mobile yang dilaksanakan Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh pada hari ke lima menyisir ke kantor-kantor pelayanan publik yang ada di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -