22 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Polres Pasaman Masih Tunggu Tembusan SK Polwan Berjilbab
P

Kategori -

Pasaman – Kepolisian Resor (Polres) Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) masih menunggu tembusan Surat Keputusan (SK) dari Polda Sumbar, terkait diperbolehkannya jilbab bagi Polisi Wanita (Polwan).

Kepala Polres Pasaman, AKBP Agoeng S Widayat di Lubuk Sikaping, Jumat, mengatakan hingga saat ini polwan di kabupaten itu belum ada yang menggunakan jilbab, namun dengan adanya peraturan Kapolri terkait hal itu, Polres Pasaman akan menunggu tembusan SK dari Polda Sumbar.

Ia menambahkan belum tahu tentang petunjuk teknis (Juknis) dari kebijakan tersebut, bahkan kapan kebijakan tersebut dilaksanakan juga belum menerima tembusannya.

Kendati demikian sejak diberitakan media massa, pihaknya sudah menjelaskan dan memberitahukan hal tersebut kepada seluruh anggota di Polres Pasaman hingga Polsek.

“Pada prinsipnya Polres Pasaman siap untuk menjalankan kebijakan tersebut, akan tetapi agar tidak terjadi kekeliruan, baiknya kami menunggu surat tembusan dari Polda,” jelasnya.

Ia menilai nantinya dalam kebijakan tersebut dimungkinkan ada peraturan khusus, seperti adanya ketentuan warna jilbab, model jilbab, agar nantinya tercipta pakaian dinas yang seragam.

Saat ini jumlah Polwan di Polres Pasaman sekitar 17 orang, yang tersebar di beberapa Polsek di kabupaten tersebut.

“Dan ada beberapa Polwan yang bertugas di Unit PPA Polres,” jelasnya.
Sebelumnya penggunaan jilbab oleh Polwan dibolehkan, sesuai surat keputusan Kapolri Nomor: 245/III/2015 tanggal 25 Maret 2015.

Terkait penggunaan jilbab tersebut, Kapolda Sumbar telah menjelaskan, agar jilbab jangan dijadikan halangan bagi Polwan dalam bertugas.

“Saya mengapresiasi keputusan Kapolri tentang aturan berjilbab bagi Polwan, tapi jilbab jangan dijadikan alasan dalam bertugas,” kata Kapolda Sumbar, Brigadir Jenderal Polisi Bambang Sri Herwanto.

Ia menyebutkan dengan dikeluarkan keputusan tersebut berarti Polwan sudah bisa menggunakan jilbab, namun dari segi bentuk, model, warna dan penggunaanya disesuaikan dengan aturan yang ditetapkan.

“Bagi Polwan yang bertugas di bagian reserse dan intelijen jilbab harus disesuaikan dengan pakaian bawah baik itu rok ataupun celana, biar kelihatan serasi,” jelasnya. Ia juga menyebutkan berjilbab itu merupakan suatu pilihan bukanlah kewajiban.

 

Sumber: Antara
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...
- Advertisement -

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -