24 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

KPU: Gugatan MK-FB Pengaruhi Penetapan Cawagub Terpilih IP-NA
K

Kategori -

Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mengatakan gugatan pasangan Muslim Kasim – Fauzi Bahar terhadap Nasrul Abit terkait dugaan ijazah palsu hingga Mahkamah Konstitusi (MK) berpengaruh pada penetapan calon wakil gubernur (Cawagub) Sumbar terpilih.

“Gugatan tersebut tentunya berdampak pada penetapan cawagub Sumbar terpilih karena akan terjadi penundaan penetapan calon terpilih jika gugatan tersebut telah teregistrasi,” kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen di Padang, Rabu.

Ia mengatakan berdasarkan aturan yang ada terkait telah teregistrasinya gugatan di MK, maka KPU melakukan penundaan dari jadwal yang ditetapkan Rabu hingga menunggu surat hasil keputusan dari MK tersebut.

“Berdasarkan aturan yang ada, jika suatu gugatan diproses dan sampai sidang maka MK mempunyai waktu hingga Maret. Namun jika hasil verifikasi menunjukkan gugatan tidak memenuhi syarat, maka maksimal Januari telah dilakukan penetapan calon terpilih,” katanya.

Gugatan Muslim Kasim – Fauzi Bahar (MK-FB) tersebut telah tercatat di MK termasuk dari laman web mahkamahkonstitusi.go.id dengan nomor registrasi 129/PAN.MK/2015 dan MK-FB akan menghadirkan beberapa saksi di antaranya salah seorang masyarakat Roni Putra, mantan Panwaslu Pesisir Selatan Bustanul Arifin, Novrizal dan Yusril sebagai saksi ahli.

Selain itu, MK-FB juga telah memasukkan pengaduan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) untuk membatalkan keputusan KPU terkait penetapan Irwan Prayitno – Nasrul Abit (IP-NA) sebagai pasangan terpilih karena dinilai tidak memenuhi syarat.

Kuasa hukum MK-FB, Ibrani mengatakan gugatan yang dimasukkan di antaranya ialah terkait penghitungan suara yang telah ditolak dari awal pleno serta hal lain bersifat substantif pelanggaran yang mempengaruhi perolehan suara.

“Kami telah menyiapkan sekitar 25 alat bukti dan akan terus bertambah termasuk terkait kelengkapan administrasi Nasrul Abit berupa ijazah yang menyalahi aturan,” ujarnya.

Sementara sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar telah memutuskan laporan dari MK-FB terkait dugaan ijazah palsu calon NA tidak terbukti dan bukan pelanggaran berdasarkan hasil kajian dan klarifikasi kedua belah pihak termasuk para saksi pelapor dan terlapor.

Anggota Bawaslu Divisi Penanganan Pelanggaran Sumbar, Aermadepa menyampaikan adanya kesimpulan Bawaslu terkait dugaan ijazah palsu NA itu ialah berdasarkan bukti baru pelapor dan saksi dari mantan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pesisir Selatan 2010 Bustanul Arifin yang tidak membuktikan adanya pelanggaran.

Ia mengatakan Bawaslu telah melakukan pembandingan antara hasil kajian Panwaslu 2010 yang asli dengan penyampaian dari Bustanul Arifin yang berbeda sehingga terkesan mengada-ada.

“Kajian yang diperlihatkan Bustanul terdiri dari enam halaman dan seperti ada tambahan poin dari kajian Panwaslu asli yang terdiri hanya lima halaman,” ujarnya. (Ant/Oleh Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -