24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

KPU: Gugatan MK-FB Pengaruhi Penetapan Cawagub Terpilih IP-NA
K

Kategori -

Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mengatakan gugatan pasangan Muslim Kasim – Fauzi Bahar terhadap Nasrul Abit terkait dugaan ijazah palsu hingga Mahkamah Konstitusi (MK) berpengaruh pada penetapan calon wakil gubernur (Cawagub) Sumbar terpilih.

“Gugatan tersebut tentunya berdampak pada penetapan cawagub Sumbar terpilih karena akan terjadi penundaan penetapan calon terpilih jika gugatan tersebut telah teregistrasi,” kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen di Padang, Rabu.

Ia mengatakan berdasarkan aturan yang ada terkait telah teregistrasinya gugatan di MK, maka KPU melakukan penundaan dari jadwal yang ditetapkan Rabu hingga menunggu surat hasil keputusan dari MK tersebut.

“Berdasarkan aturan yang ada, jika suatu gugatan diproses dan sampai sidang maka MK mempunyai waktu hingga Maret. Namun jika hasil verifikasi menunjukkan gugatan tidak memenuhi syarat, maka maksimal Januari telah dilakukan penetapan calon terpilih,” katanya.

Gugatan Muslim Kasim – Fauzi Bahar (MK-FB) tersebut telah tercatat di MK termasuk dari laman web mahkamahkonstitusi.go.id dengan nomor registrasi 129/PAN.MK/2015 dan MK-FB akan menghadirkan beberapa saksi di antaranya salah seorang masyarakat Roni Putra, mantan Panwaslu Pesisir Selatan Bustanul Arifin, Novrizal dan Yusril sebagai saksi ahli.

Selain itu, MK-FB juga telah memasukkan pengaduan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) untuk membatalkan keputusan KPU terkait penetapan Irwan Prayitno – Nasrul Abit (IP-NA) sebagai pasangan terpilih karena dinilai tidak memenuhi syarat.

Kuasa hukum MK-FB, Ibrani mengatakan gugatan yang dimasukkan di antaranya ialah terkait penghitungan suara yang telah ditolak dari awal pleno serta hal lain bersifat substantif pelanggaran yang mempengaruhi perolehan suara.

“Kami telah menyiapkan sekitar 25 alat bukti dan akan terus bertambah termasuk terkait kelengkapan administrasi Nasrul Abit berupa ijazah yang menyalahi aturan,” ujarnya.

Sementara sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar telah memutuskan laporan dari MK-FB terkait dugaan ijazah palsu calon NA tidak terbukti dan bukan pelanggaran berdasarkan hasil kajian dan klarifikasi kedua belah pihak termasuk para saksi pelapor dan terlapor.

Anggota Bawaslu Divisi Penanganan Pelanggaran Sumbar, Aermadepa menyampaikan adanya kesimpulan Bawaslu terkait dugaan ijazah palsu NA itu ialah berdasarkan bukti baru pelapor dan saksi dari mantan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pesisir Selatan 2010 Bustanul Arifin yang tidak membuktikan adanya pelanggaran.

Ia mengatakan Bawaslu telah melakukan pembandingan antara hasil kajian Panwaslu 2010 yang asli dengan penyampaian dari Bustanul Arifin yang berbeda sehingga terkesan mengada-ada.

“Kajian yang diperlihatkan Bustanul terdiri dari enam halaman dan seperti ada tambahan poin dari kajian Panwaslu asli yang terdiri hanya lima halaman,” ujarnya. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...
- Advertisement -

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -